x

Iklan

Syahra Maharani Putri

Mahasiswi Sastra Indonesia Universitas Pamulang
Bergabung Sejak: 3 Juli 2022

Jumat, 22 Desember 2023 09:01 WIB

Apa Itu Menyunting? Pengertian dan Manfaatnya dalam Penulisan

Kegiatan menyunting merupakan kegiatan krusial dalam proses penulisan. Namun, apa itu menyunting? Apa saja manfaat menyunting dalam penulisan?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Penulis dan editor pasti tidak asing dengan istilah menyunting, namun sebenarnya apa itu menyunting? Kenapa kegiatan penyuntingan diperlukan dalam proes penulisan? Simak artikel berikut untuk mengetahuinya.

Pengertian Menyunting

Bagi para penulis dan editor, istilah menyunting pasti sudah tidak asing bagi mereka. Berdasarkan pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, menyunting adalah menyiapkan naskah siap cetak atau siap terbit dengan memperhatikan sistematika penyajian, isi, dan bahasa (menyangkut ejaan, diksi, dan struktur kalimat). Singkatnya, menyunting adalah kegiatan mengedit naskah atau tulisan.

Istilah “menyunting” lebih profesional digunakan dibanding “mengedit”. Hal ini karena “mengedit” merupakan istilah yang lebih general dan saat ini lebih sering digunakan untuk kegiatan lain seperti fotografi, videografi, dan desain. Padahal istilah “mengedit” pada Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki pengertian yang hampir mirip dengan istilah “menyunting”.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Biasanya kegiatan menyunting dilakukan setelah naskah atau tulisan sudah selesai dibuat dan hendak dipublikasikan. Orang yang melakukan kegiatan menyunting disebut sebagai penyunting. Proses menyunting naskah atau tulisan disebut dengan proses penyuntingan. Penulis bisa melakukan kegiatan menyunting secara mandiri ataupun menyerahkannya kepada editor.

Manfaat Menyunting dalam Penulisan

Jika di atas telah membahas pengertian menyunting, maka kita akan beranjak ke manfaat menyunting dalam penulisan. Kegiatan menyunting sangatlah penting dalam proses penulisan. Menyunting bagaikan kegiatan fitting gaun pernikahan sebelum hari H pernikahan yang berguna untuk menyempurnakan penampilan sang pengantin. Lantas apa saja manfaat menyunting dalam penulisan? Berikut penjelasannya.

1. Meminimalisasi Kesalahan

Manusia bukanlah makhluk yang sempurna tapi selalu mengusahakan kesempurnaan pada dirinya. Begitu pun dengan penulis. Menyunting membantu mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan tata bahasa, ejaan, dan struktur kalimat. Dengan melakukan penyuntingan, penulis dapat meningkatkan kualitas tulisannya dan membuat teks lebih mudah dipahami oleh pembaca.

2. Memperjelas Tulisan

Melalui kegiatan menyunting, penulis dapat memperjelas tulisan dengan merinci dan menyempurnakan pemilihan kata, kalimat, dan paragraf. Dalam kegiatan menyunting pasti akan ada pertimbangan tentang kata dan kalimat yang digunakan dalam tulisan. Biasanya penulis atau editor akan memilih kata dan kalimat yang lebih tepat. Dengan begitu pesan yang ingin penulis sampaikan ke pembaca akan lebih efektif.

3. Meningkatkan Konsistensi dan Ketepatan

Menyunting membantu memastikan bahwa argumen atau ide yang disajikan dalam teks atau naskah konsisten dan tepat. Kegiatan menyunting memungkinkan penulis untuk menyelaraskan informasi, menghindari pengulangan yang tidak perlu, dan memastikan bahwa setiap bagian tulisan mendukung tujuan keseluruhan dengan baik. Ini bisa membuat penulis menjadi terlihat profesonal jika teks atau naskah yang dihasilkan konsisten dan tepat.

Kesimpulan

Menyunting merupakan kegiatan mengedit naskah atau tulisan. Kegiatan menyunting sangat penting dalam proses penulisan. Manfaat menyunting dalm penulisan adalah meminimalisasi kesalahan, memperjelas tulisan, dan meningkatkan konsistensi dan ketepatan.

Ikuti tulisan menarik Syahra Maharani Putri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

22 jam lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

22 jam lalu