x

Iklan

ayu gemuh

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 September 2023

Sabtu, 13 Januari 2024 05:23 WIB

Magister Sains Pertanian Universitas Warmadewa Merayakan HUT Ke-4 dengan Kuliah Umum Internasional


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Program Studi (Prodi) Magister Sains Pertanian (MSP) Program Pascasarjana Universitas Warmadewa (PPs Unwar) menyelenggarakan perayaan Anniversary ke-4 dengan mengusung tema Ekowisata Pangan: Inovasi dan Keberlanjutan dalam Pengembangan Produk Pertanian di loby Pascasarjana Unwar pada Senin (08/01/24).

Perayaan ulang tahun Prodi MSP kali ini digelar secara sederhana ditandai dengan pemotongan tumpeng dan dilanjutkan dengan kegiatan Kuliah Umum Internasional secara hybrid yang menghadirkan narasumber Dr. Aida Firdaus Muhammad Nurul Azmi dari Universiti Teknologi MARA (UiTM), Malaysia dan dimoderatori oleh Dr. Ir. I Gusti Bagus Udayana, M.Si.

Dalam kesempatan ini, Ka. Prodi MSP PPs Unwar, Prof. Dr. Ir. Yohanes Parlindungan, Situmeang, M.Si., mengungkapkan rasa bangga dan sukacitanya menyambut perayaan ulang tahun ke-4 Prodi MSP Pascasarjana kali ini. Tema yang dipilih untuk merayakan momentum ini adalah "Ekowisata Pangan: Inovasi dan Keberlanjutan dalam Pengembangan Produk Pertanian." Ia mengatakan bahwa perayaan ulang tahun ini tidak hanya menjadi ajang untuk bersukacita, tetapi juga kesempatan untuk merefleksikan pencapaian, tantangan, dan mengukur sejauh mana Prodi MSP telah berkembang. Tema hari ini dikatakan mencerminkan komitmen Prodi MSP terhadap pengembangan pertanian yang berkelanjutan, yang menjadi landasan dari eksistensi program studi MSP.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ekowisata pangan adalah konsep yang sangat relevan dan mendesak di era ini. Di tengah perubahan iklim dan tuntutan global untuk produksi pangan yang berkelanjutan, pihaknya percaya bahwa sebagai program studi di bidang pertanian, Prodi MSP memiliki peran kunci dalam mencetak para ahli yang mampu menggagas inovasi dan solusi berkelanjutan. Para mahasiswa Prodi MSP telah menunjukkan semangat dan dedikasinya dalam mengejar ilmu pengetahuan pertanian yang lebih baik. Ia berharap Prodi MSP dapat terus berkomitmen untuk menghadirkan inovasi yang akan memperkaya dunia pertanian dan menyumbangkan solusi untuk tantangan global.

“Terima kasih kepada seluruh dosen, staf, dan mahasiswa yang telah bersama-sama membentuk dan membesarkan program studi ini. Dengan semangat kolaborasi, mari kita terus berjalan di jalur yang membawa dampak positif bagi pertanian dan masyarakat. Selamat ulang tahun ke-4 Program Studi Magister Sains Pertanian. Semoga kita dapat terus tumbuh dan berprestasi dalam mendukung pembangunan pertanian yang berkelanjutan”, ucapnya.

Dekan Pascasarjana Unwar, Prof. Dr. Ni Luh Made Mahendrawati, SH.,M.Hum., mengucapkan selamat ulang tahun ke-4 kepada Prodi MSP Pascasarjana Unwar. Perayaan ulang tahun hari ini merupakan ucapan rasa syukur khususnya Prodi MSP Pascasarjana Unwar karena telah bisa melaksanakan berbagai kegiatan tri dharma dalam 4 tahun terakhir ini. Pada kesempatan ini, juga dirangkai kegiatan kuliah umum seorang ahli yang telah berdedikasi dalam bidangnya yaitu Dr. Aida Firdaus Muhammad Nurul Azmi dengan membahas tema yang sangat relevan dan penting yaitu Ekowisata Pangan: Inovasi dan Keberlanjutan dalam Pengembangan Produk Pertanian.

Ia menyampakan bahwa ekowisata pangan merupakan konsep yang tidak hanya mencakup aspek pariwisata dan pertanian, tetapi juga menyentuh ranah inovasi dan keberlanjutan. Dalam era globalisasi dan perubahan iklim yang terus berlangsung, penting bagi kita semua untuk terus mencari solusi inovatif yang tidak hanya meningkatkan produksi pertanian, tetapi juga menjaga keberlanjutan sumber daya alam. Pertanian yang berkelanjutan tidak hanya berfokus pada kuantitas produksi, melainkan juga pada kualitas dan dampak lingkungan. Ekowisata pangan menjadi landasan yang menarik, di mana tidak hanya dapat menghasilkan produk pertanian yang berkualitas tinggi, tetapi juga memberikan pengalaman wisata yang mendidik dan memberdayakan masyarakat lokal.

Melalui kuliah umum ini diharapkan semua pihak dapat memahami dan menggali lebih dalam tentang potensi dan tantangan dalam mengembangkan ekowisata pangan. “Saya yakin pembicara kita akan memberikan perspektif yang berharga, serta menginspirasi kita untuk terlibat lebih aktif dalam mengakselerasi inovasi dan keberlanjutan di sektor pertanian. Semoga kuliah umum ini menjadi titik awal bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pemahaman kita dalam mendukung ekowisata pangan”, ungkapnya.
Gugus Kendali Mutu Magister Sains Pertanian Universitas warmadewa (Ayu Gemuh)

Ikuti tulisan menarik ayu gemuh lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler