x

Iklan

Elin Sri Handayani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Februari 2024

Selasa, 19 Maret 2024 14:21 WIB

Kabar Priangan Online Menjadi Satu dari Jenis Jurnalisme Daring


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Berdasarkan data Dewan Pers hingga Januari 2023 perusahaan media di Indonesia yang telah terverifikasi terdapat 1.711. Dari jumlah tersebut, sebanyak 902 perusahaan adalah media digital. Pengertian dari media digital sendiri adalah media yang terhubung dengan perangkat elektronik dan kerap berkaitan dengan internet.

Kabar Priangan Online (Kapol) dengan nama website media massa ‘kapol.id’ adalah satu dari banyaknya perusahaan media di Indonesia. Sejak berdiri pada 1 Mei 2010 Kapol berfokus menyongsong era digital dalam kehidupan. Melihat kebutuhan media sosial bagi masyarakat tidak lagi terbantahkan, tim Kapol berpendapat setidaknya untuk mengimbangi hal tersebut perlu produk jurnalisme.

Tak salah jika rencana strategis untuk menjawab semua tantangan itu. Jaringan Kapol dinaungi PT. Kapol Multimedia Peryoga juga menjadi solusi termasuk dalam pengembangan bisnis mitra kerja. Sebagai kanal informasi yang terpercaya dan berpengaruh, media dalam jaringan pengembangan PT. Kapol Multimedia Peryoga meliputi: Website Interface, Skema Kemitraan Berbayar (KB), Placement Iklan Display di halaman muka, dan Placement Iklan Display Artikel Klik. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kapol termasuk ke dalam jenis jurnalisme daring mainstream news sites karena setiap konten informasi yang diunggah harus melewati proses penyaringan dan moderasi. Selain itu, setiap konten memiliki nilai berita dan hubungan dengan khalayak sehingga mengandalkan laporan jurnalistik. Tentunya kapol.id ini adalah situs berita arus utama. 

Meskipun bergerak di bidang jasa pemberitaan, promosi dan sosialisasi serta produk multimedia, Kapol tetap mengutamakan fakta dan akurasi informasi. Kapol juga memiliki beberapa cabang redaksi yaitu, Kabar Parlemen (kabarparlemen.id), Kabur Pantura (kabarpantura.id), Kabar Sekolah (kabarsekolah.id), Kabar Pakuan (kabarpakuan.com), Kabar Pasundan (kabarpasundan.id), dan Kabar Pangandaran (kabarpangandaran.com).

*) Artikel ini adalah tugas dari mata kuliah Komunikasi Digital yang diampu  Rachma Tri Widuri, S.Sos.,M.Si.”
Penulis adalah mahasiswa semester 4 pada Prodi Produksi Media, Politeknik Tempo.

Ikuti tulisan menarik Elin Sri Handayani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu