x

Sosialisasi EBT masyarakat

Iklan

Dzaky Darrell B

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Februari 2024

Kamis, 16 Mei 2024 14:04 WIB

Pengabdian Masyarakat UMM Sosialisasikan Penggunaan EBT kepadaWarga Sawojajar, Malang

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini dilakukan untuk memberikan sosialisasi sekaligus pemahaman pentingnya penggunaan EBT pada kehidupan sehari hari.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Penggunaan EBT atau energi baru dan terbarukan telah menjadi upaya untuk mengatasi dampak negatif dari penggunaan energi konvensional saat ini. Kabnyakan dari energi yang digunakan saat ini adalah minyak bumi. Namun sebenarnya bila kita lihat terdapat sumber energi alternatif seperti cahaya matahari, angin, air, dan biomassa. Dengan danya kesadaran tersebut, Mahasiswa UMM ingin memberikan pemahaman mengenai manfaat energi baru dan terbarukan kepada masyarakat sekitar melalui kegiatan PMM.

Kegiatan sosialisi ini dilaksanakan oleh mahasiswa kelompok 2 gelombang 9 Universitas Muhammadiyah Malang selama masa PMM satu bulan, tepatnya pada hari ke-20 minggu ke-3 Jumat, 9 Februari 2024. Kegiatan ini berlokasi di daerah RW 01 Kelurahan Sawojajar kota Malang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sosialisai ini memiliki beberapa kegiatan utama, pertama adalah dengan membagikan buku mengenai dasar pengertian dari sistem EBT itu sendiri, dengan membagikan buku ini diharapkan masyarakat mampu mengenal EBT lebih baik. Fokus dari kegiatan ini adalah agar memunculkan pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh masyarakat.

Kegiatan selanjutnya adalah menjelaskan secara singkat beberapa energi baru dan terbarukan yang ada di Indonesia saat ini. Setelah penjelasan singkat tersebut tampaknya banyak masyarakat yang tertarik dengan EBT terutama pada panel surya, karena seperti yang kita ketahui saat ini di Indonesia hanya ada perusahaan seperti PLN untuk kelistrikan.

Berbicara mengenai energi listrik, Saat ini masyarakat maupun perusahaan di Indonesia sebenarnya dapat memasang sendiri alat pembangkit listrik dengan tenaga cahaya matahari. Ada dua jenis pemasangan yang diberikan oleh PLN yaitu off grid dan on grid. Mahasiswa juga memberikan penjelasan mengenai sistem tersebut. Off grid memungkinkan untuk memasang panel surya tanpa terhubung ke kabel PLN atau independen menggunakan baterai dan jaringan kabel sendiri. Sedangkan on grid artinya daya yang dihasilkan terhubung, atau menjadi satu dengan kabel dari PLN, maka daya yang dihasilkan menjadi dua kali dan itu sudah diatur melalui peraturan yang dikeluarkan oleh PLN itu sendiri.

Kegiatan terakhir adalah sosialisai kemungkinan energi EBT yang dapat digunakan oleh masyarakat sekitar, berhubung di sekiatr daerah tersebut terdapat sungai yang juga bisa digunakan untuk pembangkit listrik.

Dari semua kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa UMM ini berjalan dengan lancar, masyarakat juga tampaknya sangat antusias dengan materi yang dibawakan. 

Ikuti tulisan menarik Dzaky Darrell B lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler