Teori Belajar Kognitif, Metakognitif, dan Pendekatan Konstruktivisme
Senin, 28 Oktober 2024 07:32 WIBDalam dunia pendidikan, pembelajaran adalah lebih dari sekedar transfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa. Selain itu, terdapat berbagai teori yang menjelaskan bagaimana proses pembelajaran berlangsung dalam diri seseorang.
Kognitif merupakan salah satu aspek penting dari perkembangan peserta didik yang berkaitan langsung dan sangat menentukan keberhasilan mereka di sekolah. Karakteristik perkembangan kognitif adalah perkembangan kemampuan berpikir dan bernalar seseorang.
Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif sehingga perlu mengetahui dan memahami hal-hal yang dapat mempengaruhi perkembangan kognitif anak agar dapat mengantisipasi keterhambatan proses perkembangan anak. Perkembangan individu pada proses perkembangan kognitif adalah perbedaan karakteristik psikologis yang membedakan satu orang dengan yang lain.
Metakognitif adalah kemampuan untuk menyadari dan mengontrol proses berpikir, serta memahami cara berpikir sendiri. Metakognitif juga dapat diartikan sebagai kesadaran akan apa yang diketahui dan tidak diketahui, serta bagaimana mengontrol dan menyesuaikan perilaku.
Sedangkan, pendekatan konstruktivisme merupakan teori yang bila mana seseorang tidak mengkontruksivkan pengetahuan secara aktif, meskipun ia berumur tua akan tetap tidak akan berkembang ilmu pengetahuannya. Konstruktivisme individual dan sosial menurut Vygotski. Konstruktivis dikritik oleh Vygotski yang menyatakan bahwa siswa dalam mengkonstruksi suatu konsep perlu memperhatikan lingkungan sosial.
Penulis Indonesiana
0 Pengikut
Teori Belajar Kognitif, Metakognitif, dan Pendekatan Konstruktivisme
Senin, 28 Oktober 2024 07:32 WIBTeori Belajar Kognitif, Metakognitif, dan Pendekatan Konstruktivisme, dan
Rabu, 30 Oktober 2024 10:44 WIBBaca Juga
Artikel Terpopuler