x

Kegiatan PMM yang dilakukan oleh mahasiswa UMM

Iklan

Dzaky Darrell B

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Februari 2024

Kamis, 29 Februari 2024 06:27 WIB

Antusias Masyarakat dalam Menggunakan EBT lewat Kegiatan PMM oleh Mahasiswa UMM

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Penggunaan energi baru dan terbarukan telah menjadi sorotan utama dalam upaya mengatasi dampak negatif dari penggunaan energi konvensional saat ini. Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan perlunya beralih ke sumber energi yang ramah lingkungan, orang mulai melihat sumber energi alternatif seperti matahari, angin, air, dan biomassa. Oleh karena itu, pemahaman mengenai manfaat energi baru dan terbarukan menjadi sangat penting.

Kegiatan sosialisi dan penyuluhan mengenai EBT oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang ini dilakukan di hari ke-20 minggu ke-3 pada Jumat, 9 Februari 2024 dalam rangkaian kegiatan PMM Pengabdian Mahasiswa pada Masyarakat. Kegiatan ini berlokasi di daerah Sawojajar kota Malang, tepatnya di lingkungan RW 01.

Pada kegiatan tersebut mahasiswa fakultas Teknik Elektro dari Universitas Muhammadiyah Malang memberikan sosialisai mengenai pembangkit listrik yang dapat dibangun untuk skala besar maupum rumahan sebagai alternatif energi listrik yang sudah ada saat ini. Pada saat menjelaskan pendahuluan masyarakat sagant tertarik pada teknologi pembangkit listrik tenaga cahaya matahari, banyak yang sangat ini memasangnya untuk kebutuhan seperti bisnis menjahit dimana listrik dugunakan untuk menjalankan alat mesin jahit yang pastinya membutuhkan biaya yang cukup mahal apabila hanya menggunakan sumber listrik yang ada saat ini dari PLN.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Diantara antusiasme masyarakat terdapat beberapa pertanyaan yang cukup sering ditanyakan yaitu bagaimana dan berapa. Mayoritas masyarakat telah memiliki kesadaran untuk menggunakan energi baru dan terbarukan, namun keterbatasan pengetahuan menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi para mahasiswa UMM untuk menjelaskan dan memberikan sosialisi arahan. Namun dengan banyaknya pertanyaan yang dijawab dan dijelaskan dengan terperinci hal tersebut bisa diatasi dengan cukup menarik perhatian masyarakat sekitarnya.

Selain menjelaskan perangkat pembangkit listrik dan juga kemungkinan harga yang dikeluarkan mahasiswa UMM juga membagikan buku mengenai energi baru dan terbarukan, buku tersebut ditujukan agar masyarakat lebih memahami lagi mengenai energi baru dan terbarukan.

Dari semua rangkaian kegiatan PMM yang dilakukan mahasiswa UMM, sosialisasi ini yang mendapatkan apresiasi dan antusiasme dari masyarakat, bahkan ketua RW juga ikut serta aktif dalam semua kegiatan yang mahasiswa UMM berikan.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Ikuti tulisan menarik Dzaky Darrell B lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB