Penggunaan Aplikasi My Blue Bird
Jumat, 20 September 2024 08:37 WIBSebagai perusahaan transportasi pertama yang memperkenalkan aplikasi mobile untuk pemesanan pada 2011, Blue Bird terus mengembangkan teknologi demi meningkatkan kepuasan pelanggan. Salah satunya adalah penggunaan teknologi big data di aplikasi My Blue Bird.\xa0
Dengan aplikasi My Blue Bird, pelanggan kini lebih mudah mendapatkan layanan taksi dan bisa melacak posisi taksi yang dipesan, serta mengetahui nomor taksi dan identitas pengemudi. Saat ini, Blue Bird telah menjalin kerjasama dengan Gojek. Kolaborasi ini semakin memudahkan pelanggan mengakses layanan Blue Bird, sekaligus meningkatkan produktivitas para pengemudi.
1. Analisis 4V's Big Data
a. Volume
Volume terkait dengan jumlah data yang dikelola dalam aplikasi Big Data. My Blue Bird menggunakan volume untuk menyimpan data layanan taksi, seperti nomor, lokasi, dan identitas pengemudi. PT Blue Bird memiliki 45 ribu karyawan, termasuk 35 ribu pengemudi, dan 35 ribu armada di 18 kota. Sementara itu, GO-JEK telah diunduh lebih dari 40 juta kali. Kerja sama ini memberi akses pengemudi Blue Bird kepada pengguna GO-JEK di lima wilayah: Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Medan, dan Semarang.
b. Varienty
Varienty dalam big data merujuk pada pengelompokan data agar tidak tercampur. Dalam aplikasi My Blue Bird, hal ini terlihat dari berbagai pilihan layanan taksi, di mana pengguna bisa memesan jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
c. Velocity
Velocity merujuk pada kecepatan perpindahan dan penyusunan data. Dalam aplikasi My Blue Bird, proses ini sangat efisien; dengan fitur pelacak, pengguna dapat dengan mudah mengetahui lokasi taksi yang dipesan.
d. Veracity
Veracity mengacu pada keandalan data, memastikan bahwa informasi yang ada adalah akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, sehingga penggunaannya dapat dikontrol dengan baik.
- Terminologi Big Data
Data yang ada dalam aplikasi My Blue Bird berupa data pelayanan. Setelah menggunakan big data, perusahaan Blue Bir menjadi lebih mudah untuk mendapatkan pelanggannya.
- Dampak dan Manfaat
Dengan teknologi big data, Blue Bird lebih mudah menemukan pelanggan, sementara pelanggan juga mendapatkan kemudahan dalam mengontrol layanan yang diinginkan. Pengguna dapat mengetahui lokasi taksi yang dipesan, nomor taksi, dan identitas pengemudi.
sumber
http://www.bluebirdgroup.com/uncategorized/go-bluebird/
*) Artikel ini merupakan tugas mata kuliah Komunikasi Digital dari program studi Produksi Media. Dengan dosen pengampu Rachma Tri Widuri, S.Sos., M.Si.
Penulis Indonesiana
0 Pengikut
Penggunaan Aplikasi My Blue Bird
Jumat, 20 September 2024 08:37 WIBAnalisis Periklanan Indonesia
Selasa, 14 Mei 2024 20:36 WIBBaca Juga
Artikel Terpopuler