x

Pemasangan alat kontrasepsi implan (ilustrasi)

Iklan

Anonima EM

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

4 Cara Mengetahui Masa Subur

Masa subur adalah saat yang tepat untuk berhubungan intim agar kehamilan bisa segera terjadi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah satu hal yang harus diperhatikan bagi Anda yang sedang menjalankan program kehamilan adalah masa subur istri. Ketika istri sedang berada dalam masa subur, sel telurnya telah mencapai kematangan dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Sayangnya tidak semua orang mengetahui cara mengetahui masa subur. Padahal mengetahui hal tersebut bisa menjadi informasi penting bagi pasangan yang mendambakan kehadiran buah hati.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengetahui masa subur wanita:

  • Menghitung Siklus Haid

Siklus haid dihitung dari hari pertama haid seorang wanita hingga dia mendapatkan haid berikutnya. Seorang wanita yang siklus haidnya teratur akan memiliki siklus haid sekitar 22 hari hingga 35 hari. Hal ini bisa diketahui dengan melakukan perhitungan pada kalender.

  • Lendir Serviks
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Cara berikutnya adalah dengan memeriksa lendir leher rahim atau lendir serviks. Cairan ini biasanya sudah mulai keluar pada hari ke-9 hingga hari ke-10 dari siklus haid. Namun cairan pada saat ini kental dan belum terlalu elastis. Namun menjelang masa ovulasi, biasanya cairan ini sudah mulai encer. Ketika telah memasuki masa ovulasi atau masa kematangan sel telur, maka cairan lendir rahim ini akan menjadi elastis, encer, elastis dan jernih.

  • Pengukuran Suhu Basal

Suhu basal adalah suhu terendah pada tubuh seseorang. Suhuh ini bisa diukur saat Anda baru saja bangun dari tidur dan belum melakukan kegiatan apapun. Pengukuran suhu tubuh ini juga bisa digunakan sebagai cara untuk mengetahui masa ovulasi seseorang. Suhu tubuh seorang wanita yang sedang mengalami ovulasi akan lebih tinggi daripada suhu hariannya.

  • Menggunakan Teknologi Ultrasonografi atau USG

Ada wanita yang siklus haidnya teratur dan ada pula wanita yang siklus haidnya tidak teratur. Bagi para wanita yang memiliki masalah haid yang tidak teratur, biasanya tidak bisa menggunakan sistem siklus haid untuk mengetahui masa suburnya. Namun ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini, salah satunya dengan menggunakan Ultrasonografi atau USG. Alat ini bisa melihat apa yang sedang terjadi di dalam perut Anda sehingga Anda bisa mengetahui kapan Anda sedang berada dalam masa subur.

Ikuti tulisan menarik Anonima EM lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler