x

Iklan

Nilam Putri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

5 Jenis Sayuran yang Menjadi Sumber Makanan Penambah Darah

Sayuran sudah terbukti ampuh sebagai sumber makanan penambah darah. Berikut adalah 5 jenis sayuran yang dimaksud dapat menambah darah di dalam tubuh.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kondisi tubuh yang kekurangan darah atau menderita anemia bisa diatasi secara alami yakni memperbaiki pola makan. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa jenis sayuran supaya produksi sel darah merah lebih meningkat. Apalagi ada beberapa jenis sayuran yang dikenal sebagai sumber makanan penambah darahyang tentunya sangat membantu. Perbaikan pola makan dengan meningkatkan asupan sayuran segar tentu cara terbaik mengatasi anemia. Sehingga tidak perlu berkunjung ke dokter rutin dan mengkonsumsi obat-obatan.

Sayuran Terbaik untuk Menambah Darah

Kekurangan darah terjadi akibat produksi sel darah merah yang kurang sehingga membuat suplay oksigen terganggu. Akibatnya tubuh mudah sekali kelelahan, penampilan terlihat pucat, dan penurunan berat badan sebab nafsu makan menurun drastis. Penyebab dari kekurangan darah sendiri cukup beragam dan beberapa karena faktor kelainan bawaan sejak lahir. Sisanya sering di sebab oleh masalah cacingan, pendarahan terus-menerus, dan juga kurangnya asupan makanan bernutrisi.

Apabila mengalami anemia ini maka baiknya mencoba menambahkan porsi makanan kaya nutrisi salah satunya dari jenis sayur-sayuran. Ada beberapa sayuran yang ampuh menambah darah, diantaranya adalah:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Sayur bayam,

Dalam film kartun Popeye, sayur bayam menjadi andalan si pelaut untuk menambah tenaganya supaya lebih kuat. Namun, rupanya sayur bayam tidak hanya efektif menambah tenaga penikmatnya namun juga menambah darah. Kandungan zat besi di dalam sayur bayam segar akan membantu merangsang produksi hemoglobin atau sel darah merah. Konsumsi teratur untuk membantu mengatasi anemia, apalagi sayur ini murah sekaligus mudah didapat.

2. Sayur kangkung,

Opsional sayuran lain sebagai sumber makanan penambah darah adalah kangkung yang juga dikenal kaya akan zat besi. Kangkung bisa menjadi sayuran terbaik untuk mendongkrak produksi sel darah merah. Konsumsinya bisa mencukupi kebutuhan nutrisi lain seperti vitamin, mineral, dan juga serat. Supaya tidak bosan olah kangkung menjadi beberapa menu berbeda atau diselang-seling dengan sayuran lain yang juga membantu menambah darah.

3. Sayur brokoli,

Sayur bernama brokoli dengan bentuknya yang unik dan lucu selama ini dikenal sebagai sayur kaya manfaat. Brokoli semakin meroket namanya karena zat antioksidan yang terkandung di dalamnya ampuh melawan pertumbuhan sel kanker. Namun, brokoli rupanya juga membantu masalah kesehatan lain termasuk pula anemia. Pada sayuran yang berbentuk unik ini Kita bisa mendapatkan nutrisi terbaik untuk meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.

4. Sayuran buncis,

Opsional sayuran lainnya adalah buncis yang biasa Kita santap menjadi orak-arik ataupun sekedar di tumis. Buncis mengandung asam folat yang cukup tinggi dibanding jenis sayuran lainnya sehingga bagus bagi tubuh penderita anemia. Pasalnya asam folat ini membantu sel darah merah untuk tumbuh lebih cepat dalam jumlah lebih banyak. Sehingga menjadikan buncis sebagai obat alami mengatasi anemia bisa dijadikan pilihan. Kita bisa menciptakan aneka menu dengan campuran buncis ataupun menjadikannya bahan utama.

5. Konsumsi kacang kedelai,

Apabila bosan dengan ragam sayuran yang disebutkan di atas maka bisa mengganti menu sehat bagi penderita anemia dengan kacang kedelai. Olahan kacang kedelai seperti tempe, tahu, oncom, susu kedelai, dan lain sebagainya. Juga menyimpan manfaat dari kacang kedelai tersebut sehingga bisa dijadikan opsional mewarnai menu sehat harian. Kacang kedelai kaya akan vitamin dan juga zat besi sehingga membantu mengatasi anemia. Sebab merangsang pertumbuhan sel darah merah, tidak heran jika jenis biji-bijian ini dianggap makanan penambah darahsebagai terbaik. 

Ikuti tulisan menarik Nilam Putri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu