x

Iklan

Pevi Revina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tips Merawat Bayi Kembar

suka duka punya bayi kembar, cara memandikan, memakai baju bayi kembar

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sungguh beruntung bagi pasangan suami istri yang diberikan anugrah memiliki bayi kembar. Karena tidak semua orang diberikan anugrah tersebut.  Memang mempunyai bayi kembar akan membuat orang tua kerepotan dalam merawatnya. Akan tetapi, rasa lelah yang dirasakan akan terasa hilang jika melihat bayi kembar ini tumbuh dengan baik.

Tentu saja dalam merawat bayi kembar membutuhkan persiapan mental, fisik dan juga finansial yang tak jarang mencapai dua kali lipat dibandingkan merawat bayi tunggal. Akan tetapi, jika orang tua sudah dapat mempersiapkannya terlebih dahulu, maka orang tua sudah siap dengan berbagai tantangannya. Salah satunya ketika mempersiapkan perlengkapan bayi dimana sang ibu dan ayah harus memulai komitmen dalam berbagi tugas merawat sang bayi kembar.

Untuk merawat bayi kembar tak sedikit pasangan suami istri meminta bantuan kepada orang sekitar yang paling dekat untuk membantu merawat anaknya seperti meminta bantuan kepada orang tua, kakak, adik atau bahkan menggunakan orang luar seperti menggunakan jasa baby sitter. Perlu diingat, meskipun orang tua memiliki baby sitter, akan tetapi orang tua juga harus ikut merawat serta membesarkan sang anak kembar.  

Untuk itu, orang tua harus mengetahui beberapa tips dalam merawat sang bayi kembar. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1.  Memandikan

Salah satu aktivitas yang seringkali membuat ibu kerepotan adalah ketika bayi dimandikan apalagi bila bayi kembar ini harus dimandikan bersamaan. Pada usia bayi anda 0-6 bulan tubuhnya masih rentan sehingga orang tua harus memandikannya secara bergiliran. Orang tua dapat meminta pihak ketiga dengan cara memandikan anak satu persatu setidaknya pihak ketiga dapat membantu memegang anak kita. Selanjutnya apabila sang anak  sudah dapat duduk dengan benar maka anda dapat memandikan mereka dengan sama-sama.

2.  Mengganti Baju

Pastikanlah sebelum orang tua memandikannya anda sudah dapat mempersiapkan perlengkapan bayi dimulai dari kosmetika bayi dan pakaiannya. Jangan lupa untuk menyediakan handuk, perlengkapan yang didekatkan dengan anda akan mempermudahkan anda terlebih bila bayi anda sering rewel. Perlu diingat bahwa bayi kembar tidak harus identik dengan pakaian yang sama. Bisa saja warnanya berbeda yang penting kelihata serasi.

3.  Menyusui

Perlu diketahui bahwa pemberian ASI sangat dianjurkan, khususnya bayi ekslusif hingga usia 6 bulan. Sang ibu harus menggunakan manajemen laktasi yang baik untuk mendapatkan ASI yang baik. Apabila diperlukan sang ibu dapat menyiapkan ASI perah yang diberikan sewaktu waktu. Apabila memungkinkan sang ibu dapat menggunakan kursi goyang berlengan sehingga membuat nyaman dalam proses memberikan ASI pada bayi. Sang ibu dapat meletakan 2 buah bantal dalam membantu menopang kedua tubuh bayi, selanjutnya sang ibu dapat menyesuaikan posisi yang nyaman sesuai dengan kebutuhannya.

4.  Pemberian Makanan Pendamping ASI

Pada usia 6 bulan sang ibu sudah dapat memberikan makanan pendamping ASI untuk anak. Sehingga dalam pemberian makanan yang bersamaan ini anda dapat menyiapkan di piring masing-masing sehingga anda dapat melihat porsi makan anak anda. Anda dapat memberikan makanan secara bergantian apabila anda kerepotan anda dapat meminta bantuan dari pihak ketiga untuk menyuapi anak anda. Hal yang harus anda ingat bahwa usahakan memberikan makanan yang menyenangkan sehingga mereka dapat makan dengan lahap.

5. Stroller

Peralatan yang dapat membantu anda dalam merawat bayi kembar yaitu stroller sehingga anda tidak direpotkan dengan mengendong bayi anda. Dengan bantuan stroller maka anda dapat lebih dengan mudah membawa kemanapun anak anda untuk pergi. Ketika anda akan memilih stroller maka anda dapat menggunakan tandem yaitu jenis stroller yang memiliki tempat duduk sejajar depan dan belakang atau berdampingan yaitu tempat duduk yang berhadapan. Jenis stroller sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kenyamanan bayi.

 

Ikuti tulisan menarik Pevi Revina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB