Pulau / Gunung Manado Tua

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pulau/Gunung Manado Tua termasuk dalam kawasan Taman Nasional Laut (TNL) Bunaken, Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Pulau/Gunung Manado Tua terletak di Kecamatan Bunaken Kepulauan, Kota Manado yang berjarak sekitar 10 mil dari pusat Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan dapat ditempuh selama 60 menit dengan menggunakan angkutan laut (kapal motor).

Pulau/Gunung Manado Tua termasuk dalam Kawasan Taman Nasional Laut (TNL) Bunaken, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia yang telah terkenal di seluruh dunia.

Manado Tua adalah pulau berbentuk gunung terbesar dari kelompok pulau-pulau yang berada dalam batasan Teluk Manado. Terdapat terumbu karang, ikan hias, ikan konsumsi, dan biota laut. Disekeliling pulau/gunung dibuat jalan kecil sehingga dapat mengakses ke tempat yang disebut Tanjung Raja yang terdapat Jangkar Kapal peninggalan Portugis juga ke tempat yang disebut Tanjung Kopi tempat bertelur Tuturuga (Penyu). Terdapat pula perkebunan kelapa rakyat dan pohon mangga milik masyarakat. Diatas puncaknya terdapat hutan lindung yang didiami oleh berbagai margasatwa.

Merupakan tempat wisata baharai (kelautan), tirta (air), wisata alam dan lingkungan, wisata hiking (pendakian), serta wisata agro (pertanian) dengan obyek kunjungan wisata, yaitu pulau, gunung, pantai, dan air/laut; pemandangan dan panorama alam; serta perkebunan rakyat.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan, yakni menikmati taman laut dengan cara sighseeing (berkeliling) memakai perahu berkaca (katamaran), snorkeling (berenang memakai alat pernapasan), diving (menyelam), photografi underwater (foto bawah laut), rekreasi/olah raga air dengan cara boat sailing (berperahu layar), ski air dan jet ski, berjemur badan diterik matahari, tamasya pantai, menikmati buah-buahan, joging, bersepeda santai dan sepeda gunung, serta tracking, hiking, dan berkemah.

Fasilitas yang tersedia ditempat ini, yakni katamaran (perahu berkaca), diving center (pusat penyelaman), cafe (rumah makan), cottage (penginapan), dan souvenir (cederamata). 

Bagikan Artikel Ini
img-content
N Raymond Frs

Seorang Amtenar Pemerhati Pariwisata Daerah Sulawesi Utara

0 Pengikut

img-content

Kegiatan Usaha Hiburan dan Rekreasi Pariwisata

Selasa, 15 Oktober 2019 18:10 WIB
img-content

Akses Ke Wilayah Kepulauan Sulawesi Utara

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler