x

Iklan

Herdian Armandhani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Menkominfo Ajak Pemuda Muslim Bali Kuasai Teknologi

Menkominfo Ajak Pemuda Muslim Bali Kuasai Teknologi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mangupura (Bali) –  Pesantren Digital Indonesia Chapter Bali mengadakan Seminar Kebangsaan bertema “ Penguatan Nasionalisme Melalui Pemanfaatan Dunia Digital untuk Mencetak Generasi yang Inovatif dan Produktif” pada hari Minggu (22/10) 2017. Seminar Kebangsaan ini diadakan di Ballroom Hotel Adhi Jaya Jalan Sunset Road , Badung dengan mengundang pembicara yang mumpuni dibidangnya. Para pembicara tersebut diantaranya Rudiantara,S Stat,MBA (Menteri Komunikasi dan Informasi RI), Dr Dadang Hermawan (Ketua STIKOM Bali), Dr H Arya Sandhiyudha, S Sos, Msc (Direktur Eksekutif MaCDIS), Khairul Mahfuz, SSi Msi (Presiden Pesantren Digital Indonesia), dan Heri Sucipto, Lc, MM (Pakar Cyber Crime Mabes POLRI). Kegiatan Seminar Kebangsaan ini mendapatkan dukungan penuh dari berbagai elemen organisasi muslim di Bali seperti Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Ikatan Cendekiawan Muslim Se Indonesia (ICMI), Kelompok Studi Ekonomi Islam FEB Universitas Udayana, dan Dewan Masjid Indonesia.

Menkominfo Rudiantara mengajak dalam acara Seminar Kebangsaan mengajak anak muda Indonesia untuk bijak dalam menggunakan teknologi Menurutnya Teknologi jika dimanfaatkan dengan baik akan membawa manfaat yang baik untuk perkembangan suatu bangsa. Salah satunya adalah dengan memasarkan produk-produk bisnis e-commerce. Ia menambahkan, situs perdagangan digital sangat efektif untuk menjual sebuah produk dan meningkatkan omset.

Namun demikian pasar e-commerce diIndonesia  memiliki banyak tantangan seperti sumber daya manusia yang handal, masih banyaknya bisnis start up, perpajakan, perlindungan konsumen, membangun kepercayaan konsumen , logsitik, dan keamanan cyber.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ia juga mengajak anak muda Indonesia untuk menggunakan aplikasi digital buatan anak negeri seperti aplikasi pesankita untuk meningkatkan nasionalisme.

“Sudah saatnya anak mudadi Indonesia beralih menggunakan aplikasi digital buatan anak negeri untuk mendukung gerakan nasionalisme” tegasnya.

Rudiantara juga mengatakan bahwa saat ini pemerintah RI  sedang dalam proses pembangunan Palapa Ring yaitu pembangunan serat optic fiber dibawah laut untuk daerah-daerah yang belum memiliki akses internet.

“Saat ini pemerintah RI sedang gencar membangun palapa ring untuk mendukung penegmebangan teknologi di Indonesia” ungkapnya.

Pemateri berikutnya yang tak kalah menarik adalah Arya Sandhiyuda. Di TV nasional Arya sering diundang untuk menjadi pembicara krisis internasional seperti ketengan di Negara Timur Tengah. Untuk seminar yang ia bawakan, ia banyak mengungkap bahwa Indonesia memiliki bonus demografi yang bisa dimanfaatkan untuk meraih cita-cita anak bangsa untuk mencapai zaman keemasan.

Sedangkan,Heri Sucipto memaparkan tentang kejahatan dunia cyber, pemanfaatan social media yang baik dengan tidak menyebarkan hoax, dan penerapan UU ITE dalam berselancar di dunia maya.

Salah seorang peserta Seminar Kebangsaan bernama Ghiyas Ghifari mengataka  bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak muda yang ingin memasarkan produknya melalui dunia maya

“Menarik sekali seminar ini, dapat membantu dalam mendukung bisnis yang sedang saya kembangkan” ujarnya.

Kegiatan Seminar Kebangsaan ini juga ada sesi konsultasi bisnis dan tips pengembangan bisnis yang ampuh dari para pementor yang tergabung dalam Pesantren Digital.

Ikuti tulisan menarik Herdian Armandhani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu