Belanja Online Terbukti Ramah Lingkungan Lho - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Setyo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Gaya Hidup
  • Pilihan
  • Belanja Online Terbukti Ramah Lingkungan Lho

    Dibaca : 1.703 kali

    Kemajuan teknologi telah mengubah pola hidup orang kota yang tidak ingin ribet untuk hal-hal remeh. Belanja online pun menjadi gaya hidup orang zaman ini. Aktivitas belanja online pung mengalami lonjakan. Selain praktis dan hemat waktu, biaya serta tenaga, belanja online sebenarnya juga ramah lingkungan. Berikut ini sejumlah fakta kalau belanja online itu benar-benar ramah lingkungan:

    1. Emisi Karbon Turun 30 Persen

    Green Design Institute – Carnegie Mellon University dalam studinya menemukan bahwa belanja online terbukti ramah lingkungan. Belanja online menggunakan konsumsi energi 30% lebih rendah dan menurunkan emisi karbon 30% lebih rendah daripada model transaksi bisnis tradisional.

    2. Irit Pengangkutan

    Metode logistik cerdas dalam proses pengiriman juga dapat meminimalisir jejak karbon sekaligus membuat biaya pengiriman menjadi lebih murah. Belanja online mengurangi pengangkutan dari gudang ke toko atau pusat distribusi, meski pengantaran barang ke konsumen akhir umumnya tetap menggunakan kendaraan bermotor yang tentu mengeluarkan emisi karbon dioksida. Dalam sekali perjalanan beberapa pengiriman bisa dilakukan sehingga mengurangi dampak emisi. Apalagi, ke depan distribusi akan memanfaatkan teknologi drone.

    3. Irit BBM

    Konsumen bisa menghemat waktu, tidak berdesak-desakan dan tidak perlu antrean serta bisa menghemat BBM. Konsumen tidak perlu lagi melakukan perjalanan ke pasar maupun pusat perbelanjaan seperti mall untuk belanja sehingga pencemaran lingkungan berkurang. Transaksi bisa dilakukan di mana pun dengan gadget di genggaman tangan. Perjalanan ke mall, supermarket dan toko modern lainnya membutuhkan alat transportasi sehingga meningkatkan potensi pencemaran. Kondisinya menjadi lain saat belanja online yang dipilih.

    4. Bebas Plastik

    Sampah plastik diketahui sebagai salah satu penyebab pemanasan global. Material yang sulit diurai tanah tersebut merupakan sebab dari pencemaran baik di lahan, air, maupun udara. Belanja online terbukti mengurangi penggunaan kantong plastik. Transaksi pun menjadi mudah karena dengan menggunakan perangkat gadget. Pembayaran barang belanjaan online di toko-toko online seperti Bukalapak, Tokopedia, JD.id, Zalora, Shopee, Dinomarket, Bhinneka, Berrybenka dan Hijup makin praktis dengan aplikasi modern seperti IPOTPAY di gadget apapun. IPOTPAY telah resmi menjalin kerjasama dengan e-commerce tersebut. Keuntungan menggunakan aplikasi ini gratis alias bebas biaya, tanpa limit dan real-time. Keuntungan lainnya mendapatkan return 7-10% per tahun. Dengan aplikasi ini belanja online menguntungkan dan ramah lingkungan.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.