x

Iklan

wahyuni khoirun

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

peran pemuda dalam pencegahan korupsi

para pencegah korupsi yakni pejuang pemuda yang ada di indonesia telah mengisi sebuah kemerdekaannya, mengisinya dengan menjadi bagian dari solusi dari set

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Korupsi adalah salah satu masalah dan tantangan besar yang dihadapi oleh masyarakat nasional maupun internasional. Korupsi sering dikaitkan dengan politik juga dikaitkan dengan permasalahan korupsi yang mana dialami oleh bangsa indonesia telah berada pada titik yang mengkhawatirkan hal ini, diakibatkan oleh perekonomian, kebijakan publik, kebijakan internasional, kesejahteraan sosial,dan pembangunan nasional. Korupsi ditanah air kita ibarat warisan haram tanpa surat warisan.

Namun adanya koruptor-koruptor yang ada di indonesia ini para pencegah korupsi yakni pejuang pemuda yang ada di indonesia telah mengisi sebuah kemerdekaannya, mengisinya dengan menjadi bagian dari solusi dari setiap permasalahan yang ada di indonesia ini.

Salah satunya yang terjadi dikota yogyakarta yang mana dikota tersebut membentuk Satgas muda anti korupsi yang didalamnya terdapat pemuda akan mencegah korupsi dikota yogyakarta ini. Dengan beberapa peran yang dilakukan oleh Satgas muda anti korupsi dalam upaya pencegahan korupsi dikota yogyakarta berbentuk kegiatan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Setiap kegiatan yang dilakukan oleh Satgas muda anti korupsi memiliki sifat berkelanjutan dan tidak terpaku dalam kondisi apapun.

Kegiatan pertama yang dilakukan Satgas muda anti korupsi yaitu pelatihan jihad anti korupsi dan pelatihan membaca anggaran, hal tersebut untuk mengetahui permasalahan korupsi yang ada di indonesia, kedua pembangunan perilaku anti korupsi yang dilakukan oleh masyarakat kota yogyakarta melalui forum muroqobah. Hal ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai anti korupsi yang berdasar pada pancasila, nilai dan prinsip anti korupsi serta nilai-nilai yang ada dalam agama, ketiga pengawasan kepada pemerintah meliputi kegiatan menganalisis reporda rencana induk pembangunan peristiwa daerah (RIPPDA). Kegiatan tersebut bertujuan untuk melaksanakan pengawasan kepada pemerintah, sehingga setiap kebijakan yang di keluarkan sesuai dengan nilai dan prinsip anti korupsi.

Peran yang dilakukan para pemuda-pemudi yogyakarta merupakan salah satu langkah untuk mendukung terwujudnya ketahanan wilayah yogyakarta yang ada di indonesia ini.

Tak bisa dipungkiri bahwa pemuda merupakan suatu elemen bangsa yang menjadi benteng terdepan dalam menciptakan perubahan-perubahan bangsa, sebagaimana masalah bangsa yang paling krusial hari ini adalah soal korupsi, pemuda wajib memerangi iru dengan komitmen dan kesadaran yang tulus. Memberantas korupsi di indonesia menjadi tanggung jawab setiap pemuda indonesia yang merupakan generasi penerus bangsa. Syekh Mustofa al Ghalayaini lewat sebuah syairnya yang indah berkata yang artinya:

“Sesungguhnya ditangan pemuda lah terdapat urusan ummat, dan dikaki

Terdapat kehidupan ummat itu”.

  Disitulah upaya dan pentingnya pemuda dalam bangsa indonesia ini dimana pemuda sebagai aspek pencegah korupsi. Kita sebagai pemuda-pemudi indonesia bangkitlah janganlah negeri kita dipengaruhi oleh para koruptor-koruptor dan ditangan pemuda lah upaya pencegahan akan bangkit agar negeri ini menjadi negeri yang jauh dari para korupsi yang memakan hak-hak masyarakat indonesia.    

 

 

Ikuti tulisan menarik wahyuni khoirun lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler