x

Iklan

Adimas

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Resep dan Cara membuat Es Krim - Frozen Yoghurt khas Amerika

Frozen Yoghurt adalah kudapan khas Amerika, tapi untuk mencicipinya kita nggak perlu perhi ke Amerika guys, cukup membuatnya sendiri di rumah, penasaran ?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

FROZEN YOGHURT AMERIKA

 

Buat kamu para pencinta yogurt, pasti sudah pada cobain froyo kan? Frozen yogurt atau froyo ini merupakan salah satu jenis es krim yang rendah lemak dan memiliki rasa yang tajam, dibandingkan es krim biasa.

Frozen yogurt pertama kali diluncurkan dengan nama Frogurt di bagian timur Amerika Serikat pada 1970an. Kemudian mulai populer sejak ramainya makanan sehat pada 1980an. Sekali coba bakal langsung ketagihan deh. Apalagi ditambah aneka toping, buah-buahan, sirup, dan yang lainnya. Yummy!

Yogurt merupakan minuman yang lezat nan sehat. Bahkan, di Amerika Serikat yogurt beku menjadi makanan khas. Cara membuatnya juga gampang, tinggal membekukan yogurt di lemari pendingin dan dapat disajikan bersama salad buah serta selai sebagai sausnya. Yogurt beku yang sudah jadi dapat ditempatkan di wadah plastik ataupun kaca. Sederhana, enak, dan sehat!

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kenapa harus membuat frozen yogurt sendiri? Bukankah jauh lebih praktis membeli? Memang benar, tapi tahukah Anda bahwa 1 porsi froyo komersial memiliki kandungan gula sekitar 40 gram? Dan itu belum termasuk topping! Meski merek froyo ternama yang banyak ditemui di mal mengklaim bahwa produk mereka rendah gula, nyatanya rasa produk mereka tetap (sangat) manis. Hal itu berarti, dari yogurt asli yang kita kenal memiliki rasa yang asam, diberi tambahan gula yang cukup signifikan sehingga menghasilkan produk akhir yang manis. Membuat yogurt sendiri berarti memungkinkan Anda mengatur sendiri kadar gula sehingga lebih aman bagi tubuh. Anda pun lebih bebas bereksperimen dengan rasa. Yang pasti, jauh lebih murah dan resep ini sangat mudah, tanpa perlu alat khusus.

 

Enak, sih, tapi gulanya, itu lho...

Pemanis yang digunakan di sini adalah madu (atau kalau Anda vegan, gunakan agave nectar), sebab gula dalam bentuk cair (dalam hal ini madu) mencegah terbentuknya kristal es yang membuat froyo jadi terlalu keras. Nah, mimin akan membagikan resep dan cara untuk membuat frozen yoghurt dengan 3 varian rasa, langsung saja ini dia resepnya…

 

Plain Frozen Yogurt

Bahan-bahan:

2 cangkir plain yogurt

2 sdm madu, atau sesuai selera

Plain frozen yogurt, enak dengan topping apa saja

 

 

 

Chocolate Frozen Yogurt

Bahan-bahan:

2 cangkir plain yogurt

2 sdm madu, atau sesuai selera

¼ cangkir cokelat bubuk

Tambahkan cokelat bubuk untuk rasa cokelat yang lebih kuat

 

 

Strawberry Frozen Yogurt

Bahan-bahan:

2 cangkir strawberry, bekukan terlebih dahulu

2 sdm madu, atau sesuai selera

¼ cangkir plain yogurt

 

Cara membuat:

Saring yogurt menggunakan saringan biasa yang dilapis kain tahu, atau kalau tidak ada, serbet bersih.

Letakkan mangkuk besar di bawah saringan, diamkan yogurt di atas saringan yang selama sekitar 4 jam atau semalaman di kulkas. Tahap ini dilakukan untuk mengurangi kadar air. Jika kandungan airnya tinggi, makin banyak kristal es yang terbentuk sehingga hasil akhir menjadi icy. Tahap ini bisa saja dilewatkan, namun froyo akan cenderung lebih keras saat sudah sangat beku nantinya.

Campur semua bahan menggunakan blender, mixer, atau food processor hingga rata. Bekukan selama sekitar 6 jam. Jika froyo dibekukan semalaman, diamkan sebentar di suhu ruangan selama sekitar 5 menit sebelum dikonsumsi.

Sajikan dengan topping favorit Anda, misalnya granola atau kacang-kacangan.

 

Selamat menikmati frozen yoghurt…

 

Baca Juga : Resep dan Cara membuat Es Krim dari seluruh penjuru dunia

Ikuti tulisan menarik Adimas lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler