x

Iklan

Ahmad Muzakki Jamain

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tempat Pelelangan Ikan, Infrastruktur Untuk Nelayan

SBY sebagai Bapak Perdamaian Aceh. Berpesan mari jangan saling menyalahkan. Berpadu dan sinergi untuk mewujudkan Aceh adil dan makin sejahtera.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kehadiran Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Ketua Umum Partai Demokrat beserta rombongan di Gampong Pusong Lama, Kota Lhokseumawe, Jumat (25/1/2019), Aceh. Disambut dengan penuh haru dan bahagia. Masyarakat tumpah ruah untuk dapat bersalam dan melepas rindu.

Menyerap aspirasi dan juga memperkuat komitmen Partai Demokrat untuk memperjuangkan program pro rakyat di parlemen nanti. Dan SBY meminta masyarakat "Tidak usah saling salah menyalahkan, semua pihak, mari kita percepat pembangunan di Aceh. Yang penting negara adil dan rakyat sejahtera."

Lewat kebijakan yang padu dan utuh. Upaya bersama dan tidak saling menyalahkan. Telah menghantarkan masyarakat Aceh menjadi damai untuk membangun kembali kehidupan masyarakat Aceh lebih adil, sejahtera. Termasuk masyarakat nelayan di pantai pesisir timur Aceh.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sambutan hangat dan haru dari masyarakat menjadi bukti. Setiap kebaikan dan kebijakan yang mensejahterakan masyarakat akan dikenang. Keinginan baik dari SBY dan Partai Demokrat di sisi legislatif untuk tetap memperjuangkan kebijakan pro rakyat. Yang tertuang dalam 14 Prioritas Demokrat.

Salah satunya adalah pembangunan infrastruktur diperdesaan nelayan, di Aceh terkenal dengan nama Gampong. Kebutuhan untuk nelayan adalah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan dermaga perahu nelayan. Hal ini segmen fisik pembangunan infrastruktur perdesaan.

Tempat pelelangan ikan adalah tempat nelayan dan pembeli bertemu untuk melakukan transaksi jual beli. Keberadaan TPI menghadirkan keadilan untuk transaksi bagi nelayan dan pembeli. Hal ini turut didukung dengan keberadaan dermaga tempat bersandarnya perahu nelayan.

Kampung nelayan dan mata pencarian melaut membutuhkan kebijakan yang mengurai kesenjangan sosial dan kemiskinan. Usaha melaut memiliki resiko tinggi, baik dari sisi pendapatan maupun dari taruhan nyawa. Keberadaan TPI dan dermaga bagian dari upaya untuk mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial masyarakat nelayan.

Sedangkan pada sisi program pro rakyat Partai Demokrat lainnya adalah melanjutkan program Bidik Misi untuk anak muda yang ingin sekolah diperguruan tinggi. Hal ini akan membentuk generasi terdidik untuk kembali mengabdi memperbaiki kehidupan masyarakat, minimal keluarga besar.

Sedangkan di tingkat pendidikan dasar dan menengah adalah program Bantuan Operasional Sekolah. Hal ini dapat meningkatkan perbaikan kualitas masyarakat nelayan, petani, buruh. Yang akhirnya menghadirkan peran pemerintah di sebagai pemegang amanah dari masyarakat.

Pembangunan adalah kewajiban bagi setiap pemerintahan. Pembangunan yang berkeadilan dan menciptakan kesejahteraan. Tanpa mesti meninggalkan aspek pembinaan, pemberdayaan melalui kebijakan terpadu dan utuh untuk nelayan.

Terima kasih SBY dan Partai Demokrat telah mendatangi kami. Sebuah ungkapan dari masyarakat lewat akun FB. Insya Allaah kami tidak melupakan jasa baik bapak menghadirkan kedamaian dan tetap memperjuangkan masyarakat lewat Partai Demokrat di DPR RI.

Ikuti tulisan menarik Ahmad Muzakki Jamain lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu