x

Iklan

Bella Julianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 10 Juli 2019 16:09 WIB

Mengetahui Pantangan Bayi Baru Lahir

Mari ketahui apa saja pantangan bayi baru lahir agar ibu dan bunda bisa mengurus dan membesarkan mereka dengan baik.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dipungkiri atau tidak menjalani peran menjadi seorang ibu bukanlah pekerjaan yang mudah. Selain dituntut untuk menjadi seorang istri yang baik anak-anak kita pun membutuhkan peran kita dalam menjaga dan memastikan mereka tumbuh dengan sehat dan selamat. Terutama ibu baru yang punya bayi baru lahir di rumah bisa jadi anda kewalahan menjalani peran yang satu ini.

Ya, bayi baru lahir perlu dijaga dan diurus dengan sangat baik karena kesalahan sedikit saja bisa sangat fatal untuk mereka. Mari ketahui apa saja pantangan bayi baru lahir agar ibu dan bunda bisa mengurus dan membesarkan mereka dengan baik.

Menjemur Bayi Seenak Hati

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tidak sedikit orangtua yang memiliki bayi baru lahir menganggap bahwa menjemur bayi adalah ritual wajib yang harus dilakukan. Irosnisnya, pada saat menjemur si kecil tidak ada aturan khusus yang diperhatikan pada saat si kecil masih begitu rentan dengan paparan dari zat luar. Bahkan sebagian ibu dengan enteng meletakkan bayi mereka di atas meja dan menjemurnya dalam waktu yang lama di bawah pancaran sinar matahari secara langsung.

Apalagi untuk mereka yang punya bayi dengan riwayat kuning (hiperbilirubin), biasanya mereka cenderung menjadikan kegiatan menjemur bayi sebagai prioritas yang utama sebab khawatir kondisi kuning pada bayi akan berlangsung lama.

Menjemur bayi di bawah sinar matahari memang dianjurkan akan tetapi anda tidak bisa melakukannya dengan sembarangan. Perhatikan dengan baik aturan menjemur bayi dan pahami betul kapan waktu terbaik menjemur bayi karena pada waktu-waktu tertentu kebanyakan pancaran sinar matahari mengandung zat berbahaya yang akan berisiko untuk tubuh si kecil.

Memberi Makan Atau Minum Bayi Sebelum 6 Bulan

Tidak sedikit orangtua yang kurang mengindahkan anjuran untuk tidak memberi makan dan minum bayi mereka sebelum cukup usia yakni sekitar 6 bulan. Biasanya orangtua yang masih menganut paham kuno yang banyak melakukan pantangan bayi baru lahir ini. Dengan tanpa pikir panjang, bayi dibawah usia 6 bulan sudah diberikan air putih atau bahkan makanan lain meski teksturnya lunak.

Penting diketahui bahwa alasan memberikan makan bayi pada usia 6 bulan ke atas adalah pada saat ini sistem pencernaan bayi sudah mulai siap mencerna makanan yang masuk. Di bawah itu, tubuh mereka tidak akan mampu mencerna dengan baik dan ini akan berbahaya untuk si kecil bisa jadi mereka tersedak dan dalam kondisi terburuk jiwanya bisa terancam.

Mengenakan Sarung Tangan dan Kaki Sepanjang Hari

Dengan alasan takut tubuhnya tergores oleh kuku-kukunya banyak ibu memilih mengenakan sarung tangan dan kaki pada si kecil sepanjang hari.  Penggunaan sarung tangan dan kaki memang dianjurkan akan tetapi bila terus menerus tanpa ada jeda setiap hari dan sepanjang hari maka hal ini akan menghambat sistem motorik si kecil.

Penggunaan sarung tangan akan membuat si kecil kurang menggerakkan tangannya dan kurang mengeksplorasi jari-jarinya dengan baik. Maka dari itu, sebaiknya hindari menggunakan sarung tangan pada si kecil sepanjang hari pada saat-saat tertentu anda bisa melepasnya dan membiarkan mereka melatih motoriknya dengan baik.

Ikuti tulisan menarik Bella Julianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

31 menit lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB