Tuangkan Imajinasi menjadi Karya, Begini Keseruan Mata Kuliah Gambar Bentuk Mahasiswa DKV UEU - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Kelas Fotografi

Muhammad Khairur Rasyid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 27 September 2019 14:56 WIB
  • Peristiwa
  • Pilihan
  • Tuangkan Imajinasi menjadi Karya, Begini Keseruan Mata Kuliah Gambar Bentuk Mahasiswa DKV UEU

    Dibaca : 89 kali

    Bagi kebanyakan orang, Imajinasi hanya berkutat dipikiran dan tidak dapat diwujudkan. Berbeda halnya dengan mahasiswa Desain Komunikasi Visual, Universitas Esa Unggul, yang menjadikan imajinasi sebagai pondasi untuk menghasilkan sebuah karya. Hal ini diajarkan saat mata kuliah Gambar Bentuk di semester 1 DKV UEU Kampus Harapan Indah.

    Dosen Pengajar Gambar Bentuk,  Irpan Saripudin mengatakan di awal perkuliahan para mahasiswa diajarkan terlebih dahulu materi awal menggambar dasar. Materi menggambar dasar merupakan teknik bagi para seniman, khususnya pelukis, untuk menangkap bentuk objek secara tepat dengan cara melihat langsung benda Aslinya.

    "Jadi di awal materi, anak anak diberikan teknik gambar dasar, bagaimana membuat sebuah skestsa dari objek yang dilihat, bisa membayangkan serta mengimajinasikan, nanti akan menggunakan teknik apa dalam materi kuliah Gambar Bentuk," ujar Irpan di Esa Unggul, Kampus Harapan Indah beberapa waktu yang lalu.

    Selepas berkonsentarsi dengan sketsa pada gambar dasar sebuah objek, mahasiswa harus mampu menangkap bentuknya dengan benar seperti proporsi, perspektif, gelap terang, dan  volume. Semua itu harus dieksekusi dengan baik.

    "Agar tidak melenceng dari objek sasaran yang kita gambar, kita harus melakukan kalkulasi perkiraan mengenai proporsi, prespektif, gelap terang, dan volume. Karena mahasiswa itu memiliki imajinasi yang berbeda-beda dalam menggambarkan sebuah objek, untuk itu kreativitas di sini sangat diperlukan," tuturnya.

    Irpan pun menekankan kepada mahasiswa dalam menjalani proses kreatif  seperti membuat gambar bentuk, tidak tergesa-gesa dan harus konsisten kepada konsep dan tujuan awal sebuah karya.

    "Kunci sebuah karya dapat diapresiasi dan dapat dinikmati oleh banyak orang ialah, karya kita harus berasal dari hati kita tidak terburu-buru atau menuruti tuntutan namun harus diolah dengan niat dan kesungguhan kita," ujar Irpan.

    Pada kelas Gambar Bentuk kali ini, mahasiswa umumnya memilih objek gambar berupa benda-benda disekitar kelas dan gedung perkuliahan Kampus Esa Unggul Harapan Indah, seperti bangku, meja, tempat sampah hingga sepatu. Kelas Gambar bentuk kali ini ditutup dengan foto bersama oleh dosen dan mahasiswa.
     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.