x

Foto yang menggambarkan Manusia mempunyai semua kemampuan dari paket komplit yaitu 3B (Brain,Beauty,and Behaviour)

Iklan

Muhammad Iqbal Maulana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 November 2019

Sabtu, 16 November 2019 19:03 WIB

MENJADI MANUSIA PAKET KOMPLIT

Artikel yang menjelaskan setiap orang membutuhkan grooming . Tua dan muda, profesional ataupun enterpreneur,pria maupun wanita. Karena itu,pengetahuan dan penerapan grooming menjadi penting bagi setiap orang yang ingin mencapai kesuksesan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Guru Grooming Indonesia yaitu Yuliana F.Hartanto mengatakan “Manusia itu harus bisa jadi paket komplit” yang dimaksud adalah  kita sebagai manusia seperti halnya makanan yang sehat dan enak pastinya menu makananya juga harus  komplit seperti contoh 4 sehat 5 sempurna  begituu juga manusia ketika ingin mempunya hidup yang bahagia kita harus memiliki paket lengkap 3B, yaitu Brain,Beauty,and Behaviour.

B pertama yaitu Brain,yang dimaksud mempunyai otak yang cerdas,kita mengenal 3 macam kecerdasan yaitu kecerdasan Intelektual (IQ),kecerdasan Emosional (EQ), dan kecerdasan Spiritual (SQ) dan di tambah dari Ilmu Grooming  menjadi 4 kecerdasan yaitu kecerdasan Fisikal,yaitu  tentang bagaimana kita berpenampilan dan menampilkan diri.

Mengapa kecerdasan Fisikal itu juga di anggap penting? Ketika kita pertama kali berjalan menemui seseorang the whole body yang dilihat, dan ketika kita berbicara dengan seseorang the whole face yang terlihat, jadilah orang yang murah hati yang memberikan pemandangan indah terhadap lawan bicaramu. Penampilan itu adalah kharisma kita dan kharisma itu adalah symbol power kaktus dan kualitas diri kita. Cara kita berpenampilan adalah rasa hormat kita terhadap orang lain dan diri kita.

B yang kedua yaitu Beauty, beauty kita tau terbagi menjadi dua yaitu outer beauty dan inner beauty, jika ditanya mana yang lebih penting  pasti banyak yang mengatakan inner beauty yang lebih penting karena mencakup tiga kecerdasan (IQ,EQ,SQ) , meski outer beauty hanya mencakup kecerdasan fisikal , banyak juga ilmu yang mesti dipelajari seperti cara berpakaian ,berdandan,Bahasa tubuh,serta table manner. Dan kita bisa katakana bahwa brain dan beauty sama-sama kuat dan penting  dengan alat yang berbeda keduanya bisa membawa ke destinasi yang sama.

Jangan pernah remehkan beauty, beauty seperti magnet,mempunyai daya Tarik , sebagai contoh Michelle Obama dengan dua gelar sarjana,amat lekat dengan dunia politik selama puluhan tahun . ia bahkan sering membantu suaminya dalam kampanye politik,sampai akhirnya ia menjadi first lady di Amerika, mau menggunakan beauty itu dengan positive atau negative tergantung moral dan value seseorang. So, jangan pernah meremehkan the power of beauty , seperti kita tidak meremehkan the power of brain.

Setiap pemberian Tuhan punya fungsinya masing-masing. Tetapi bukan berarti Anda hanya memerlukan salah satunya saja. “Kalau bisa menjadi MANUSIA PAKET KOMPLIT , mengapa hanya bisa menjadi manusia paket hemat?(biasa-biasa saja)”.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dan B yang terakhir adalah Behaviour. Kita sudah tau kekuatan brain dan beauty, tetapi keduanya belum lengkap tanpa Behaviour. Ingat brain dan beauty ada masa kadaluwarsanya,bahkan bisa hilang terampas penyakit atau kecelakaan. Tetapi, behavior stays forever,that’s how people remember you as a person.

Behaviour adalah nilai hidup,pola piker,karakter serta perilaku kita terhadap diri sendiri dan sesama. Ilmu grooming mengajak k9ta untuk menjadi manusia paket komlit,dimana Brain,beauty, dan Behaviour (3B) berjalan SEJAJAR. Kita harus memiliki ketiganya,supaya kita bisa hidup bahagia dan dapat disebut manusia komplit.

Dan sedikit kutipan kata kata inspiratif dari Zannuba Ariffah Chafsoh ( Yenni Wahid), Direktur Wahid Institue. Yaitu “ Be Yourself, atau menjadi diri sendiri,telah menjadi mantra yang mengantar banyak individu menuju kebebasan dalam mengekspersikan potensi dirinya. Namun dalam dunia yang terus berkembang maju, mantra ini perlu diperlebar dimensinya menjadi : Be the Best Version of Yourself. Yang artinya Tetap menjadi diri sendiri dengan segala keunikan kita.

 

Ikuti tulisan menarik Muhammad Iqbal Maulana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB