Berikut Perbedaan Listrik Prabayar & Pascabayar - Analisis - www.indonesiana.id
x

Redaksi Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Februari 2020

Minggu, 29 Desember 2019 06:01 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Berikut Perbedaan Listrik Prabayar & Pascabayar

    Sekarang banyak warga yang berubah dengan memakai listrik prabayar dimana awalnya mereka memakai listrik pascabayar

    Dibaca : 2.970 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Apa Anda sudah masih memakai listrik pascabayar? Atau telah berubah memakai listrik prabayar? Keduanya jadi pilihan buat tiap rumah untuk penuhi keperluan listrik. Sekarang banyak warga yang berubah dengan memakai listrik prabayar dimana awalnya mereka memakai listrik pascabayar. Di lain sisi, ada banyak juga warga yang masih bertahan memakai listrik pascabayar dengan fakta yang bermacam, dari mulai keengganan untuk keluarkan ongkos pergantian alat, bingung skema prabayar, serta masih banyak.

    Pemerintah melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggalakkan skema pembayaran listrik prabayar. Skema ini dipandang menolong warga mengirit pengeluaran. Sebelum memakai skema prabayar, perumahan di Indonesia mengaplikasikan skema pascabayar. Dimana penghuni akan terima tagihan listrik di akhir bulan, sesuai dengan daya yang digunakan. Dengan skema prabayar, yang tinggal di rumah dapat tahu besarnya penggunaan serta mengendalikan sendiri kebutuhannya.

    Listrik Prabayar Listrik prabayar ialah listrik yang pembayarannya ada diawalnya, yakni dengan skema pulsa. Listrik prabayar biasa disebutkan dengan listrik pandai. Dimana konsumen setia bisa mengatur penggunaan listrik sendiri. Alat meteran listrik juga tidak berupa analog, tetapi digital yang bisa Anda pakai untuk memasukkan code pengisian listrik. Sistemnya dibikin seperti beli pulsa prabayar telephone pegang agar mempermudah Anda. Kelebihan lain dari listrik prabayar ini, Anda tak perlu cemas akan ongkos keterlambatan yang menghantui.

     Anda tak perlu kuatir berkaitan harga voucer stroom (listrik pandai). Ini karena harga beragam sesuai kamampuan serta keperluan Anda (daya listrik Anda). Lalu, jika ada kenaikan Biaya Daya Listrik (TDL), pada listrik prabayar tidak punya pengaruh. Tujuannya, kWh yang sudah masuk ke mtr. prabayar tidak turut naik.

    Kelebihan Listrik Prabayar

    • Konsumen setia dapat mengatur penggunaan listrik tiap hari.
    • Penggunaan listrik bisa sesuai dengan budget berbelanja.
    • Tidak terserang ongkos keterlambatan.
    • Jaringan luas pembelian listrik isi lagi, token listrik dapat dibeli di loket pembayaran listrik online, seperti Pulsaseluler.com
    • Pas dipakai buat Anda yang punya usaha rumah kontrakan atau kamar sewa (kos).
    • Tidak berlangsung kekeliruan pendataan meteran listrik oleh petugas.
    • Skema rahasia, 20 angka digit pulsa listrik cuma dapat diisi ke meteran listrik sendiri, tidak dapat diisikan ke meteran lain.

    Kekurangan Listrik Prabayar

    • Bila pulsa listrik habis di waktu yang tidak tersangka Anda harus siap voucer cadangan, Bisa waktu memerlukan listrik pulsa habis serta listriknya mati. Tapi ada alarm pemberitahuan saat listrik tinggal 10 kwh.
    • Seringkali memiliki masalah waktu akan isi atau beli, banyak masalah jaringan internet sedang down, jadi Anda harus menanti sesaat listrik di dalam rumah Anda telah mati.
    • Meteran lebih peka serta gampang rusak.

    Oh iya buat kalian mungkin yang ingin cek tagihan, Yuk Klik ini cara cek tagihan listrik. Listrik Pascabayar Listrik pascabayar ialah listrik yang pembayaran tagihannya di akhir bulan sesuai daya yang dipakai. Meteran listrik pascabayar masih memakai alat analog yang tunjukkan besarnya daya yang sudah dipakai. Pembayaran listrik pascabayar bisa dikerjakan lewat bank, loket pembayaran dengan ongkos admin yang ditanggung jadi ongkos layanan pembayaran tagihan listrik.

    Kelebihan:

    • Listrik tetap ada sampai tenggat waktu pembayaran diakhir bulan
    • Tidak ribet lakukan isi lagi pulsa listrik / token listrik bila setiap saat kehabisan listrik

    Kekurangan:

    • Penggunaan dapat melebihi batas
    • Jika ada penunggakan listrik akan ada denda serta dipadamkan oleh PLN.
    • Melanggar pribadi, sebab petugas PLN sering masuk ke pekarangan rumah.

    Itu keunggulan serta kekurangan dari pemakaian listrik prabayar serta pascabayar yang butuh Anda tahu sebelum putuskan untuk pilih diantaranya.

     

    Ikuti tulisan menarik Redaksi Indonesiana lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.