x

Iklan

Panduan Menulis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 November 2019

Selasa, 7 Januari 2020 13:46 WIB

Manfaat Laporan Laba Rugi dalam Bisnis

Adanya pembukuan terhadap keuntungan maupun kerugian suatu usaha akan menghadirkan beberapa manfaat sebagai berikut

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bagi Anda seorang pebisnis, sudahkah selama ini mencatat dan membuat laporan laba rugi setiap bulannya? Jika belum, maka sangat disayangkan karena kegiatan itu mempunyai banyak manfaat dan keuntungan tersendiri, sehingga akan membuat bisnis semakin berjaya.

Manfaat Adanya Laporan Laba Rugi dalam Dunia Bisnis

Adanya pembukuan terhadap keuntungan maupun kerugian suatu usaha akan menghadirkan beberapa manfaat sebagai berikut:

  1. Menjadi Sebuah Tolak Ukur Perusahaan

Pada dasarnya, laporan laba rugi bermanfaat untuk mengukur kinerja perusahaan agar para karyawan tetap bekerja dengan baik. Sehingga, nantinya kesempatan dalam mengembangkan usaha semakin besar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan begitu, tolak ukur dari adanya laporan laba rugi berarti dapat memacu motivasi agar tetap bersemangat dalam menjalani persaingan dengan industri lain. Sehingga, keuntungan yang didapatkan tidak menurun.

  1. Untuk Melihat Resiko Bisnis ke Depan

Sebelum perusahaan benar-benar gulung tikar karena minimnya pendapatan bahkan banyak hutang, maka alangkah lebih baik jika Anda melihat resiko yang akan terjadi di waktu yang akan datang dalam sebuah laporan laba rugi.

Dengan melihat resiko tersebut, maka semua civitas perusahaan akan bisa membuat inovasi baru dalam mengatasi masalah kemunculan kerugian itu. Yang terpenting, semangat serta usaha untuk maju dan berkembang tetap ada.

  1. Menganalisa Strategi Perusahaan

Tentunya sudah diketahui bahwasanya untuk menjalankan misi sebuah perusahaan supaya tetap eksis diperlukan strategi tertentu. Nah, dalam rangka mengetahui seberapa berhasil strateginya, maka gunakanlah analisa terhadap laporan laba rugi.

Simak : Tips Berkebun yang Benar

Analisa itu akan menilisik lebih dalam apakah strategi yang telah diterapkan selama ini cocok atau tidak dengan melihat laba serta kerugianya. Jika memang strateginya perlu diubah, maka Anda harus mencari jalan keluarnya secepat mungkin.

  1. Mengevaluasi Kinerja Perusahaan

Laporan keuangan perusahaan dalam bentuk laba dan rugi dapat dijadikan sebuah evaluasi untuk meningkatkan pendapatan perusahaan pada bulan selanjutnya. Hal ini bertujuan agar lebih baik serta meminimalisir adanya kerugian dalam jumlah besar.

Selanjutnya, ketika perusahaan bisa berkembang dengan baik karena evaluasi itu, maka kebangkrutan serta pemutusan hubungan kerja pada karyawan akan bisa diminimalisir sebaik mungkin. Juga, ia akan dapat bersaing bersama industri atau usaha lain.

  1. Dapat Mengembangkan Perusahaan

Dengan melihat serta mengamati laporan rugi dan laba yang didapatkan setiap bulannya, maka perusahaan bisa mengantisipasi pengeluaran secara besar-besaran. Dimana hal tersebut bisa menyebabkan kebangkrutan berkepanjangan.

Nah, tujuan dari hal itu sebenarnya adalah untuk bisa mengembangkan perusahaan dalam bidang usaha supaya tetap memperoleh laba dengan menghindari kerugian sebaik mungkin. Sehingga, pendapatan akan semakin bertambah setiap bulanya.

Cek : Situs Pendidikan Terbaik

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat dibuatnya laporan laba rugi dalam sebuah bisnis industri besar ataupun rumahan. Semoga dengan adanya informasi ini, Anda akan mulai sadar untuk segera membuat pelaporan yang bersifat krusial dalam meningkatkan sebuah usaha.

Ikuti tulisan menarik Panduan Menulis lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler