x

Iklan

Mentari Pagi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Januari 2020

Minggu, 9 Februari 2020 19:41 WIB

Koperasi Harus Terus Maju


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kini sedang banyak isu ekonomi yang dibahas, setelah beberapa waktu lalu santer terdengar tentang riba bank, kemudian asuransi yang dikira aman, tetapi justru dalam internal manajemennya banyak terdapat masalah sehingga menyulitkan nasabah menarik uang. Memang betul, segala sesuatu yang berkenaan dengan barang panas bernama uang akan selalu banyak resiko dan perbincangan kabar burung. Ada baiknya kita sekarang coba menengok kembali salah satu pilar perekonomian yang pernah diusulkan founding father Indonesia, Moh. Hatta, yakni koperasi.

Koperasi adalah organisasi ekonomi yang kepemilikannya bersifat kolektif dan berdasar prinsip kekeluargaan. Sehingga dalam perwujudannya di lapangan, ada satu tujuan yang sama dan usaha yang sebanding untuk mencapai tujuan tersebut. Sayangnya hingga kini, koperasi justru kalah pamor dan tidak begitu dilirik oleh masyarakat. Koperasi umumnya kita jumpai dalam skala yang kecil hingga menengah. Namun baiklah, setidaknya masih ada angin sepoi yang berhembus.  

Satu yang paling sering terdengar adalah Koperasi Unit Desa atau KUD. Wajar bila sering terdengar, karena memang jenis koperasi ini umumnya memang hampir ada di tiap desa untuk memasarkan produk-produk pertanian maupun benih dan bibit. KUD sendiri berperan vital dalam roda perekonomian desa dan petani, sehingga harus terus hidup. Bupati Berau, H. Muharram sangat menyadari poin penting ini, sehingga saat HUT Koperasi 2019 silam, beliau mengungkapkan harapannya agar koperasi dapat terus berdaya. Pun beliau sendiri juga telah lama memendam harap untuk merevitalisasi KUD sebagai sarana koordinasi dengan petani.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Koperasi memang suatu bentuk badan usaha yang harus selalu dilanggengkan, dihidupkan dan dijaga bersama-sama, sebab jika merugi, tidak begitu terasa sebab dijalankan bersama-sama, dan keuntungan pun juga dirasakan bersama-sama. Jumlahnya memang tidak sebanyak dibandingkan dengan organisasi ekonomi lainnya, tetapi jika merujuk pada faktor keamanan dan stabilitas, maka tidak diragukan lagi, koperasi juru kuncinya.  

 

 

Ikuti tulisan menarik Mentari Pagi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB