5 Jenis Burung Pengicau Terpopuler di Indonesia - Urban - www.indonesiana.id
x

Marioline Jeslyn

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Maret 2020

Selasa, 17 Maret 2020 07:45 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • 5 Jenis Burung Pengicau Terpopuler di Indonesia

    Jenis burung pengicau paling populer dan digemari para kicaumania Indonesia. Burung-burung tersebut selain memiliki saura yang merdu, penampilannya juga sangat cantik dan menarik.

    Dibaca : 8.536 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Akhir-akhir ini banyak sekali perlombaan burung kicau diseluruh penjuru Tanah Air. Bahkan kontes burung sudah menjadi ajang yang bergengsi hingga diselenggarakannya Presiden Cup 5 tahun terakhir ini.

    Hal ini tentu berdampak pada meningkatnya daya tarik masyarakat pada burung pengicau. Banyak orang yang berbondong-bondong memelihara aneka jenis burung. Nah, apabila kamu juga tertarik memelihara burung, berikut ini 5 daftar burung kicau terpopuler versi Pawanghewan.co

    Jenis Burung Pengicau Populer

    1. Kacer

    Burung Kacer

    Burung kacer atau kucica kampung merupakan jenis burung pengicau yang sangat populer di Indonesia. Kacer memiliki nama latin Copsychus saularis, ia termasuk dalam suku Muscicapidae.

    Burung yang identik dengan bulu hitam putih ini sangat digemari kicaumania, sebab suara kicaunya sangat merdu, bervareasi dan bervolume tinggi.

    Keistimewaan lain dari burung kacer yaitu kepadaiannya menirukan suara burung lain, sehingga kacer sangat mudah diisi atau dimaster.

    Karena kacer termasuk burung yang istimewa bagi para kicaumania, harga pasarannya pun cukup tinggi, yaitu berkisar Rp 250 ribu untuk yang masih bakalan. Sedangkan untuk yang sudah gacor atau siap lomba, tentu harganya lebih tinggi.

    2. Murai Batu

    Burung Murai Matu

    Kicaumania mana sih yang gak kenal burung satu ini? Yap, murai batu sangat populer di kalangan kicaumania Indonesia.

    Murai batu masih satu suku dengan kacer yaitu dari suku Muscicapidae atau burung cacing. Ia memiliki nama ilmiah Copsychus malabaricus dan dikenal juga dengan sebutan kucica hutan.

    Burung murai batu memiliki penampilan yang mempesona, tubuhnya diselimuti bulu hitam mengkilat dan perpaduan cokelat terang yang nampak kontras. Beberapa jenis murai batu memiliki ekor yang menjuntai panjang.

    Selain memiliki penampilan yang menarik, murai batu juga memiliki suara yang indah. Alunan lagunya membuat banyak orang terpikat, bahkan sang presiden juga memiliki burung murai juga, loh.

    Karena kepiawaiannya berkicau dan keindahan tubuhnya, murai batu dibandrol dengan harga tinggi. Untuk yang masih trotolan saja sudah dihargai diatas 1 juta rupiah.

    3. Lovebird

    Burung Lovebird

    Lovebird atau burung cinta merupakan jenis burung pengicau terpopuler selanjutnya. Burung ini memiliki tubuh kecil dengan panjang tubuh rata-rata 13 - 17 cm.

    Menurut literatur yang tertulis di Wikipedia, ada 9 jenis lovebird ras asli yang ada di dunia ini. Delapan diantaranya berasal dari benua Afrika, sedangkan satu spesies lain berasal dari Madagaskar.

    Nama lovebird sendiri merujuk pada prilaku burung tersebut. Burung ini seringkali terlihat hidup berpasangan dan ketika sedang bertengger mereka saling berdekatan dan terlihat saling menyayangi satu sama lain.

    Meski burung lovebird bukan asli dari Indonesia, namun keberadaan burung ini sangat populer. Bahkan hampir semua kicaumania memeliharanya dirumah.

    4. Kenari

    Burung Kenari

    Kenari atau Serinus Canaria merupakan burung pengicau yang pertama kali ditemukan di Kepulauan Canary, Spanyol.

    Burung ini memiliki postur tubuh yang kecil dan terlihat seperti burung pipit. Pertama kali burung kenari masuk ke Indonesia yaitu di import dari Belanda. Kemudia para peternak lokal melakukan kawin silang hingga terciptalah berbagai jenis kenari seperti kenari f1, kenari loper, dll.

    Burung kenari tidak kalah populer dengan burung pengicau lain, suaranya yang cepat dan rapat membuatnya digemari para penghobi burung.

    Di pasar burung, kenari dibandrol dengan harga mulai dari Rp 100 ribu, semakin bagus jenis dan kualitasnya maka semakin mahal harganya.

    5. Pleci

    Burung Pleci

    Burung pleci atau burung kacamata merupakan salah burung terpopuler di Indonesia. Burung ini termasuk burung kecil, panjang tubuhnya hanya sekitar 15 cm.

    Ciri khas dari burung pleci yaitu lingkaran putih disekeliling kedua matanya sehingga terlihat seperti kacamata.

    Pleci memiliki suara yang lantang dan sering kali berisik. Variasi sauranya pun tak kalah menari dari burung pengicau lain.

    Karena termasuk burung yang banyak peminatnya, pleci dibandrol dengan harga yang cukup tinggi. Untuk yang baru mulai buka paruh saja dihargai seiktar Rp 170 ribu,-

    Bagaimana sobat, adakah jenis burung pengicau populer yang kamu pelihara dirumah? Jika belum, segera pilih salah satu jenis diatas, sebab menurut survey yang saya lakukan, kelima jenis diatas sangat digemari dan paling banyak kelas lombanya.

    Ikuti tulisan menarik Marioline Jeslyn lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.






    Oleh: web seo

    Minggu, 7 Agustus 2022 06:24 WIB

    Tip Merawat Sliding Door Mobil agar Tetap Awet

    Dibaca : 364 kali