10 Cara Berwisata yang Hemat - Travel - www.indonesiana.id
x

foto: MSN.com

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 18 Maret 2020 14:34 WIB
  • Travel
  • Berita Utama
  • 10 Cara Berwisata yang Hemat

    Dibaca : 375 kali

    Pergi berwisata sendiri atau sekeluarga ke tempat-tempat menyenangkan satu atau dua kali setahun adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Kita akan merasakan manfaat yang luar biasa dari berwisata. Namun masalahnya tidak setiap orang atau keluarga mempunyai anggaran yang cukup untuk berwisata.

    Nah, berikut ini adalah 10 cara bagi anda maupun keluarga yang ingin berwisata tetapi memiliki anggaran yang terbatas. Silahkan anda simak triknya agar anda bisa berwisata secara hemat tetapi memuaskan.

    1. Survei Destinasi

    Pastikan anda melakukan survei dahulu untuk menggali informasi mengenai negara atau tempat wisata yang akan dikunjungi. Survei bisa dilakukan dengan mencari informasi di internet, buku wisata, biro wisata, atau dari mereka yang sudah pernah mengunjungi tempat wisata incaran anda. Siapa tahu, dengan melakukan survei, anda akan mendapatkan diskon atau potongan harga tiket, hotel, dan lain-lain.

    2. Uang

    Ini yang terpenting! Jangan lupa membawa uang dalam jumlah cukup. Repot kan kalau anda kehabisan uang di perjalanan gara-gara salah perhitungan. Lebih baik bawa uang sedikit berlebih untuk dana cadangan. Anda harus ketat dalam melakukan pengeluaran dengan mencatatnya secara detail. Jangan lupa, tahan diri agar tidak tergoda berbelanja yang di luar kemampuan keuangan anda.

    3. Tiket

    Sudahkah anda memiliki tiket sesuai moda transportasi menuju tempat wisata anda? Untuk mengingatkan anda, pastikan informasi pariwisata yang dituju dapat selengkap mungkin agar tidak bingung. Jika naik pesawat, cek harga tiket murah atau promo. Jangan bosan-bosan mengecek harga setiap hari untuk mendapatkan tiket murah. Jika beruntung, anda akan mendapatkan tiket dengan harga miring. Ketika harga turun, segera lakukan pemesanan. Jika jadwal keberangkatan masih lama, anda harus mencatatnya agar tidak kelupaan.

    4. Utamakan Kenyamanan

    Berwisata dengan memakai moda transportasi pesawat terbang memang lebih cepat. Sayangnya, anda harus merogok dana lebih dalam. Jika anda ingin bersantai menikmati perjalanan darat, lakukan dengan mengutamakan kenyamanannya. Kelebihan perjalanan darat, anda bisa menikmati pemandangan sekaligus mendapatkan pengetahuan daerah yang anda singgahi.

    5. Hindari Musim Liburan

    Anggaran perjalanan anda akan lebih murah jika berwisata tidak di musim liburan, di awal atau akhir masa liburan. Sebisa mungkin, anda bisa berlibur pada saat yang tidak terlalu ramai orang. Sehingga privasi anda tidak terlalu terganggu.

    6. Layanan Gratis

    Carilah tempat penginapan atau hotel yang menawarkan promo spesial mulai dari tarif murah tapi dengan pelayanan terbaik. Misalnya, jika anda berlibur tiga malam akan mendapatkan gratis sehari atau pelayanan istimewa lainnya.

    7. Rental Mobil

    Yang perlu diperhatikan ketika berwisata di daerah adalah transportasi. Anda harus menyiapkan anggaran lebih untuk sewa mobil. Carilah rental mobil dengan harga murah tapi terpercaya. Anda bisa meminta referensi rental mobil dari hotel atau teman agar tidak tertipu.

    8. Pilih Destinasi Unik

    Anda harus pandai memilih destinasi wisata yang unik, punya ciri khas, dan berbeda dengan tempat lain. Atau bila perlu kunjungi tempat wisata yang jarang dijamah orang lain. Jangan terjebak promo tempat wisata yang tidak menarik tapi menguras anggaran. Jika itu yang terjadi, anda hanya mendapatkan kekecewaan bukan kepuasan.

    9. Gerilya Cenderamata

    Cenderamata menjadi buruan para wisatawan saat mengunjungi sebuah daerah. Pasar tradisional atau bergerilya langsung di tempat produksinya akan memuaskan anda. Selain bisa melihat langsung proses pembuatan, anda akan mendapatkan harga lebih miring dibandingkan harus pergi ke toko suvenir.

    10. Liburan Unik

    Anda tidak perlu memaksakan diri harus holiday ke manca Negara. Indonesia kaya akan tempat wisata yang unik, menarik, ekstrem hingga eksotis. Bahkan banyak destinasi wisata di Indonesia yang masih jarang dikunjungi wisatawan.

    Demikianlah beberapa cara yang layak anda coba agar anda bisa berwisata dengan hemat. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata.

    ***
    Solo, Rabu, 18 Maret 2020. 12:49 pm
    'salam kreatif penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.







    Oleh: ria mza

    Senin, 23 Maret 2020 15:59 WIB

    China Town Ala Jogja yang Instagramable

    Dibaca : 455 kali