Pantai Ngrawe, ‘Hidden Place Instagramable’ di Gunungkidul - Travel - www.indonesiana.id
x

widya ria

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Maret 2020

Jumat, 20 Maret 2020 19:27 WIB
  • Travel
  • Berita Utama
  • Pantai Ngrawe, ‘Hidden Place Instagramable’ di Gunungkidul

    Dibaca : 1.194 kali

    Mau liburan ke tempat yang nyaman? Asri? Indah? Cari udara segar? Atau malah mau cari spot foto yang instagramable? Sini, mampir dulu ke Gunungkidul, ada berbagai spot wisata yang bisa dijadikan referensi liburan anda. Gunungkidul menyuguhkan danau, sungai bawah tanah, gunung, pantai, dan masih banyak lagi destinasi wisata sebagai potensi dari kondisi geografi dan topografi yang dimiliki. Salah satu destinasi wisata yang mudah diingat dan selalu identik dengan Gunungkidul adalah pantai.

    Ya, Gunungkidul memiliki potensi wisata pantai yang indah dan beragam. Hal ini dikarenakan letak Gunungkidul yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Lebih dari itu, hal ini juga disebabkan karena kondisi topografi Kabupaten Gunungkidul zona selatan yang merupakan pengembangan wilayah Gunung Seribu. Dengan ketinggian 0-300 mdpl, batuan dasar pembentukannya ialah batuan kapur dengan ciri khas bukit-bukit kerucut dan merupakan kawasan karst. Karena batuan penyusunnya merupakan batuan kapur, oleh karena itu pasir pantai yang ada di Gunungkidul berwarna putih.

    Foto pantai ngrawe dari atas by @dhian_hardjodisastro

     

    Baru-baru ini, ditemukan pantai yang memiliki keindahan tanpa perlu diragukan lagi. Hamparan pasir putih dan air laut yang biru jernih akan memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung. Pantai Ngrawe namanya. Pantai ini terletak di desa Ngepung, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berada di antara Pantai Baron dan Pantai Kukup, Pantai Ngrawe bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum dengan waktu kurang lebih 2 jam dari kota Jogja dan sekitar 50 menit dari pusat kota Wonosari.

    Pantai Ngrawe dibuka untuk kunjungan wisatawan mulai dari pukul 07.00-17.00 WIB. Harga tiket masuk yang harus dibayarkan sudah termasuk harga tiket retribusi saat memasuki kawasan Pantai Selatan sebesar Rp 10.000,00. Hanya saja ada biaya parkir yang harus dibayar terpisah dari tiket retribusi sebesar Rp 3000,00.

    https://www.brobali.com/2019/12/pantai-ngrawe-gunung-kidul-jogja.html

     

    Awalnya, lokasi sekitar Pantai Ngrawe ini adalah kebun jagung. Hingga akhirnya saat ini dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat menarik. Karena awalnya merupakan kebun, maka tanah di sana dapat ditanami tanaman dengan subur. Pihak pengelola lalu memanfaatkan lahan ini untuk ditanami rumput, sehingga saat ini Pantai Ngrawe memiliki taman yang indah. Taman ini menjadi salah satu spot foto yang menarik bagi para wisatawan. Area taman sengaja dibuat sedemikian rupa sehingga bisa menjadi spot foto yang instagramable.

    Untuk menunjang fasilitas di Pantai Ngrawe, pihak pengelola menyediakan Gazebo, pendopo, toilet, mushola, dan spot-spot foto yang menarik. Akses menuju pantai pun terus diperbarui. Pantai Ngrawe yang notabene berada di balik gunung membutuhkan usaha ekstra untuk dapat sampai ke lokasi. Anda harus berjalan menanjak dan lumayan terjal dari area parkir lalu menuruni banyak anak tangga untuk bisa sampai ke titik utama Pantai Ngrawe.

    Tapi, anda tidak perlu khawatir. Usaha ekstra yang dilakukan akan terbayar dengan lunas ketika anda melihat indahnya pemandangan yang disuguhkan. Lagi-lagi Gunungkidul menjadi tempat berlabuh para pelancong yang haus akan keindahan. Jadi, jangan lupa tambahkan Pantai Ngrawe sebagai salah satu destinasi wisata tujuan anda ketika liburan nanti yaa.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.