Kali Suci, Surganya Sungai Bawah Tanah - Travel - www.indonesiana.id
x

widya ria

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Maret 2020

Kamis, 19 Maret 2020 17:34 WIB
  • Travel
  • Berita Utama
  • Kali Suci, Surganya Sungai Bawah Tanah

    Dibaca : 1.311 kali

    Apa sih yang terlintas dipikiran anda ketika ada yang menyebut Gunungkidul? Jawabannya pasti destinasi wisata dan liburan, iya kan? Tidak salah jika anda beranggapan demikian, Gunungkidul memang selalu identik dengan yang namanya tempat wisata. Gunungkidul merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Memiliki beragam potensi alam yang dapat memanjakan para wisatawan.

    Biasanya, Gunungkidul akan selalu identik dengan yang namanya pantai. Padahal, ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dan menjadi referensi liburan anda loh. Salah satunya ialah Kali Suci.

    Kali Suci terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Dusun Pacarejo, Desa Semanu, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Kalau di google maps ini nih alamatnya, koordinat GPS S8°0’34.76″ E110°38’21.36″. Terletak kurang lebih 12km dari pusat kota Wonosari.

    Perjalanan menuju Kali Suci bisa ditempuh dengan menggunakan motor ataupun mobil pribadi. Akses menuju lokasi sangat mudah sehingga wisatawan dapat menikmati keindahan alam selama perjalanan menuju destinasi ini.

    https://sewamobiljogja.id/goa-kalisuci/#iLightbox[gallery_image_1]/0

    Apa sih yang menarik dari Kali Suci? Jadi gini, Kali Suci merupakan sungai bawah tanah yang menjadi surga bagi para pecinta alam. Tak hanya bagi para pecinta alam saja, Kali Suci juga bisa memanjakan para wisatawan yang ingin memacu adrenalin dan ingin merasakan sensasi yang berbeda dari sebuah wisata susur goa.

    Kali suci menyuguhkan keindahan alam karst permukaan berupa bentukan depresi yang runtuh yang membentuk goa-goa vertikal dan bentukan positif berupa bukit karst berbentuk kerucut, sedangkan bawah permukaan berupa aliran sungai bawah tanah yang mengalir melalui goa-goa horizontal yang merupakan suatu sistem aliran sungai bawah tanah yang saling berhubungan satu-sama lain di kawasan karst Gunungkidul. 

    Wisatawan juga dapat menikmati indahnya stalaktit dan stalagmit, keindahan alam sekitar yang masih hijau, dan perasaan penuh tantangan ketika menyusuri Kali Suci.

    https://gpswisataindonesia.info/2015/04/petualangan-seru-cave-tubing-di-kalisuci/

     

    Bagi anda yang belum bisa berenang, jangan khawatir! Semua wisatawan akan dilengkapi dengan peralatan yang aman sesuai standard dan akan ditemani oleh pemandu yang siap mengajak anda menyusuri Kali Suci dan Luweng Glatik (goa Glatik). Dengan membayar paket seharga Rp 120 ribu/orang bagi wisatawan domestik dan Rp 200 ribu/orang bagi wisatawan asing anda bisa mendapatkan semua fasilitas lengkap yang telah disediakan pihak pengelola.

    Oh iya teman, asyiknya lagi, biaya masuk Kali Suci ini gratis loh. Anda hanya akan dikenai biaya jika ingin melakukan susur goa saja. Menarik bukan? Tapi kalau udah jauh-jauh sampai lokasi dan nggak mencoba susur goa ini dijamin kalian bakalan nyesel deh.

    Selain menyediakan fasilitas lengkap untuk melakukan susur goa, pengelola Kali Suci juga menyediakan berbagai fasilitas seperti tempat parkir yang luas, kamar mandi, mushola, dan kantin. Semua fasilitas yang ada dikelola dengan baik oleh pokdarwis Kali Suci. Yuk tak perlu pikir panjang untuk mengunjungi destinasi wisata ini. Dijamin nggak akan nyesel dan bakalan nagih.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.