x

Baju Adat Jambi, Bengkulu dan Lampung Yang Khas Indonesia

Iklan

amelia sarah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 November 2019

Senin, 6 April 2020 06:19 WIB

7 Baju Adat Jambi, Bengkulu dan Lampung yang Khas Indonesia

Baju Adat Jambi, Bengkulu dan Lampung Yang Khas Indonesia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jambi merupakan salah satu provinsi yang berada di Pulau Sumatera dengan mayoritas penduduknya adalah suku Melayu. Tak hanya terkenal dari destinasi wisatanya, Jambi juga terkenal akan kebudayaannya salah satunya adalah pakaian adat.

Pakaian Adat Jambi

• Pakaian adat baju Kurung Tanggung

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pakaian adat Kurung tanggung ini merupakan pakaian adat yang digunakan oleh wanita. Pakaian ini terbuat dari bahan kain beludru dengan dilengkapi selendang, ikat pinggang, dan tutup dada. Untuk bagian bawah biasa memakai sarung songket yang berwarna merah berasal dari hasil tenunan benang sutera.

• Pakaian adat Kurung tanggung pria

Pakaian adat Kurung tanggung pria ini berbeda dengan busana adat kurung tanggung wanita. Pada pakaian adat pria Jambi ini biasanya menggunakan kopiah dan juga celana hitam dengan model yang melebar di bagian bawahnya.

Baju Adat Bengkulu

Provinsi ini mempunyai keunikan tersendiri. Provinsi Bengkulu mempunyai kekayaan nilai-nilai budaya yang sudah terpupuk sejak zaman dahulu yang masih terjaga dengan baik hingga saat ini salah satunya adalah pakaian adat.

• Pakaian adat Bengkulu untuk Wanita

Untuk pakaian adat Bengkulu wanita mempunyai kesamaan dengan pakaian adat Melayu yang bentuknya baju kurung lengan panjang dan terbuat dari bahan kain beludru. Baju kurung ini mempunyai motif-motif hiasan sulaman emas dengan bentuk bulat-bulat yang menyerupai lempengan uang logam.

• Pakaian adat Bengkulu untuk Laki-laki

Pakaian adat Bengkulu yang dikenakan oleh kaum pria terdiri dari jas, celana panjang, sarung, tutup kepala, alas kaki, dan dilengkapi dengan sebuah keris. Jas yang digunakan adat Bengkulu biasanya berwarna gelap seperti warna hitam, dan biru tua serta menggunakan kain berkualitas tinggi seperti wol dan sejenisnya.

Baju Adat Lampung 

Lampung merupakan sebuah provinsi dengan julukan kota pisang ini mempunyai kekayaan budaya yang sangat memesona. Salah satu budaya yang paling menonjol adalah pakaian adatnya.

• Pakaian adat Tulang Bawang

Baju adat Lampung terkenal dengan nama yang unik yaitu Tulang Bawang. Pakaian tradisional ini sampai sekarang masih dilestarikan, meskipun penduduknya berasal dari berbagai suku. Pakaian adat Lampung tulang bawang ini biasa digunakan untuk acara nikahan, tari sebagai simbol penghormatan budaya Lampung.

• Pakaian adat Lampung untuk Laki-laki

Pakaian adat yang dipakai kaum pria adalah  baju lengan panjang dan warnanya putih, kemudian celana panjang warna hitam, sarung tumpal, serta sesapuran dan khika akhir. Meskipun sederhana akan tetapi semakin menambah efek karismatik siapa pun pria yang memakai.

• Pakaian adat Lampung untuk wanita

Pakaian adat Lampung ini digunakan oleh pengantin wanita. Pakaian ini tidak jauh berbeda dengan pakaian laki-laki. Sesapuran, khikat akhir, sarung rumpai (tipis) juga terdapat dalam pakaian ini. Akan tetapi, pada pakaian wanita terdapat aksesoris lain seperti Selappai, bebe, katu tapis dewa sano, yang menambah nilai filosofinya.

Ikuti tulisan menarik amelia sarah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler