Ternak Burung Kenari Skema Koloni Gampang serta Memberikan Keuntungan - Urban - www.indonesiana.id
x

Burung Kenari

Marioline Jeslyn

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Maret 2020

Senin, 4 Mei 2020 06:15 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Ternak Burung Kenari Skema Koloni Gampang serta Memberikan Keuntungan

    Cara Ternak Burung Kenari menggunakan skema koloni supaya gampang serta memberikan keuntungan yang lebih besar. Kenari merupakan burung kicau yang populer di kalangan pecinta burung di Indonesia, sehingga untuk memasarkan kenari sangatlah mudah.

    Dibaca : 10.663 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Langkah Ternak Burung Kenari Skema Koloni – Burung Kenari salah satu tipe burung yang terkenal di lapisan kicau mania sebab suara burung kenari sangat merdu serta mempunyai warna bulu yang memesona. Jadi tak heran jika banyak yang suka dengan burung ini. Disamping itu banyak pula orang yang berternak burung kenari. Salah satunya bertenak burung kenari yang paling memberikan keuntungan yaitu dengan skema koloni.

    Skema ternak koloni ialah langkah beternak burung kenari dengan menempatkan beberapa pasang burung kenari pada satu sangkar yang memiliki ukuran luas. Dengan demikian induk kenari jantan serta betina bisa pilih pasangannya sendiri.

    Ada banyak keuntungan yang didapat dengan berternah kenari, seperti memperoleh keuntungan lebih saat jual burung kenari pada harga yang tinggi. Tetapi bergantung dari kualitas kenari yang anda jual. Bila anda berternak dengan beli burung waktu kecil serta lakukan perawatan secara benar, karena itu bisa membuahkan kenari bermutu dengan bulu memanjakan mata serta suara yang gacor.

    Untuk memperoleh burung kenari yang bermutu, berikut langkah berternak burung kenari dengan skema koloni gampang serta memberikan keuntungan.

    Ternak Burung Kenari

    Langkah Ternak Burung Kenari Skema Koloni

    1. Persiapan Kandang

    Langkah pertama untuk mengawali ternak burung kenari yakni terlebih dulu mempersiapkan kandang. Buat kandang sesuai kemampuan kenari yang akan anda ternak. Bila dengan skema koloni karena itu buat kandang yang lumayan luas. Bikinlah sangkar di ruang terbuka serta mengatur tempat sangkar ternak di lokasi yang aman dan nyaman buat kenari.

    Disamping itu, buat kandang demikian rupa supaya sangkar ternak kenari terima cahaya matahari. Dianjurkan untuk bikin 1/3 atap sangkar memakai atap yang transparan supaya cahaya matahari bisa masuk. Sebab burung kenari yang diternak dengan cara koloni harus mendapatkan cahaya mentari yang cukup, supaya kenari masih sehat dan tidak gemuk. Seharusnya beri lampu di dalamnya untuk penerangan di saat malam hari minimum neon 10 watt.

    2. Panduan Pilih Indukan

    Untuk ternak skema koloni seharusnya pilih indukan dengan ciri-ciri pendiam baik jantan serta betina untuk menahan kenari ngamuk saat dikumpulkan dikandang. Disamping itu, pilih indukan yang awalnya telah berproduksi sebab kenari semakin lebih cepat bertumbuh biak.

    Ciri indukan kenari jantan yang dapat jadikan indukan yakni kenari yang tidak sakit, gacor, mempunyai warna memanjakan mata serta cerah. Disamping itu pilih pejantan yang telah ada tonjolan kemerahan di bawah yang disebut sinyal burung siap kawin apabila didekatkan dengan betina gacoran bertambah lebih keras.

    Sedang indukan betina pilih yang sehat serta siap kawin, dan pilih indukan betina yang mempunyai nafsu makan tinggi serta mempunyai warna bulu cerah.

    Pada sebuah kandang koloni, jumlahnya pasangan kenari yang baik dapat 1 pejantan 4 betina atau dua pejantan 8 betina.

    3. Pemberian Pakan

    Pakan adalah hal penting yang perlu dilihat dalam lakukan ternak burung kenari. Tipe pakan yang diberi berlainan, seperti pakan inti serta extra feed. Makanan inti burung kenari ialah biji bijian, sedang biji mix dapat berbentuk kombinasi pakan biji-bijian 40% canang seed, 20% biji sami, 15% miger seed, 12.5% milet putih serta 12.5% untuk milet merah.

    Disamping itu anda dapat juga memberi telur puyuh rebus serta sayuran dengan cara berpola supaya burung kenari lebih sehat.

    4. Kelengkapan Alat Ternak Skema Koloni

    Tidak hanya cara-cara di atas, anda pun butuh mempersiapkan beberapa alat untuk fasilitas pendukung dalam sangkat, seperti sediakan tempat minum, wilayah pakan dan tempat sarang kenari bertelur. Beri tempat minum dan makan lebih dari 1 tempat untuk meminimalkan kenari berkelahi.

    Buat sarang melewati jumlahnya kenari betina serta berikan jarak antar sarang minimal 50 cm. dan upayakan setiap sarang dikasih macam tanaman atau bunga yang dibuat asal plastik. Langkah ini untuk menahan kenari terganggu oleh burung yang lain di saat bertelur. Disamping itu, siapkan bahan sarang kenari supaya kenari bisa membuat sarang selekasnya.

    Kelebihan serta Kekurangan Ternak Skema Koloni

    Kelebihan Ternak Skema Koloni

    • Ternak skema koloni lebih praktis serta praktis, sebab anda tidak butuh menjemur kenari tiap pagi.
    • Lebih mengirit waktu di saat pemberian makan hanya karena memberi makan pada satu kandang saja.
    • Anda tidak disibukkan dengan menjodohkan kenari, sebab kenari akan cari pasangannya sendiri.
    • Kenari lebih gesit serta sehat sebab dapat terbang lebih bebas.

    Kekurangan Ternak Skema Koloni

    • Kenari jantang lebih terforsir sebab mengawini beberapa betina sekaligus juga.
    • Kenari beresiko berkelahi hebat sebab semua sama-sama berhubungan pada sebuah kandang yang sama.
    • Kenari yang sedang berproduksi lebih mempunyai potensi terganggu oleh kenrai yang lain.
    • Bila salah satunya kenari sakit, akan cepat menyebar ke kenari yang lain.
    • Susah mengatur kenari saat telah siap bertelur atau mungkin kenari jantan sedang mabung

    Itu info yang diberi mengenai Langkah Ternak Burung Kenari Skema Koloni . Mudah-mudahan info yang diberi berguna serta dapat jadikan untuk sumber literasi buat pembaca

    Ikuti tulisan menarik Marioline Jeslyn lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.






    Oleh: web seo

    Minggu, 7 Agustus 2022 06:24 WIB

    Tip Merawat Sliding Door Mobil agar Tetap Awet

    Dibaca : 364 kali