x

Iklan

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 2 Juli 2020 06:05 WIB

Investasi Saham Kini Berteknologi Fingerprint

Sensor scanning sidik jari untuk keperluan verifikasi identitas untuk masuk ke akun IPOT ini kini menjadi lebih personal karena selama ini akun masih diamankan dengan menggunakan password atau ID.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sudah kebayang investasi (transaksi jual-beli) saham dengan teknologi fingerprint? Tak perlu dibayangkan sih, tetapi baiknya dipraktikkan saja karena saat ini sudah ada update teknologi investasi saham dengan menggunakan fingerprint login.

PT Indo Premier Sekuritas dengan aplikasi terbarunya yang bernama IPOT meng-update sistem keamanannya secara lebih personal, yakni dengan teknologi pemindai sidik jari atau fingerprint recognition.

Sensor scanning sidik jari untuk keperluan verifikasi identitas untuk masuk (login) ke akun IPOT ini kini menjadi lebih personal karena selama ini akun masih diamankan dengan menggunakan password atau ID. Saat ini, untuk login sudah dilengkapi dengan teknologi fingerprint.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seiring dengan perkembangan zaman, sistem keamanan password atau ID menjadi kurang personal. Fingerprint menawarkan cara akses atau login yang lebih personal. Fingerprint tidak bisa dipalsukan, karena setiap manusia memiliki sidik jari yang unik dan berbeda satu dengan yang lainnya.

Sidik jari yang memang personal dan rumit ini biasanya terlihat sangat jelas saat melakukan cap jari dengan tinta. Sidik jari ini terdiri atas banyak garis menonjol yang cenderung melingkar-lingkar.

Cara kerja fingerprint ini sendiri sejatinya sangat mudah, yakni dimulai dengan merekam sidik dan menyimpan pola khasnya. Cara mengidentifikasinya pun mudah yakni dengan mencocokkan pola unik yang telah tersimpan dan jika sama maka akses otomatis terbuka seketika.

Sistem keamanan yang sangat personal ini makin mengamankan aplikasi IPOT yang selama ini memang telah terlapisi sistem keamanan mumpuni karena sudah terproteksi dengan sistem keamanan SSL 256 bit dan three layer security, yaitu level password, randomized numerical PIN dan OTP (One Time Password) serta terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Level passwordnya sendiri terdiri atas kombinasi (minimum) 8 digit angka, huruf dan spesial karakter. Level randomized numerical PIN adalah sistem pengacakan 10 digit nomor yang hanya bisa dipilih melalui klik atau layar sentuh hasil kreasi team IT Indo Premier. Lapis keamanan ini mampu mengantisipasi malware seperti key-logger.

Sementara itu, level OTP sendiri berupa password acak dan unik yang dikirimkan melalui SMS kepada pengguna dengan masa berlaku 3 menit. Dengan sistem keamanan lapis tiga ini data pribadi di akun IPOT aman dan terlindungi dari ancaman hacker yang mencoba membobol rekening. Apalagi, rekening di bank dibuat atas nama kita sendiri.

Alhasil, penambahan teknologi fingerprint makin memudahkan dan mempercepat akses untuk bertransaksi jual-beli saham, tetapi tetap aman dan tidak mudah dibobol karena keunikan masing-masing sidik jari.

Ikuti tulisan menarik Dhea lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler