Pesona Candi Barong di Yogyakarta - Travel - www.indonesiana.id
x

Tourism Behavior.Com

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Juli 2020

Minggu, 2 Agustus 2020 18:45 WIB

  • Travel
  • Berita Utama
  • Pesona Candi Barong di Yogyakarta

    Candi Barong adalah satu satu candi yang tersebar di daerah istimewa Yogyakarta. Candi Barong terletak terletak di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Dowang Sari, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman. Disebut Candi Barong karena terdapat hiasan kala di relung tubuh candi yang tampak seperti Barong.

    Dibaca : 1.450 kali

    Candi Barong terletak terletak di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Dowang Sari, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Disebut Candi Barong karena terdapat hiasan kala di relung tubuh candi yang tampak seperti Barong.

    Keberadaan Candi Barong yang juga bernama Candi Sari Suragedug disebutkan dalam Prasasti Ratu Baka (856 M) dalam bahasa Sansekerta dan ditulis menggunakan huruf Jawa kuno. Dalam prasasti tersebut diceritakan tentang seorang raja bernama Sri Kumbaja atau Sri Kalasodbhava yang membangun tiga lingga. Ketiganya adalah Krttiwasalingga dengan pendamping Dewi Sri, Triyarbakalingga dengan pendamping Dewi Suralaksmi, dan Haralingga dengan pendamping Dewi Mahalaksmi. Diperkirakan bangunan yang dimaksud adalah Candi Barong.

    Dalam Prasasti Pereng (863 M), yang juga ditulis dalam bahasa Sansekerta dengan menggunakan huruf Jawa kuno, disebutkan pada tahun 784 Saka (860 M) Rakai Walaing Pu Kumbhayoni menganugerahkan sawah dan dua bukit di Tamwahurang untuk keperluan pemeliharaan bangunan suci Syiwa bernama Bhadraloka. Para ahli berpendapat Sri Kumbaja atau Sri Kalasodbhava adalah Pu Kumbhayani dan bangunan Syiwa yang dimaksud adalah Candi Barong.

    Dalam hal sarana dan prasarana, akses transportasi di kawasan candi Barong sangat baik. Tetapi dalam segi akomodasi di kawasan candi Barong masih kurang, karena itulah banyak pengusaha yang berminat membangun akomodasi di sekitar kawasan Candi Barong.

    Sekian terimakasih.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.