3 Manfaat Tertawa yang Mungkin Belum Anda Ketahui. - Pilihan - www.indonesiana.id
x

Anas Muzaki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Selasa, 4 Agustus 2020 07:50 WIB

  • Pilihan
  • Berita Utama
  • 3 Manfaat Tertawa yang Mungkin Belum Anda Ketahui.

    Tertawa tidak sepenuhnya hanya menghabiskan waktu dan tenaga, tetapi tertawa memiliki manfaat juga, loh. Misalnya, tertawa dapat meningkatkan jumlah dan fungsi sel-sel dalam sistem imun tubuh. Peningkatan jumlah dan fungsi sel-sel dalam sistem imun tubuh ini akan berpengaruh terhadap kemampuan sistem kekebalan tubuh Anda dalam melawan infeksi.

    Dibaca : 1.311 kali

    Komedi adalah salah satu hiburan yang murah dan mudah ditemukan dimana saja. Dari komedi kita bisa mendapatkan sesuatu yang tidak bisa kita dapatkan dari bentuk hiburan lainnya yaitu tertawa. Dengan komedi kita bisa memicu tawa dan membuat segalanya lebih baik.

    Beberapa orang mengatakan bahwa tertawa terbahak-bahak terlihat kekanak-kanakan, kurang berwibawa dan konyol. Akan tetapi sebenarnya tertawa juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kita, loh.

    Apa saja manfaat yang kita dapatkan dari tertawa? Berikut ini beberapa manfaat tertawa yang perlu Anda ketahui.

    Meredakan Stres

    Saat tertawa secara sadar maupun tidak, beban pikiran Anda berkurang dan Anda akan merasa lebih lega sehingga tingkat stres turun. Hal ini terjadi karena terjadinya penurunan produksi hormon-hormon pemicu stres dan peningkatan hormon endorfin (hormon kebahagiaan) saat Anda tertawa.

    Oleh karena itu, ketika Anda banyak pikiran dan merasa stres, daripada meredakannya dengan hal-hal negatif, lebih baik redakan stres Anda dengan tertawa karena tertawa mudah serta murah untuk dipicu, untuk tertawa Anda tidak butuh banyak uang.

    Di zaman sekarang hiburan komedi juga tersedia dimana-mana tak terkecuali di internet. Di internet Anda bisa menemukan hiburan komedi seperti cerpen lucu di Okeylah.com, stand up comedy, sketsa komedi, dan meme.

     

    Menyehatkan Jantung

    Tertawa juga bisa menyehatkan jantung. Tertawa dapat menurunkan hormon-hormon pemicu stres, mengurangi peradangan pada arteri, dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Hal ini akan berdampak baik bagi kesehatan jantung Anda.

    Faktor lainnya yang bisa menyebabkan hal ini adalah terjadinya peningkatan aliran oksigen di dalam peredaran darah dan memicu pelepasan nitrogen oksida saat tertawa. Nitrogen oksida merupakan zat kimia yang melindungi jantung dengan cara mengurangi peradangan dan mencegah pembentukan plak kolesterol.

     

    Meningkatkan Kekebalan Tubuh

    Tertawa dapat meningkatkan jumlah dan fungsi sel-sel dalam sistem imun tubuh. Peningkatan jumlah dan fungsi sel-sel dalam sistem imun tubuh ini akan berpengaruh terhadap kemampuan sistem kekebalan tubuh Anda dalam melawan infeksi.

    Karena hal ini, sangat disarankan bagi Anda untuk menyempatkan tertawa disaat berjalannya masa PSBB saat ini dan juga tentunya di hari-hari normal di sela-sela kesibukan Anda.

    Demikian beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika Anda tertawa. Tertawa dapat dengan mudah dipicu dengan hiburan komedi dan hiburan komedi bukanlah huburan yang mahal serta dapat dengan mudah ditemukan di mana saja. Manfaat tawa sangatlah bagus dan pemicu tawa yaitu hiburan komedi juga mudah untuk didapatkan, oleh karena itu isilah hari-hari Anda dengan tawa dan selalu penuhilah kadar asupan tawa harian Anda.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.