Inilah Jenis Burung Merak Di Seluruh Dunia yang Perlu Anda Kenali - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Marioline Jeslyn

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Maret 2020

Rabu, 5 Agustus 2020 05:52 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Inilah Jenis Burung Merak Di Seluruh Dunia yang Perlu Anda Kenali

    Burung merak dikenal sebagai burung yang memiliki kecantikan tubuh yang indah. Keindahan pada burung merak ini bisa dinikmati dari bulu ekor yang besar serta kepala yang berwarna cerah dan memiliki mahkota. Posisi ekor dengan bulu yang besar ini ternyata bukan hanya hiasan belaka karena pada burung jantan ekor tersebut digunakan untuk menarik perhatian burung betina selama musim kawin.

    Dibaca : 487 kali

    Di seluruh dunia ini ada ratusan jenis hewan mulai dari hewan darat, air, dan udara yang bisa kita temui. Setiap jenis hewan juga memiliki ratusan spesies berbeda yang berkeliaran di muka bumi. Beberapa jenis hewan banyak dijadikan peliharaan dan hidup berdampingan dengan manusia, namun ada beberapa hewan yang dibiarkan hidup di alam bebas.

    Pada beberapa jenis hewan yang hidup di alam bebas, sebagian spesies mulai diperhatikan pemerintah karena jumlahnya mulai menurun drastis sehingga perlu dilindungi agar tidak punah. Salah satu hewan yang termasuk dalam jenis ini adalah burung merak. Di seluruh dunia, jenis burung merak ini hanya ada 3 dan termasuk hewan yang langka.

    Burung merak dikenal sebagai burung yang memiliki kecantikan tubuh yang indah. Keindahan pada burung merak ini bisa dinikmati dari bulu ekor yang besar serta kepala yang berwarna cerah dan memiliki mahkota. Posisi ekor dengan bulu yang besar ini ternyata bukan hanya hiasan belaka karena pada burung jantan ekor tersebut digunakan untuk menarik perhatian burung betina selama musim kawin.

    Burung merak ini termasuk dalam familia ayam hutan atau yang sering disebut pheasant. 3 jenis burung merak yang ada di dunia ini ternyata keberadaanya mulai jarang terlihat karena jumlahnya yang memang cukup langka. Karena hal ini, burung merak saat ini mayoritas berada di suaka margasatwa maupun cagar alam.

    Unggas ini sebelumnya banyak ditemukan di negara-negara asia seperti India, Pakistan, Nepal, Bhutan, dan Srilanka. Namun saat ini, Burung merak hanya menyisakan beberapa jenis yang keberadaannya dilindungi oleh pemerintah. Agar bisa lebih mengenal burung indah yang satu ini, berikut pemaparan mengenai varian burung merak yang bisa Anda pelajari.

    Jenis Burung Merak Di Seluruh Dunia

    Burung Merak Biru

    Jenis burung merak yang pertama adalah burung merak biru atau yang sering disebut indian peacock. Indian peacock ini sebelumnya banyak ditemukan di wilayah Asia Timur. Burung Merak Biru in berwarna biru cerah pada wajah dan juga ekornya. Selain itu, bulu-bulu ekor burung merak biru ini memiliki pola titik-titik yang berbentuk mata.

    Anda bisa melihat keindahan bulu ekor tersebut saat burung merak mulai mengembangkan ekornya dengan sempurna. Burung merak membutuhkan waktu berkisar antara lima hingga enam tahun hingga bulu ekornya benar-benar menampilkan pola dan warna yang indah. Meski butuh waktu yang cukup lama untuk menyempurnakan bulu ekornya, namun Anda pasti akan merasa puas saat melihat keindahan tersebut.

    Suara burung merak biru juga terdengar sangat keras, terlebih ketika sedang memikat sang betina.

    Burung Merak Hijau

    Jenis burung merak selanjutnya adalah green peacock atau burung merak hijau yang berasal dari pulau Jawa. Karena pulau Jawa merupakan daerah asal dari burung merak ini, burung merak hijau juga sering dikenal sebagai burung merak Jawa. Sama seperti namanya, burung merak ini  berwarna hijau keemasan. Warna hijau yang dimiliki burung merak hijau lebih pekat dari warna biru yang dimiliki burung merak biru. Dengan perbedaan warna ini, kedua jenis burung ini bisa dibedakan dengan mudah.

    Burung merak hijau memiliki mahkota yang tegak di kepalanya. Adanya mahkota yang tegak tersebut membuat tampilan burung merak jantan terlihat lebih berani. Berbeda dengan burung jantan, burung merak betina cenderung memiliki tubuh yang lebih kecil. Hal ini berlaku pada semua jenis burung merak betina. Meski tubuhnya lebih kecil, namun burung merak betina tetap terlihat indah sama seperti burung merak jantan.

    Burung Merak Congo

    Congo peacock merupakan jenis ketiga dari burung merak yang masih bisa ditemui di dunia. Burung merak congo ini sedikit memiliki perbedaan dengan kedua jenis yang lainnya dari segi ukuran. Burung merak congo memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan burung merak hijau dan burung merak biru.

    Seperti diketahui bersam, burung merak dinilai sangat mirip dengan burung pegar. Diantara ketiga jenis merak, burung merak congo merupakan jenis yang paling mirip dengan burung pegar. Burung merak congo memiliki ekor yang tidak terlalu indah berbeda dengan jenis burung merak lainnya. Burung merak congo memiliki bulu yang berwarna biru cerah pada bagian atas tubuh serta sayapnya.

    Burung merak congo berasal dari Afrika dan memiliki jambul berwarna putih di kepalanya. Selain itu burung merak congo betina ternyata memiliki tubuh yang berwarna coklat serta bulu sayap dan belakang tubuh yang berwarna hijau mengkilap.

    Itulah 3 jenis burung merak yang masih bisa ditemui di dunia. Keindahan yang ditunjukkan oleh burung merak jantan dan burung merak betina ternyata memiliki perbedaan. Jika burung jantan memiliki bulu ekor yang indah dan mengkilap, burung betina memiliki bulu ekor yang kurang mengkilap.

    Selain itu, burung merak hijau betina memiliki bulu ekor yang berwarna hijau keabi-abuan tanpa adanya bulu penutup ekor. Setiap burung merak menunjukkan keindahan yang berbeda-beda. Uniknya ternyata keindahan pada bulu ekor ini bukanlah keindahan biasa tanpa manfaat lainnya.

    Pola warna pada bulu ekor burung merak biasanya berbentuk seperti mata sehingga saat bulu ekor dikembangkan, akan terlihat seakan-akan ada banyak mata pada burung merak tersebut. Hal ini sering digunakan beberapa jenis burung merak untuk melindungi diri dari serangan musuh.

    Pola mata yang ada pada bulu ekor tersebut terjadi karena adanya rambut-rambut kecil pada bulu yang mampu memantulkan cahaya. Pantulan cahaya berubah menjadi gelombang panjang dengan berbagai warna dan pada akhirnya membentuk bulatan kecil yang mirip dengan mata.

    Jika Anda kebetulan bisa melihat atau bertemu dengan burung merak, ada baiknya Anda tidak terlalu dekat saat melihat burung merak tersebut. Sama seperti hewan lainnya, burung merak juga bisa mengalami tekanan jika terlalu dekat dengan makhluk hidup lain yang belum pernah ditemuinya.

    Setiap jenis burung merak terutama burung merak betina menyukai suasana yang tenang. Jika Anda mendekati burung merak dan menimbulkan keributan yang membuat burung merak tidak nyaman, Anda bisa saja di anggap sebagai musuh.

    Saat burung merak menganggap Anda sebagai musuh, Anda bisa mengalami luka karena serangan yang tidak terduga dari burung merak tersebut. Meski burung betina tidak memiliki keindahan bulu ekor yang bisa digunakan untuk menakut-nakuti musuh, namun burung betina tetap memiliki sifat agresif.

    Sifat agresif yang berakhir penyerangan ini biasa terjadi saat burung merak betina merasa terancam seperti saat bertelur. Jika Anda mendekati burung merak yang sedang bertelur, Anda mungkin dianggap mengancam keselamatannya hingga memungkinkan diri Anda untuk di serang

    Mengenal jenis burung merak dan informasi-informasi yang berkaitan dengan burung merak akan memberikan manfaat yang baik bagi Anda. Dengan mengetahui informasi mengenai burung merak, Anda bisa mengetahui bagaimana cara bersikap daat berada di sekitar burung merak. Memberikan kenyamanan pada hewan yang Anda temui akan membantu melestarikan hewan tersebut dan menghindari kepunahan.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.