x

Ilustrasi Membangun Kompleks Perumahan. Tempo.

Iklan

Helmy Kurniawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Agustus 2020

Senin, 10 Agustus 2020 06:43 WIB

6 Alasan Mengapa Asuransi Properti Penting bagi Anda

Asuransi properti adalah jenis asuransi kerugian yang melindungi harta benda atau aset Anda berupa rumah (bangunan) beserta isinya. Jenis asuransi ini terbagi menjadi dua kategori; asuransi kebakaran dan asuransi properti semua risiko.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Asuransi properti adalah jenis asuransi kerugian yang melindungi harta benda atau aset Anda berupa rumah (bangunan) beserta isinya. Jenis asuransi ini terbagi menjadi dua kategori; asuransi kebakaran dan asuransi properti semua risiko.

Proteksi Maksimal


Rumah beserta isinya merupakan properti berharga dengan nilai finansial terbesar. Aset tersebut harus mendapatkan perlindungan yang maksimal terhadap segala jenis risiko kerugian yang disebabkan oleh kerusakan, kerugian, atau gangguan lainnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kegagalan dalam menyiapkan perlindungan untuk aset berharga Anda dapat mengakibatkan kerugian yang dapat memperburuk situasi keuangan Anda. Terlebih lagi jika Anda tidak memiliki dana cadangan darurat yang cukup besar.

Berikut ini adalah beberapa item yang dijamin oleh asuransi properti, baik manfaat utama maupun tambahan.

  • Bangunan
    Perhiasan dan barang berharga lainnya
    Perlengkapan dan perabotan rumah tangga seperti sofa, meja, televisi, AC, DVD player, atau perangkat elektronik lainnya
    Tanggung penasehat hukum pihak ketiga
    Perlindungan kecelakaan diri yang disebabkan oleh insiden kerusakan bangunan
    Serta manfaat tambahan lainnya.

6 Alasan Mengapa Asuransi Properti Penting


Setidaknya ada enam alasan yang jelas mengapa asuransi properti sangat penting untuk Anda miliki. Berikut penjelasannya.

1. Melindungi Rumah dan Isinya
Fungsi utama asuransi properti adalah menawarkan perlindungan terhadap rumah Anda beserta isinya.

Perlindungan untuk properti Anda mencakup semua jenis risiko kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran, bencana alam, atau faktor lainnya. Ini juga mencakup risiko kerugian akibat pencurian atau tindakan kriminal lainnya, serta risiko gangguan lainnya.

Baca juga: Mengenal asuransi rumah

2. Menawarkan Rasa Aman
Adanya perlindungan asuransi properti terhadap risiko kerugian yang tidak pasti seperti kebakaran, bencana alam, pencurian, dan lain sebagainya tentunya memberikan Anda ketenangan pikiran dan kepercayaan sebagai pemilik aset.

Jika risiko tersebut terjadi dan Anda mengalami kerugian, perusahaan asuransi pasti akan memberikan kompensasi yang sesuai.

3. Memiliki Biaya Rendah
Untuk Kebijakan Standar Kebakaran Indonesia, nilai premi rata-rata diterapkan sangat rendah, yaitu sekitar 0,5 0 / 00 dari total nilai aset.

Misalnya, jika Anda memiliki rumah beserta isinya dengan nilai total Rp 1 miliar, maka premi yang Anda butuhkan untuk membayar adalah 0,5 0 / 00 kali 1000000000, yaitu Rp 500.000 per tahun.

Perhatikan rasio antara nilai pertanggungan dan nilai premi. Anda hanya perlu membayar premi yang sangat rendah untuk mendapatkan perlindungan maksimal untuk properti Anda yang sangat berharga.

Oleh karena itu, dengan biaya yang murah, aset properti Anda terlindungi dengan baik.

4. Ini Mengkompensasi Rusak atau Kehilangan Bangunan atau Properti
Asuransi properti memberikan kompensasi atas kerusakan atau kehilangan harta benda Anda. Istilah kompensasi adalah bahwa kerugian tersebut bukan disebabkan oleh kelalaian Anda sendiri.

5. Menjaga Gangguan Keuangan Jauh
Bayangkan jika seluruh bangunan rumah Anda beserta isinya terbakar habis. Anda pasti akan menderita kerugian finansial yang sangat besar. Biaya perbaikan dan penggantian semua properti itu pasti sangat besar.

Asuransi properti memberikan kompensasi atas kerugian tersebut, agar kondisi keuangan Anda tetap terjaga.

6. Ini Meliputi Tempat Sementara untuk Menginap
Jika risiko kerugian terjadi dan menyebabkan Anda kehilangan rumah, asuransi properti dapat memberi Anda tempat tinggal sementara secara gratis atau memberikan kompensasi kepada Anda untuk biaya sewa tempat sementara tersebut.

Kurangi Risikonya
Jika Anda sudah mengetahui alasan mengapa asuransi properti penting, mengapa Anda masih mengambil risiko meninggalkan properti tanpa perlindungan?

Meskipun risiko kerugian tersebut mungkin tidak terjadi pada properti Anda, memiliki asuransi properti akan berhasil meminimalkan dampak risiko tersebut.

Anda kemudian dapat memiliki kehidupan yang damai dan menyenangkan.

Ikuti tulisan menarik Helmy Kurniawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan