x

Iklan

Annn Mk1

First Year Informatics Student, Writer at Indonesiana.id
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Senin, 24 Agustus 2020 07:54 WIB

Manfaat Nasi Tiwul, Makanan Pengganti Nasi Khas Masyarakat Jawa

Selain sebagai pengganti nasi, ternyata tiwul juga memiliki berbagai manfaat loh. Apa saja manfaat tiwul tersebut? Simak baik-baik manfaat nasi tiwul di artikel ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tiwul adalah makanan tradisional pengganti nasi yang biasa dibuat dan dikonsumsi oleh masyarakat pedesaan Jawa. Makanan pengganti nasi ini terbuat dari singkong yang sebelumnya telah dikeringkan atau dijadikan gaplek lalu gaplek tersebut dihaluskan hingga menjadi butiran kecil.

Cara membuat Tiwul terbilang cukup mudah, tinggal disiram dengan air lalu dikukus. Kemudian ketika matang, tiwul bisa langsung disantap. Bisa juga diolah dengan campuran nasi. Karena rasanya yang hambar, tiwul bisa ditambahkan gula jawa dan taburan kelapa jika menginginkan rasa manis atau gurih.

Karena makanan ini terbuat dari bahan baku berupa singkong, tentunya makanan ini mengenyangkan, karenanya makanan ini sering dijadikan pengganti nasi oleh masyarakat Jawa. Masyarakat Jawa sendiri dulunya sering mengkonsumsi makanan ini karena beras yang sulit didapatkan. Namun, sekarang tiwul sudah jarang ditemukan dan dikonsumsi oleh masyarakat karena di zaman ini sudah tidak sesusah zaman dulu untuk mendapatkan beras.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain mengenyangkan layaknya nasi, tiwul juga memiliki manfaat lainnya loh, bahkan ada manfaat yang lebih baik dari yang bisa kita dapatkan dari nasi. Apa saja manfaat tiwul tersebut? Berikut ini manfaat Tiwul yang perlu Anda ketahui.

 

Manfaat Tiwul

  • Tiwul bisa dijadikan makanan sehat untuk para pelaku diet. Ini dikarenakan kandungan karbohidrat pada tiwul lebih rendah dari nasi putih sehingga membuat tiwul menjadi makanan yang bagus untuk menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan serat yang terdapat pada tiwul juga baik untuk kesehatan pencernaan.
  • Singkong sebagai bahan baku pembuat tiwul dikenal kaya akan kandungan vitamin B kompleks dan kelompok vitamin lainnya seperti halnya thianim, folates, piridoksin (vitamin B-6), asam pantotenat, dan riboflavin. Peran dari riboflavin sendiri adalah bisa membantu pertumbuhan tubuh serta memperoduksi sel darah merah untuk mengurangi anemia.
  • Singkong sebagai bahan baku pembuat tiwul juga dikenal memiliki kandungan protein yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan kentang, ubi, dan pisang. Oleh sebab itu tiwul sangat cocok bagi Anda yang saat ini sedang melatih daya tahan otot.
  • Selain sebagai makanan yang cocok untuk diet, nasi tiwul juga memiliki peran yang luar biasa untuk mencegah kanker. Tiwul juga memiliki kandungan vitamin B17 yang mampu menstimulasi kandungan sel darah merah. Hal ini bisa membuat sel kanker lebih mudah dicegah perkembangannya di dalam tubuh.

 

Demikian sedikit pembahasan saya mengenai nasi tiwul dan manfaat nasi tiwul yang bisa kita dapatkan apabila mengkonsumsinya. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membuat atau membeli nasi tiwul lalu mengkonsumsinya?.

 

Bagi orang Jawa yang notabenenya dahulu masih lumayan sering mengkonsumsi tiwul, pasti setelah melihat artikel ini menjadi teringat kembali masa lalu dan ingin mencoba mengkonsumsi tiwul kembali. Memang tiwul ini kalau sering mengkonsumsinya membuat bosan, namun jika sudah jarang malah membuat kangen.

 

Sekian artikel saya kali ini, semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa.

 

Sumber referensi : Sidikul

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Annn Mk1 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu