x

9 Aplikasi Sosial Media Anak Bangsa Terkeren 2021

Iklan

Noor Annisa Falachul Firdausi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Juni 2021

Selasa, 2 April 2024 19:15 WIB

4 Aplikasi Chat dengan Bule, Langsung Lancar Bahasa Asing

Belajar bahasa Inggris kini bukan hal yang sulit. Bermodalkan aplikasi gratis dan internet pun kita sudah dapat belajar bahasa Inggris secara gratis. Caranya dengan mengakses empat aplikasi untuk chat dengan bule ini. Kita dapat berlatih berbicara bahasa Inggris melalui penutur aslinya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Orang yang sedang belajar bahasa asing acap kali membutuhkan orang lain untuk diajak berlatih. Akan tetapi, banyak rintangan yang mungkin dihadapi oleh orang tersebut untuk berlatih, seperti tak memiliki teman dengan minat sama maupun pandangan sebelah mata yang membuat semangat belajar menjadi menurun. Solusi untuk masalah ini adalah dengan memasang aplikasi chat dengan bule, khususnya yang merupakan penutur bahasa asli (native speaker).

Hanya dengan bermodalkan smartphone dan kuota internet, kini siapapun dapat berkomunikasi dengan orang-orang di belahan bumi lain. Belajar bahasa Inggris dengan bule langsung pun bukan hal yang mustahil. Dengan aplikasi-aplikasi di bawah ini, siapapun dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan menulis dalam bahasa asing.

Slowly

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Aplikasi berlogo putih dengan ornamen khas surat ini memberikan pengalaman baru mengirim surat tanpa perlu membeli prangko. Konsep Slowly memang mengadaptasikan bertukar surat dengan orang lain. Maka tidak mengherankan kalau berkirim pesan di aplikasi ini membutuhkan waktu alias tidak secara real-time. Mengirim surat ke Amerika bisa memakan waktu seharian penuh, sementara ke Korea Selatan memerlukan waktu sekitar 15 jam.

Slowly mempunyai fitur explore manually dan auto-match untuk mencari penerima surat. Jika kita ingin mencari secara mandiri calon teman yang sesuai kriteria, kitabisa memanfaatkan fitur explore manually. Sementara itu fitur auto match bakal mencocokkan kita dengan sang penerima surat secara otomatis. Jadi kita tinggal langsung mengirim pesan ke pengguna yang terpilih itu.

Mengingat Slowly adalah aplikasi persuratan ala-ala, kita pun bisa mengoleksi prangko di sini. Prangko yang digunakan oleh pengguna lain untuk mengirim surat kepada kita bakal langsung masuk ke dalam koleksi prangko. Kita bisa menjadi filatelis digital, deh. Dan yang paling menyenangkan adalah pengguna Slowly tidak bakal terganggu oleh iklan!

Hello Talk

Aplikasi yang merupakan salah satu aplikasi Pilihan Editor ini memperbolehkan kita memilih satu bahasa ibu dan satu bahasa yang ingin kita latih. Soal mencari teman, Hello Talk bakal merekomendasikan pengguna lain yang bisa kita ajak mengobrol dengan acuan bahasa yang ingin kita pelajari. Jadi, kalau kita iingin belajar bahasa Spanyol, Hello Talk akan lebih banyak merekomendasikan pengguna penutur asli bahasa Spanyol di beranda.

Kelebihan dari Hello Talk adalah adanya moments. Fitur ini cukup serupa dengan Facebook karena sering digunakan oleh penggunanya untuk membuat dan berbagi postingan. Jadi selain mengobrol, kita juga bisa interaksi lewat postingan atau cari teman baru lewat tagar.

Tidak hanya sekadar like dan memberi komentar, kita juga bisa mengoreksi grammar teman di postingan tersebut. Jumlah koreksi yang sudah pernah kita lakukan bakal diakumulasikan dan bakal diperlihatkan di profil.

Selain itu, di Hello Talk terdapat kursus bahasa dan kelas live yang bisa kita ikuti. Ada pula gim sederhana dan podcast yang bisa kita dengarkan sewaktu senggang.

Tandem

Mirip seperti Hello Talk, aplikasi Tandem mencarikan teman ngobrol bagi para penggunanya dengan sistem rekomendasi. Para native speakers bahasa yang ingin kita pelajari akan diperlihatkan akunnya di beranda.

Tandem menyediakan komunitas khusus bagi para pengguna yang sedang belajar bahasa asing secara serius. Kelebihan lain dari Tandem adalah adanya fitur video call. Keinginan kita untuk melatih kemampuan speaking dengan ngobrol secara face to face and live dengan penutur bahasa asli bisa terfasilitasi lewat fitur ini. Terdapat juga fitur penerjemah di dalam aplikasi Tandem. In-app translation ini berupaya membantu pengguna yang kadang kesulitan buat menentukan istilah yang tepat dalam bahasa asing.

Bottled

Aplikasi chat dengan bule yang terakhir adalah Bottled. Ketika menyaksikan film Barat, kita tentu pernah melihat adegan seseorang memasukkan surat ke dalam botol dan menghanyutkannya ke laut. Aksi ini ditujukan agar suatu saat orang lain dapat membaca pesan mereka.

Konsep inilah yang diadaptasikan oleh Bottled. Kita dapat berteman dengan orang lain di seluruh dunia dengan cara melarungkan botol berisi pesan. Bottled memberikan tiga pilihan bagaimana botol kita akan berpetualang di lautan. Kita bisa memilih menjadi Sailor yang mencari pertemanan yang tulus, Pirate yang ingin mendapatkan teman baru, atau Treasure hunter yang ingin menemukan orang spesial. Tinggal tentukan mana yang paling cocok dengan tujuan kita.

Setelah menuliskan surat dan menghanyutkannya ke laut, orang asing di luar negeri akan menerima surat kita. Jika mereka memilih opsi “release” maka itu tandanya mereka tak tertarik untuk mengobrol dengan kita. Namun jika mereka mengeklik “keep”, akan ada surat balasan dari mereka. Sistem ini juga berlaku kepada kita karena suatu waktu kita akan mendapatkan surat dari orang asing dari luar negeri.

Itulah dia empat aplikasi chat dengan bule yang bisa dipasang di smartphone sebagai sarana untuk melatih kemampuan berbahasa asing. Sebagian besar fitur di aplikasi-aplikasi tersebut gratis sehingga bisa mengurangi pengeluaran untuk les bahasa asing.

Ikuti tulisan menarik Noor Annisa Falachul Firdausi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler