x

Iklan

Dian Pratiwi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Juli 2020

Minggu, 30 Agustus 2020 05:50 WIB

Tak Hanya Lezat, Ternyata Nasi Kotak Urap Juga Bermanfaat bagi Kesehatan

Tak hanya lezat. ternyata menyantap nasi kotak urap juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja yang manfaat sayur urap bagi kesehatan? Simak selengkapnya di sini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Nasi Kotak Urap

Setiap orang tentunya ingin memiliki tubuh yang sehat. Selain rutin berolahraga, rajin mengkonsumsi makanan bergizi seperti sayuran merupakan hal yang wajib dilakukan untuk mewujudkan keinginan memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Namun sayangnya tak sedikit orang yang kurang atau bahkan tidak menyukai sayuran. Padahal jika diolah dengan resep yang tepat, menu makanan dari sayuran tak kalah lezat dengan menu makanan yang terbuat dari daging.

Salah satu makanan yang terbuat dari sayur–mayur dan memiliki citarasa lezat adalah urap. Selain nikmati disantap sehari–hari, sayur urap juga sering digunakan sebagai hidangan untuk nasi kotak saat acara syukuran. Nasi kotak urap sendiri memiliki rasa yang segar, gurih, dan sedap temukan semua catering nasi kotak di nasikotakindonesia.com

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain lezat, karena dibuat dari berbagai jenis sayuran segar maka nasi kotak urap ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Coba cari tahu apa saja manfaat sayur urap bagi kesehatan selengkapnya di bawah ini.

Tentang Nasi Kotak Urap

Nasi Kotak Urap

Sayur urap merupakan menu makanan yang terbuat dari macam – macam sayuran, dan dikenal sebagai makanan khas Jawa. Namun pada dasarnya menu sayuran yang oleh masyarakat Jawa Tengah lebih dikenal dengan nama gudangan ini juga tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Jenis nasi kotak urap di beberapa daerah pun memiliki keunikan masing – masing, mulai dari bahan baku yang digunakan maupun cara penyajiannya. Contohnya, seperti sayur urap asal Sumatera yang disebut anyang, yang menggunakan daun pakis sebagai salah satu sayurannya. Kemudian juga ada urap latoh yang merupakan nasi kotak urap khas Kota Rembang, Jawa Tengah yang menjadikan rumput laut sebagai bahan utamanya, atau lawar, jukut urab, dan serombotan yang merupakan jenis sayur urap khas Pulau Dewata.

Walau jenis menu urap di Nusantara ada begitu banyak, namun pada umumnya sayur urap dibuat dengan bahan utama berupa sayur – sayuran, dan diberi bumbu berupa parutan kelapa untuk menghasilkan citarasa yang lezat. Sedangkan untuk jenis sayur urap yang banyak dijadikan sebagai sajian nasi kotak sendiri adalah urap yang berasal dari Pulau Jawa seperti trancam atau gudangan.

Sayur urap atau gudangan biasanya dibuat dari sayuran segar seperti daun bayam, tauge, kacang panjang dan juga wortel yang direbus. Sayuran yang sudah direbus tersebut kemudian ditiriskan hingga tidak ada air rebusan yang tersisa, lalu sayuran tadi akan diberi tambahan berupa kelapa parut yang sebelumnya sudah dikukus dan dibumbui dengan berbagai bumbu dapur dan rempah – rempah untuk menghasilkan sayur urap yang lezat. Sebagai pendamping, biasanya nasi kotak urap juga akan diberi lauk pelengkap seperti ayam panggang bumbu Bali, dan juga peyek kacang yang renyah.

Menariknya, nasi kotak urap yang kerap digunakan sebagai hidangan untuk berbagai acara selamatan atau hajatan ini juga memiliki filosofi tersendiri di kalangan masyarakat Jawa. Kata urap sendiri diambil dari Bahasa Jawa, urip yang berarti hidup. Bagi masyarakat Jawa zaman dahulu, sayur urap disimbolkan sebagai peringatan bagi para manusia yang terlahir di dunia ini harus hidup seimbang baik dalam menjalankan kehidupan sehari – hari maupun menjalankan kehidupan beribadah.

Manfaat Nasi Kotak Urap Bagi Kesehatan

Nasi Kotak Urap

Seperti yang diketahui jika sayur – sayuran memiliki berbagai kandungan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan baik untuk menjaga kesehatan. Seperti yang disebutkan jika nasi kotak urap dibuat dari berbagai macam jenis sayuran, yang meliputi bayam, tauge, kacang panjang, dan juga wortel. Bayam sendiri dikenal memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sedangkan wortel dikenal akan manfaat vitamin A nya yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Dan tague serta kacang panjang juga mengandung vitamin seperti vitamin C dan vitamin E.

Oleh sebab itu mengkonsumsi nasi urap kotak sayur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti beberapa manfaat berikut ini.

  • Melancarkan Pencernaan

Ada begitu banyak jenis sayuran yang digunakan untuk membuat menu nasi kotak urap. Berbagai sayuran yang digunakan tersebut membuat sayur urap memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain dapat membuat perut terasa kenyang dalam kurun waktu yang lebih lama, makanan berserat juga baik pencernaan sehingga mencegah terjadinya konstipasi.

Pencernaan yang lancar akan membantu tubuh untuk membuang racun – racun yang ada di dalam tubuh, yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit bahaya hingga masalah kulit seperti jerawat dan kulit kusam. Oleh sebab itu sangat penting bagi seseorang untuk memiliki siklus pencernaan yang baik.

  • Menjaga Imunitas Tubuh

Jenis sayur – sayuran yang dijadikan sebagai bahan untuk membuat nasi kotak urap dikenal memiliki berbagai macam kandungan vitamin dan nutrisi. seperti vitamin C salah satunya. Vitamin C sudah dikenal akan manfaatnya untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat membuat tubuh terhindar dari berbagai macam jenis penyakit yang disebabkan oleh virus maupun penyakit lainnya. Menjaga sistem kekebalan tubuh sangatlah penting bagi setiap orang, terutama di masa pandemi seperti saat ini.

 

  • Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Tak hanya mengkonsumsi susu, rajin mengkonsumsi berbagai jenis sayuran juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Manfaat ini juga yang bisa didapatkan dari nasi kotak urap. Pasalnya di dalam sayur urap yang digunakan untuk nasi kotak urap terdapat sayuran bayam yang dikenal kaya akan kandungan zat besi. Zat besi sendiri merupakan salah satu jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatan tulang.

  • Mencegah Kanker

Sayur – sayuran yang digunakan sebagai bahan pembuatan nasi kotak urap sayur tidak hanya mengandung zat besi dan mineral, namun juga diketahui mengandung berbagai vitamin, seperti A, C dan vitamin E. Masing - masing jenis vitamin tersebut dikenal sebagai sumber antioksidan, sehingga saat mengkonsumsi sayur urap Anda akan mendapatkan tiga jenis vitamin yang kaya akan antioksidan.

Antioksidan sendiri dikenal sebagai kandungan atau zat yang berfungsi melawan efek buruk dari radikal bebas yang dihasilkan oleh berbagai zat kimia maupun sinar UVA dan juga UVB. Radikal bebas juga menjadi salah satu faktor pemicu aktifnya sel kanker dalam tubuh manusia, yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit kanker. Oleh sebab itu mencukupi kebutuhan akan antioksidan sangat penting bagi semua orang untuk mencegah aktifnya sel kanker di dalam tubuh.

Selain itu kandungan antioksidan yang bisa didapat dari sayuran yang digunakan untuk membuat nasi kotak urap juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, seperti mencegah terjadinya flek hitam hingga kerutan pada kulit wajah.

  • Mencegah Anemia

Anemia merupakan istilah kesehatan yang ditujukan untuk seseorang yang mengalami masalah kekurangan sel darah merah di dalam tubuhnya. Ada berbagai faktor yang membuat seseorang mengalami anemia. Salah satunya adalah kekurangan zat besi. Selain mengkonsumsi multivitamin untuk penambah darah, secara alami mineral zat besi bisa didapatkan dengan mengkonsumsi sayur bayam, seperti yang terdapat di dalam nasi kotak urap.

Orang yang menderita anemia biasanya memiliki gejala, seperti tubuh menjadi lebih mudah merasa lelah, kurang konsentrasi, mual, pusing dan mengalami gangguan pada perut. Sel darah merah sendiri berfungsi membawa oksigen dari paru ke seluruh bagian organ dan sel tubuh, Sel darah merah juga memiliki fungsi untuk mengangkut kembali CO2 (karbondioksida) dari seluruh tubuh ke paru untuk dikeluarkan melalui sistem pernapasan. Selain sayur bayam, sayuran lain dalam nasi kotak urap yang mengandung zat besi adalah kacang panjang.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Selain bayam dan kacang panjang, serta wortel di dalam nasi kotak urap juga terdapat sayur kecambah atau yang juga biasa disebut tauge. Sama halnya dengan sayuran lainnya yang kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi, sayuran yang memiliki ukuran mungil ini juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah omega-3. Toge merupakan sumber nabati asam lemak omega-3, yang dikenal sebagai kolesterol baik. Asam lemak omega-3 sendiri dikenal akan manfaatnya yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Kandungan ini juga memiliki sifat anti-inflamasi alami, sehingga dapat mengurangi stres pada sistem kardiovaskular.

Bukan itu saja, salah satu sayuran yang terdapat di dalam nasi kotak urap ini juga mengandung kalium yang berfungsi dalam membantu mengurangi tekanan darah. Kalium merupakan agen pelebar pembuluh darah yang dapat menghilangkan ketegangan pada pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah dan proses penyaluran oksigen dalam tubuh dapat berlangsung dengan lancar. Sirkulasi darah yang baik juga dapat mengurangi pembekuan dan penyempitan pembuluh darah, serta menurunkan risiko terjadinya serangan jantung dan juga stroke. 

  • Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Otak

Asam folat dan beta karoten merupakan dua zat yang dikenal baik bagi kesehatan fungsi otak. Kedua kandungan tersebut pun bisa didapatkan dari sayur bayam dan juga wortel yang dibuat sebagai nasi kotak urap. Bayam dikenal sebagai salah satu jenis sayuran berwarna hijau yang memiliki kandungan asam folat cukup tinggi. Sementara wortel mengandung beta karoten, yang tak hanya  baik bagi kesehatan mata, namun juga dipercaya baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Bahkan klaimnya, rutin mengonsumsi makanan yang mengandung beta karoten mampu meningkatkan fungsi kognitif otak dan mengurangi risiko terjadinya kepikunan atau demensia.

Ikuti tulisan menarik Dian Pratiwi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler