5 Motif Batik Populer di Indonesia dan Ciri Khasnya - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Anas Muzaki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Senin, 21 September 2020 05:31 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 5 Motif Batik Populer di Indonesia dan Ciri Khasnya

    Kalau mengenai apa saja motif batik di Indonesia maka jawabannya adalah banyak dan penjelasannya akan sangat panjang jika diurai semua. Kali ini saya akan membahas 5 motif batik yang populer di Indonesia dan ciri khasnya.Simak selengkapnya di artikel ini.

    Dibaca : 430 kali

    Batik merupakan kain khas Indonesia yang telah digunakan sejak dahulu dan sampai sekarang masih sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dulu batik sangat umum digunakan sebagai pakaian sehari-hari masyarakat Indonesia, berbeda dengan sekarang yang sudah jarang menggunakan batik sebagai pakaian sehari-hari.

    Pada tanggal 2 Oktober 2009 ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non bendawi oleh UNESCO. Sejak saat itu batik meningkat popularitasnya dan menjadi sering digunakan sebagai pakaian formal banyak instansi negara dan sekolah-sekolah di Indonesia. 

    Tidak hanya sudah sering digunakan sebagai pakaian kembali di jaman sekarang ini, batik juga sekarang menjadi sering digunakan sebagai motif pada furniture, seprai, bantal, dan banyak dekorasi rumah, bahkan sekarang banyak produsen masker yang menggunakan motif batik.

    Bicara mengenai motif batik, tahukah Anda bahwa kain batik memilki beragam motif? Apa saja motif batik di Indonesia?

    Kalau mengenai apa saja motif batik di Indonesia maka jawabannya adalah banyak dan penjelasannya akan sangat panjang jika dijelaskan satu-satu, oleh karena itu kali ini saya hanya akan membahas 5 motif batik yang populer di Indonesia dan ciri khasnya.

     

    1. Batik Tujuh Rupa Pekalongan

    Motif batik Tujuh Rupa ini berasal dari Pekalongan. Pekalongan sendiri merupakan daerah yang dikenal sebagai pusatnya kain batik dan merupakan daerah pengrajin batik.Ciri khas batik Pekalongan yakni didominasi dengan motif tumbuh-tumbuhan dan hewan. 

     

    2. Batik Keraton

    Batik Keraton merupakan batik yang awalnya dibuat oleh para putri dan pengrajin batik yang ada di lingkungan Keraton. Dulunya batik Keraton ini hanya boleh digunakan oleh sebagian orang saja. Yang menjadi ciri khas dari batik keraton ini adalah adanya nuansa elegan dan sakral yang sangat kental serta sarat akan filosofi kehidupan. 

     

    3. Batik Megamendung

    Motif kain batik ini merupakan motif kain batik yang berasal dari daerah Cirebon. Motif batik Megamendung memiliki ciri khas berupa motifnya yang berisi bentuk awan besar dengan warna-warna cerah dan mencolok. Beberapa warna yang umum digunakan adalah biru, ungu, dan merah tua, hijau tua.

     

    4. Batik Solo

    Seperti namanya, motif kain batik ini berasal dari daerah Solo. Kain batik Solo ini memiliki motif yang khas berupa warnanya yang didominasi oleh warna coklat kekuningan (kalem) dan motifnya yang memiliki bentuk geometris pada setiap corak yang di ciptakan.

     

    5. Batik Betawi

    Tak hanya Jawa, dan bali saja yang memiliki motif kain batik khas, ternyata Jakarta juga punya motif kain batik sendiri. Kain batik Betawi memiliki ciri khas berupa pilihan warna-warna cerah yang mencolok dan motifnya yang unik dan khas Betawi seperti ondel-ondel, pucuk rebung, nusa kelapa, dan gambang kromong.

    Demikian 5 motif kain batik populer di Indonesia dan ciri khasnya yang bisa saya sampaikan. Setelah membaca artikel ini apakah Anda menjadi tertarik membeli kain atau barang-barang bermotifkan batik? Kain batik sendiri sekarang sangat mudah didapatkan, Anda bisa membelinya dari online shop, atau dari spot-spot tempat beli kain batik, Anda dapat dengan mudah menemukan spot tempat beli kain batik di internet. Contohnya saya menggunakan Google dan mencari tempat beli batik di solo, beberapa saat kemudian dengan sekejap berbagai tempat beli batik di solo pun langsung bermunculan.

    Sekian artikel saya kali ini, terimakasih telah meluangkan waktu untuk membacanya dan semoga artikel saya kali ini bisa memberikan Anda manfaat.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.