Dua Jenis Investasi Kekinian Buat Anak Muda di Hari Sumpah Pemuda 2020 - Analisa - www.indonesiana.id
x

Setyo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 28 Oktober 2020 19:12 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Dua Jenis Investasi Kekinian Buat Anak Muda di Hari Sumpah Pemuda 2020

    Dalam benak pikiran mereka investasi itu hanya kosa kata untuk orang-orang yang sudah dewasa dan mapan secara ekonomi. Kendala umum yang kerap dihadapi milenial adalah soal dana.

    Dibaca : 625 kali

    Ketika bicara investasi untuk kalangan anak muda dan milenial memang perlu upaya ekstra, karena di antara mereka ini kosa kata investasi masih jauh dari perbendaharaan kata sehari-hari.

    Pun hingga di Hari Sumpah Pemuda ke-92 ini, ketika berbicara tentang spirit atau semangat anak muda dalam investasi pun masih belum begitu kuat gaungnya, kendati gejala itu sebenarnya sudah mulai terasa.

    Dalam benak pikiran mereka investasi itu hanya kosa kata untuk orang-orang yang sudah dewasa dan mapan secara ekonomi. Kendala umum yang kerap dihadapi milenial adalah soal dana.

    Pikiran atau mindset mereka ini investasi butuh modal yang tidak sedikit. Alhasil, mereka ini abai dengan yang namanya investasi. Padahal, saat in sudah ada investasi yang cocok untuk milenial tanpa halangan yang signifikan seperti sebelumnya.

    Apalagi, investasi yang cocok untuk milenial dan anak muda bisa dilakukan dengan mudah karena sudah serba online. Tak semata-mata online-onlinenan biasa, investasi online ini sudah berbasis aplikasi, semisal aplikasi IPOT milik Indo Premier Sekuritas, sehingga memudahkan milenial dan anak muda yang memang sudah akrab dengan gadget.

    Investasi berbasis aplikasi yang sangat terjangkau untuk kalangan milenial dan anak muda ini adalah investasi reksa dana dan saham. Tidak seperti dengan masa lalu yang identik dengan modal gede hingga berjuta-juta rupiah, saat ini investasi reksa dana dan saham dengan modal Rp.100.000 saja sudah bisa dinikmati.

    Investasi Reksa Dana

    Reksa Dana diartikan sebagai Wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi (MI).

    Berbasis aplikasi, investasi reksa dana sudah sangat mudah karena setelah membeli reksa dana melalui aplikasi, investor tinggal duduk manis menunggu kinerja MI dalam mengelola reksa dana yang dibeli oleh milenial dan anak muda.

    Reksa dana ini menarik karena memiliki potensi keuntungan berupa imbal hasil (return) yang biasanya di atas bunga deposito. Ada 4 jenis reksa dana yang bisa dipilih,, mulai reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran dan reksa dana saham.

    Yang penting dilakukan dalam investasi reksa dana adalah membaca perspektus dan memilh MI yang sudah berpengalaman dalam mengelola dana yang diinvestasikan.

    Selanjutnya, perhatikan juga pemilihan reksa dana terbaik yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangannya agar hasilnya maksimal.


    Investasi Saham

    Saham adalah bukti kepemilikan suatu perusahaan yang merupakan klaim atas penghasilan dan kekayaan perseroan. Perusahaan yang sahamnya dapat dibeli di Bursa Efek Indonesia disebut Perusahaan Tercatat.

    Ketika seseorang membeli saham perusahaan tertentu maka sama artinya ia menjadi pemilik perusahaan, kendati dalam persentase yang sangat kecil.

    Menariknya, berbeda dengan di masa lalu yang identik dilakukan oleh mereka yang berduit, saat ini investasi saham sudah mudah dilakukan dengan modal yang sangat terjangkau. Dengan Rp.100.000 saja investasi reksa dana sudah bisa dilakukan.

    Tak mengherankan, kalau mau jujur, saat ini milenial mulai melek dengan investasi saham, karena bagi mereka ini modalnya terjangkau dan praktiknya bisa dilakukan dengan mudah.

    Nah, karena investasi saham ini terkenal sebagai investasi yang high risk, high return makanya analisis fundamental dan teknikal sebaiknya dipelajari terlebih dahulu agar cuannya maksimal.


    Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-92!



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.