x

Dampak seseorang yang mengalami kecanduan terhadap video atau permainan berbasis internet (game online) sangat besar. Seseorang yang mengalami adiksi, di samping mengalami keluhan secara fisik juga mengalami perubahan struktur dan fungsi otak.\xd \xd Demikian pernyataan salah seorang praktisi kesehatan jiwa, dr. Kristiana Siste, SpKJ(K) saat ditemui dari Departemen Psikiatri FK UI RSCM, Senin petang (2/7).\xd \xd \x201cStruktur dan fungsi otaknya mengalami perubahan. Jadi, kalau kita lihat otaknya pake MRI, ada perubahan di bagian otak pre-frontal cortex\x201d, tutur dr. Siste.\xd \xd Gangguan pada bagian otak tersebut mengakibatkan orang yang mengalami suatu ketergantungan atau kecanduan kehilangan beberapa kemampuan/fungsi otaknya, antara lain fungsi atensi (memusatkan perhatian terhadap sesuatu hal), fungsi eksekutif (merencanakan dan melakukan tindakan) dan fungsi inhibisi (kemampuan untuk membatasi).

Iklan

Muhammad Syukur Azzukri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Januari 2021

Kamis, 7 Januari 2021 06:46 WIB

Sisi Negatif dan Manfaat Bermain Game. 

Ternyata main game juga bisa menghasilkan uang loh.. Baca selengkapnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 Game kini bukan hanya menjadi sebuah hiburan yang banyak dinikmati oleh semua orang dari berbagai kalangan. Namun sesuai dengan perkembangannya, bermain game kini pun sudah menjadi semacam hobi yang dilakukan oleh orang muda sampai dengan tua dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Bermain game memang dapat membuat anda terlepas dari stress, namun anda pun harus berhati hati karena bisa jadi stress anda makin bertambah apalagi jika sebuah game tak kunjung dapat diselesaikan.

 

Bermain game memang memiliki dampak positif dan negative yang dapat dialami oleh pemainnya. Untuk menghindari segala dampak negatifnya pun anda harus bermain game dengan taraf yang normal-normal saja. Lalu apa sajakah dampak positif dan negatif bermain game? Berikut ini penjelasannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Dampak Positif Bermain Game

 

Kita mulai dari dampak positifnya. Beberapa manfaat atau dampak positif bermain game adalah:

 

1. Menambah Teman

 

Seperti yang kita ketahui bahwa di dunia ini banyak sekali orang yang memiliki hobi bermain game. Anda pun dapat menambah banyak teman dengan memainkan game online maupun offline. Jika anda sering bermain game di sebuah game rental atau tempat game online, maka anda pun kemungkinan akan memiliki lebih banyak teman lagi.

 

2. Membuat Pola Pikir Semakin Cepat

 

Dampak Positif bermain game yang kedua adalah mempercepat pola piker. Bagaimana bisa? Manfaat ini akan anda peroleh jika anda sering bermain game strategi yang akan merangsang otak anda untuk mampu berpikir dengan cepat, khususnya dalam mengambil keputusan.

 

3. Meningkatkan Kemampuan berbahasa asing

 

Kita semua tahu bahwa kebanyakan game yang diminati berasal dari luar negeri dengan mayoritas menggunakan bahasa inggris. Jika anda ingin secara lebih mudah memahami game tersebut pun mau tidak mau anda harus belajar arti dari bahasa atau kata yang digunakan dalam game. Hal ini lah yang secara tidak langsung mampu membuat kemampuan berbahasa asing anda meningkat.

 

4. Mengurangi stres

 

Stres tidak hanya dialami oleh orang tua tetapi juga anak-anak. Beberapa orang tua terkadang menaruh harapan dan tuntutan yang sebenarnya anak-anak mereka tidak suka, misalnya terkait hobi dan belajar. Bermain game dapat menjadi jalan keluar bagi anak Anda lepas dari tekanan untuk mengurangi tingkat stres.

 

5. Melatih kesabaran

 

Banyak video game didesain dengan tingkat kesulitan tinggi yang terkadang seorang gamer ahli pun butuh berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk menyelesaikannya. Kesabaran seperti ini pasti berguna dalam kehidupan nyata.

 

6. Melatih ketangkasan

 

Bermain game bisa juga meningkatkan ketangkasan anda. Ada fungsi kerja, bermain, sekaligus berolahraga. Ada banyak permainan dalam video game yang memancing tingkat koordinasi dan kejelian mata anda.

 

7. Mendapatkan penghasilan

 

Dan yang terakhir game juga dapat menghasilkan uang, banyak masyarakat sekarang yang beralih profesi menjadi gamer mulai dari kalangan anak-anak sampai orang tua sebab dengan game mereka bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan besar, bidang yang di geluti bisa saja menjadi youtuber, streamer, atau bahkan pro player yang dengan permainan nya yang jago dalam bermain game dapat membuat mereka di kontrak oleh perusahaan atau tim besar. 

 

Dampak Negatif Bermain Game

 

Selain beberapa dampak positif diatas, bermain game juga memiliki beberapa dampak negative yang dapat anda terima jika tidak berhati-hati. Dampak negative tersebut adalah:

 

1. Kecanduan

 

Jika anda terlalu tertarik dengan sebuah game secara berlebihan, maka anda pun dapat mengalami kecanduan. Kecanduan ini akan sangat berbahaya terlebih lagi jika anda lupa akan segala tanggung jawab atau kemudian akan melupakan semua kegiatan anda. bahkan hal yang paling ekstrem adalah dimana seseorang sampai malas untuk makan karena kecanduan sebuah game.

 

2. Malas

 

Malas merupakan dampak negative bermain game yang kedua yang juga sebagai akibat dari kecanduan. Jika seseorang sudah malas, maka seakan-akan semua akan dilupakan dan langsung tidur setelah lelah bermain game.

 

3. Kurang tidur

 

Kita sering lupa dengan kebutuhan primer yang satu ini, akibatnya dampak negatif kekurangan tidur mendatangi kita, kita akan kehilangaan kantuk pada saat terlalu asyik memainkan sebuah permainan.

 

4. Mengalami Kerugian Finansial

 

Untuk bermain sebuah game, pasti diperlukan modal entah itu untuk bermain di game online atau untuk membeli paket internet untuk bermain game. Selain kebutuhan koneksi tersebut, seseorang yang sudah sangat kecanduan akan sangat mungkin untuk menghabiskan dana sampai dengan jutaan rupiah untuk untuk membeli peralatan game atau mungkin untuk merakit sebuah PC Gaming.

 

5. Radiasi yang membuat mata kurang sehat

 

Sudah jelas sekali bahwa terlallu serinG menghadap layar/Mmonitor akan membuat mata sakit dan kurang sehat, radiasi yang diapncarkan, apaalgi jika terus menerus, mata akan sakit dan nampak buram ketika melihat. Ini dampak yang paling sering terjadi pada gamer. Bukan hanya gamer sebenarnya, untuk pekerja yang memandang layar komputer dalam waktu yang lama atau menonton televisi terlalu lama juga bisa terkena seranga ini. Dampak yang paling dekat mungkin adalah Anda harus menggunakan kacamata.

 

6. Malas Mandi

 

Kalau sudah pewe di depan PC atau laptop, kamu bakal malas bergerak ke mana-mana kan? Akibatnya, kamu jadi tidak menghiraukan suruhan mama buat mandi deh. Nggak cuma itu, kalau kamu habis makan snack sambil main, sampah bekas snack itu bakal bertebaran di meja karena kamu malas buat bersih-bersih.

 

Itulah tadi informasi mengenai Dampak Positif dan Negatif Bermain Game. Bermain game memang harus dilakukan sewajarnya saja supaya kita tidak mengalami beberapa dampak buruk seperti yang telah dijelaskan. Jika anda memiliki anak yang sudah mulai menunjukkan tanda kecanduan game, maka pengawasan dan pendampingan selama anak bermain game adalah solusi terbaik.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Syukur Azzukri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Interpolasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

21 jam lalu

Terpopuler

Interpolasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

21 jam lalu