Cara Menambahkan Watermark pada Video di Youtube - Urban - www.indonesiana.id
x

Nando Rifky

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2020

Jumat, 5 Maret 2021 17:21 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Cara Menambahkan Watermark pada Video di Youtube

    Jika Anda seorang Youtuber, untuk mencegah pencurian video Anda bisa menambahkan watermark pada video youtube. Berikut cara yang bisa Anda terapkan dengan mudah.

    Dibaca : 2.618 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pemakaian watermark di YouTube sekarang dapat kita jumpai di semua video yang di unggah oleh pemilik channel. Watermark bukan sekedar pertanda jika video itu punya kita, tetapi untuk mencegah pencurian content video yang mengaku oleh channel lain.

    Sekitar 5 tahun lalu, masih jarang-jarang pemakaian watermark pada video YouTube. Karena bila salah peletakan dan design wm atau watermark tidak pas maka membuat penonton tidak nyaman untuk melihat video. Saya sendiri merekomendasikan untuk memakai watermark bila Anda seorang Youtuber.

    Bila Anda masih tidak mau memakai watermark seperti content vlog karena di video itu telah ada wajah Anda, minimum pakai watermark otomatis atau branding. Branding benar-benar pas untuk tingkatkan subscriber dan jadi watermark melayang-layang yang tidak melekat di video.

    Berlainan dengan pemakaian watermark di video YouTube yang dibikin secara manual saat proses pengeditan video. Bila content Anda video games, saran saya masih memakai watermark karena rerata face cam seorang Youtuber gaming benar-benar kecil dan ini bisa diambil oleh seseorang dengan cara di crop.

    Atau bila Anda mempunyai channel ulasan produk atau barang apa saja itu, pemakaian watermark di Youtube pada video Anda benar-benar saya anjurkan bahkan juga harus dipakai. Karena beberapa konten ulasan sering diambil oleh pengulas yang tidak ingin beli produk yang ingin dibahas.

    Oleh karena itu kesempatan ini Pondband akan membagikan bagaimana cara membuat watermark otomatis dan watermark manual untuk video YouTube. Watermark manual dapat kita tambah saat proses koreksi video dan yang otomatis dapat kita tambah pada menu branding di penataan channel YouTube.

    Cara Membuat Watermark di Video YouTube Secara Otomatis

    1. Buk halaman YouTube Studio melalui browser lalu tentukan Setel
    2. Pada menu Setelan tentukan Channel dan klik pada Branding
    3. Terakhir silahkan Anda tambah atau tukar watermark branding seperti yang Anda harapkan. Sebagai contoh yang tersering dipakai adalah "Subscribe Gratis" dan "Subscribe Now". Dan untuk waktu tampil tentukan Keseluruhnya video, kalau sudah click Simpan.

    Bila kita pakai Branding sebagai watermark di YouTube karena itu bila video kita di unduh oleh orang jadi tidak turut terdownload, hanya karena akan penampilan di YouTube saat memutar nya melalui YouTube. Berlainan bila kita menambah secara manual saat proses koreksi video.

    BACA JUGA: Cara Download Shutterstock Gratis

    Cara Menambahkan Watermark di Video Secara Manual

    1. Untuk menambah watermark secara manual, saya akan memberikan contoh nya dengan memakai Aplikasi Kinemaster di Android.
    2. Kalau sudah masuk di Aplikasi Kinemaster, Anda langsung tambah saja video yang ingin ditempel watermark. Kalau sudah, tambah watermark dengan cara click Susunan.
    3. Selanjutnya untuk menambah watermark di YouTube dengan Aplikasi Kinemaster, tentukan Media.
    4. Saran saya untuk watermark yang baik adalah transparan dengan pola.png, bukan gambar persegi dengan pola.jpg. Karena yang transparan akan lebih baik.
    5. Kalau sudah ditambah, silahkan Anda mengatur status nya ingin ditempatkan di sudut kanan, kiri, atas, atau bawah. Disamping itu untuk Alfa/Opasitas atau Opacity nya harus di bawah 50%, karena itu lebih bagus Anda tetapkan sendiri. Dan yang terpenting watermark ada dari awalnya sampai akhir video, janganlah sampai ada banyak peluang mendadak raib dan ada di status yang lain.
    6. Kalau sudah cocok dan pas dan koreksi yang lain juga usai, silahkan Anda rendering saja atau dapat di preview lebih dulu.

    Benar-benar gampang tidak untuk menambahkan watermark ini. saran saya Anda harus tetap menambahkan watermark di YouTube pada video yang ingin Anda upload atau unggah. Kecuali mencegah video di mengakui oleh seseorang, bila pemakaian design watermark bagus dan penataan nya pas akan membuat performa video kita makin bagus.

    Yang otomatis atau branding, lebih bagus memang memakai design gambar seperti "Subscribe", "Subscribe Gratis", atau Subscribe Now". Karena peranan khusus dari branding agar penonton dipermudahkan untuk berlangganan di channel YouTube yang kita urus. Selain itu Anda juga bisa menambahkan watermark secara manual menggunakan aplikasi edit video di Android seperti Kinemaster Diamond, Filmora, dan lain-lain.

    Sampai disini ulasan kesempatan ini mengenai cara menambah watermark di YouTube secara otomatis dan manual. Mudah-mudahan artikel ini berguna untuk Anda yang baru awalnya jadi seorang Youtuber.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.