x

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalis sebagai cara yang efektif untuk mencegah penularan virus covid-19.

Iklan

Zilly Widyanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2021

Selasa, 16 Maret 2021 07:47 WIB

Cara Menghargai Air Dimulai dari Diri Sendiri

Masih banyak masyarakat yang selalu menganggap remeh saat menggunakan air,padahal saat kita menyia-nyiakan air sedikit saja itu sudah berpengaruh untuk masa kedepannya,lalu ada juga masyarakat yang tidak sadar bahwa beberapa kegiatan yang mereka lakukan merusak keindahan serta kebersihan air lalu bagaimana caranya kita mengetahui apa saja itu? Baca dan Pahami penjelasan berikut!!!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Haii sobat sobat pintar

               Apa kabar hari ini? semoga dalam keadaan sehat ya. Ada yang tau gak, tanggal 22 maret 2021 diperingati Hari Air Sedunia lho . Nah di hari spesial air ini aku harap kita bisa menghargai air dan tidak Menyia-nyiakan air dengan percuma ya.Sebelum itu ada yang tau gak Air itu apasih.?.Air adalah elemen yang memiliki peran paling penting dalam kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini, penting banget kan sobat? Kita tanpa udara tidak akan bisa hidup, baik kita manusia, hewan maupun tumbuhan pun memerlukan air sobat. Oh iya air mempunyai arti secara ilmiah lho, menurut www.geologinesia.com air bisa diartikan sebagai sebuah kimia yang terdiri dari 2 unsur, yaitu H2 (hidrogen) yang berkaitan dengan unsur O2 (oksigen) yang kemudian menghasilkan senyawa udara. Ada yang menarik lagi loh tentang air, air bisa berproses juga, Wahhh bukan hanya makhluk hidup yang bisa berproses namun air pun bisa berproses, ada yang tau siklus / proses daur air ?. Tau gak sobat, proses daur air inilah yang menyebabkan udara dipermukaan bumi tidak pernah habis, nah aku akan jelasin proses daur ulang air itu, beserta tahap-tahapnya!

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

              Nah menurut merdeka.com yang pertama itu ada tahapan Evaporasi/penguapan,ini adalah proses dimana air dipermukaan berubah menjadi uap air,nah yang lebih menarik lagi adalah proses penguapan es tanpa diubah menjadi air/zat cair disebut sublimasi sobat!,lanjut tahapan Kondensasi,saat air menguap menjadi air,ia akan naik ke atmosfer.Adveksi merupakan tahapan selanjutnya dalam proses ini terjadi perpindahan massa udara yang berupa awan secara horizontal,dari satu lokasi ke lokasi lainnya akibat tekanan udara/angin.dan yang terakhir tahapan Presipitasi,nah di proses inilah awan/uap air yang terkondensasi kemudian turun kedalam bentuk hujan air,salju,maupun butiran es karena angin/perubahan suhu.Nah udah jelas kan sobat terkait proses daur air?,sekarang topik utama kita bakal aku bahas yaitu "Cara Menghargai Air Dimulai Dari Diri Sendiri ". Gimana caranya kak?,wah ini sangat mudah sobat,hal yang harus sobat terapkan mulai sekarang agar air tetap menjalankan tugasnya dengan baik :).Cara yang pertama yaitu Matikan keran air sehabis menggunakannya!.Cara yang kedua yaitu Jangan membuang sampah/limbah kesungai!,dan yang terakhir menurut aku yaitu,Jangan buang air besar disungai!,sama halnya dengan sampah,buang air besar juga dapat menyebabkan rusaknya keindahan sungai sobat,masih banyak masyarakat yang aku temui melakukan kegiatan tersebut disungai,wah mulai dari sekarang biasakan membuang air besar dikamar mandi pribadi ya sobat:). Nah sekian penjelasan singkat dari aku  terkait  "air",ayo hargai air dimulai dari diri kita sendiri!!!

 

# HariAirDuniaXXIX2021

#MengelolaAirUntukNegeri!

#SigapMembangunNegeri!

Ikuti tulisan menarik Zilly Widyanti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu