Listrik Padam Tengah Malam? Jangan Panik, Ada New PLN Mobile
Kamis, 22 April 2021 21:25 WIB
PLN sekarang berbeda dengan rezim sebelumnya dalam hal menanggapi keluhan pelanggan. PLN menghadirkan aplikasi New PLN Mobile yang mengintegrasikan layanan kepada pelanggan. Jika ada masalah manfaatkan aplikasi inbi. Proses perbaikan bisa dipantau dari aplikasi sejak perintah diberikan kepada petugas di lapangan.
PLN telah melakukan transformasi besar-besaran. Salah satu poin dalam transformasi itu adalah customer focused, mengutamakan layanan pelanggan. Oleh sebab itu PLN yang sekarang berbeda dengan rezim sebelumnya dalam hal menanggapi keluhan pelanggan. Berkat inovasi, PLN menghadirkan aplikasi New PLN Mobile yang mengintegrasikan layanan kepada pelanggan. Proses perbaikan bisa dipantau dari aplikasi itu sejak perintah diberikan kepada petugas di lapangan.
Misalnya persoalan kerusakan jaringan listrik yang dialami seorang pelanggan bernama Mohamad di Bekasi, Jawa Barat, pada Senin, 19 April 2021, pukul 20.03 WIB. Ia mangakses New PLN Mobile dan menjelaskan kerusakan jaringan yang dialaminya dalam menu Pengaduan. Di sana ada beberapa pilihan keluhan gangguan yang dialami pelanggan, misalnya kondisi padam hanya satu rumah atau menyeluruh.
“Tiba-tiba listrik di rumah saya padam, padahal tetangga saya baik-baik saja. Lalu saya ingat ada aplikasi New PLN Mobile. Dari situ saya melaporkan kejadian padam listrik di rumah saya ini,” kata Mohamad, Senin 19 April 2021.
Mohamad mengaku tidak berani mengutak-atik jaringan listrik di rumahnya karena takut tersengat listrik. Ia percaya PLN telah menyiapkan teknisi untuk melakukan perbaikan. Orang-orang profesional itu memang dipersiapkan untuk mengatasi persoalan seperti ini.
“Saya pasrahkan saja pada ahlinya. Kalau kerusakan ada di meteran dan jaringan di luar rumah, itu ranahnya PLN,” tuturnya.
PLN memang hanya memiliki kewenangan untuk memperbaiki kerusakan pada meteran dan jaringan listrik luar rumah. Namun jika kerusakan terjadi pada instalasi di dalam rumah, PLN juga sudah menyediakan menu Listriqu di aplikasi New PLN Mobile itu. Pelanggan tinggal menghubungi petugas di sana dan mengadukan masalahnya.
Dalam waktu singkat setelah mendapat laporan dari aplikasi New PLN Mobile, petugas PLN menelpon pelanggan tersebut, petugas itu memberitahukan akan segera datang secepatnya, sebab sedang memperbaiki rumah pelanggan yang tak jauh dari lokasi rumah Mohamad. Tak berapa lama petugas PLN yang mengendarai motor sudah hadir di lokasi dan mengecek kondisi kelistrikan.
Petugas itu kemudian menelpon temannya dan memberitahukan kondisi kerusakan ada pada kabel di tiang listrik. Tak berapa lama beberapa petugas perbaikan datang dengan mobil pickup dan membawa tangga. Iman Hilman, petugas berbadan jangkung itu kemudian naik ke atas tiang dan segera memperbaiki kerusakan.
Rupanya, Iman dan kawan-kawannya masuk sip malam. Itu artinya PLN telah menyiapkan tim perbaikan 24 jam. Oleh sebab itu petugas perbaikan selalu tersedia dan pelayanan untuk menjawab keluhan pelanggan dilakukan dengan cepat.
“Saya ini piket malam, tadi masuk jam tujuh. Sampai sekarang sudah dua rumah yang saya perbaiki,” kata Iman dengan napas memburu sehabis melakukan pekerjaannya.
Ia menjelaskan, pekerjaan perbaikan dia lakukan dengan cermat dan cekatan, sebab hasil kerjanya mendapatkan penilaian dari atasan. Jika ia lambat menangani, maka sudah barang tentu akan mendapat teguran, bahkan bisa jadi ia akan memperoleh hukuman jika ada unsur kelalaian.
Sudah enam tahun Iman bergabung dengan tim perbaikan jaringan listrik itu. Ia menyatakan, suka-duka saat melakukan pekerjaannya adalah ketika bulan puasa atau turun hujan yang lebat. Iman mengaku dalam kondisi normal tidak takut kesetrum, sebab ia telah paham cara bekerja dengan aman.
“Karena sudah biasa dan pengalaman, jadi saya tidak takut waktu naik ke atas itu. Ya namanya juga pekerjaan, harus dilakukan sebaik-baiknya demi kepuasan pelanggan,” katanya.
PLN telah melakukan sebuah transformasi pelayanan kepada pelanggan yang cepat dan mudah. Sekarang ini pengaduan gangguan bisa dilakukan melalui New PLN Mobile. Aplikasi terbaru milik PLN itu juga dilengkapi beberapa menu lain seperti Tagihan, Layanan Kelistrikan terkait pasang baru atau tambah daya, Catat Meter Mandiri, Info Stimulus Listrik dan Pengaduan Gangguan. Dengan aplikasi tersebut, PLN menjawab tantangan zaman untuk melayani pelanggan dengan cepat dan efektif.

Penulis Indonesiana
0 Pengikut

Warga Tuban yang Jual Tanah untuk Pembangunan Kilang Mengeluh Kehabisan Uang
Kamis, 27 Januari 2022 12:20 WIB
Waspada Hoax Menjelang Hari Natal dan Tahun Baru; BBM dan LPG Aman
Kamis, 23 Desember 2021 17:48 WIBBaca Juga
Artikel Terpopuler