x

Iklan

Ridho Nastainullah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Juli 2020

Rabu, 21 April 2021 05:41 WIB

Apa Itu Konten SEO

Apa itu konten SEO? Konten SEO adalah konten apa pun yang dibuat dengan tujuan menarik lalu lintas mesin pencari.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jika Anda relatif baru di dunia pemasaran pencarian, Anda mungkin pernah mendengar istilah "konten SEO" yang dilontarkan dalam pertemuan pemasaran.

Panduan pemula ini dirancang untuk menjawab 2 pertanyaan:

  1. Apa itu "konten SEO"?
  2. Jenis konten SEO apa yang ada?

Ayo mulai!

Apa Itu Konten SEO?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk memahami apa yang dimaksud pemasar dengan konten SEO, sebaiknya uraikan frasa menjadi bagian-bagian komponennya:

  • “SEO” mengacu pada pengoptimalan mesin telusur, atau proses pengoptimalan situs web sehingga orang dapat dengan mudah menemukannya melalui mesin telusur seperti Google.
  • Yang kami maksud dengan "konten" adalah informasi apa pun yang ada di web dan dapat dikonsumsi di web.

Jadi, menggabungkan kedua konsep ini: Konten SEO adalah konten apa pun yang dibuat dengan tujuan menarik lalu lintas mesin pencari.

Saya tidak akan memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang mengoptimalkan konten Anda untuk mesin telusur di sini. Tapi inilah penyegar super cepat tentang apa yang perlu Anda lakukan untuk SEO konten web Anda:

  • Riset Kata Kunci : Jika Anda ingin menghasilkan lalu lintas melalui penelusuran, sebaiknya lakukan riset kata kunci sebelum Anda mulai menulis. Dengan cara ini, Anda dapat berfokus pada kata kunci yang telah memiliki volume penelusuran tertentu - dengan kata lain, menulis tentang topik (atau menemukan ceruk kata kunci !) Yang telah dicari informasinya oleh orang-orang.

 

  • Optimasi Kata Kunci : Ketahui di mana dan bagaimana menggunakan kata kunci dalam konten Anda untuk pencarian yang maksimal.

 

  • Organisasi Konten : Konten di situs Anda harus diatur dengan cara yang logis. Ini tidak hanya bagus untuk SEO, tetapi juga membantu pengunjung di situs Anda menemukan konten terkait lainnya dengan mudah. (Semakin lama mereka bertahan di situs Anda, semakin baik.)

 

  • Promosi Konten : Tingkatkan visibilitas ke konten baru yang Anda buat dengan membagikannya di jejaring sosial dan membangun tautan ke konten Anda (baik secara internal maupun dari situs eksternal).

Jenis Konten SEO

Konten SEO dapat mencakup salah satu dari berikut ini:

  • Halaman Produk - Ini adalah inti dari situs e-niaga ritel mana pun. Halaman produk yang baik dapat berfungsi sebagai konten SEO dan halaman arahan PPC.
     
  • Posting Blog - Blog adalah salah satu cara termudah untuk membuat aliran konten SEO yang efektif dan teratur . Secara umum, posting blog lebih menarik dan lebih mungkin untuk menarik link daripada halaman produk, sehingga bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun otoritas untuk situs Anda. 

 

  • Artikel - Pikirkan artikel berita, wawancara, atau bagian fitur. Ini adalah jenis konten utama yang akan Anda temukan di sebagian besar situs web bergaya surat kabar atau majalah.
     
  • Daftar - Daftar sebenarnya hanyalah semacam artikel, tetapi membingkainya sebagai daftar (seperti "10 Cara Menurunkan Tagihan Energi Anda" atau "101 Hal yang Saya Benci Tentang Google") membuatnya lebih mudah untuk dipindai. Jenis judul ini juga tampaknya lebih dapat diklik ketika ditemukan di hasil pencarian atau di umpan media sosial.
     
  • Panduan - Panduan adalah konten yang lebih panjang yang menjelaskan secara rinci bagaimana melakukan sesuatu. (Panduan sering kali dipecah menjadi beberapa halaman web, meskipun merupakan praktik terbaik untuk memungkinkan pengguna melihat konten panjang sebagai satu halaman jika mereka mau.) Anda dapat memposting panduan lengkap di situs web Anda, atau Anda dapat memposting ringkasan atau kutipan , mengharuskan pengunjung mengisi formulir pendaftaran untuk membaca panduan lengkap. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk menghasilkan arahan, tetapi perlu diingat bahwa memasang dinding pendaftaran kemungkinan akan mengurangi jumlah lalu lintas SEO yang dapat Anda arahkan ke panduan itu.
     
  • Video - Secara umum, ada lebih sedikit video di web daripada halaman teks; akibatnya, peringkat di halaman pertama untuk kata kunci kompetitif bisa lebih mudah dengan membuat video daripada artikel. Bergantung pada jenis situs atau bisnis yang Anda jalankan, video bisa menjadi cara yang bagus untuk menarik dan menjangkau penonton. Pertimbangkan untuk membuat tutorial video tentang cara menggunakan produk Anda. Atau gambarkan proses yang terkait dengan bisnis Anda - misalnya, tukang ledeng dapat membuat video yang menunjukkan cara membuka sumbat wastafel.
     
  • Slideshow - Slideshow adalah cara untuk menampilkan serangkaian gambar terkait. Terkadang gambar lebih penting daripada teks - katakanlah Anda mencoba untuk menunjukkan apa yang dikenakan semua bintang di Oscar. Di sini sekali lagi, SEO untuk judul, teks, nama file gambar, dan lain-lain penting karena mesin telusur akan “membaca”.
     
  • Glosarium - Saya bersumpah lebih banyak orang menggunakan Google untuk mencari istilah daripada mereka menggunakan kamus. (Apakah Anda tahu di mana kamus Anda?) Jika Anda bekerja di industri khusus, glosarium yang dibuat dengan baik dapat menjadi cara yang baik untuk menangkap lalu lintas pencarian. Pikirkan istilah memasak, istilah medis, istilah mode, istilah arsitektur.
     
  • Direktori - Direktori adalah taksonomi yang berguna dari tautan ke situs atau sumber daya seputar topik tertentu. Misalnya, blog parfum dapat membuat direktori tempat membeli parfum, dari toserba besar hingga toko independen di seluruh negeri.

Ini hanyalah beberapa dari jenis dasar konten SEO, tetapi jangan biarkan daftar ini membatasi Anda - kemungkinannya hampir tidak terbatas. Nah jika Anda ingin membuat blog, website atau artikel, Anda bisa gunakan Hosting SSD Exabytes gratis domain.

 

Ikuti tulisan menarik Ridho Nastainullah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu