x

Macet

Iklan

Siti ulan Dari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 April 2024

Selasa, 30 April 2024 09:02 WIB

Dampak Kemacetan Lalu-lintas pada Kesehatan Mental

Kemacetan mempengaruhi para pelaku perjalanan, baik yang menggunakan angkutan umum maupun angkutan pribadi. Dampak utama, jelas, pada ketidaknyamanan serta menambah waktu perjalanan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kondisi sosial sering kali menjadi aspek yang perlu diperhatikan. Salah satu kondisi tersebut adalah kemacetan lalu lintas yang menjadi keresahan masyarakat. Dampak yang dialami masyarakat akibat kemacetan lalu lintas adalah keterlambatan berangkat kerja dan sekolah, polusi, kepanasan pada saat macet siang hari, dan dampak lainnya. Adanya dampak tersebut menciptakan problematika bagi kalangan masyarakat terkhusus pada seseorang yang memiliki gangguan kesehatan mental,

Banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa stres yang mereka alami setiap hari dalam perjalanan pulang dan pergi kerja atau sekolah bisa berdampak pada kesehatan mental mereka. Stres ini, jika dibiarkan bisa berubah menjadi masalah kesehatan mental yang lebih serius seperti depresi atau kecemasan. akibat kemacetan mengubah emosional manusia pada kondisi tertentu. Dalam gangguan lainnya yang terjadi ketika berpergian dengan anak-anak dan di jalan mengalami kemacetan, anak-anak akan merasa risih dan merepotkan keluarganya. Problematika yang muncul dapat menjadi hambatan penanganan gangguan kesehatan mental bagi masyarakat.

Padatnya kendaraan 
Secara umum kemacetan biasanya terjadi di kota besar dengan tingkat pengelolaan lalu lintas yang kurang baik. Dengan adanya kesenjangan antara jumlah kendaraan dengan kapasitas jalan yang ada menciptakan problematika tersendiri. Kota-kota dengan jumlah penduduk terpadat seperti jakarta,bandung,daerah istimewah yogyakarta dan beberapa kota lainnya diindonesia yang rawan mengalami kemacetan dibeberapa lokasi,dan kemacetan yang terjadi akan menggangu aktivitas serta mempengaruhi emosional dan memicu seseorang lebih sensitif dan mudah tersinggung karna melihat situasi yang tidak jelas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seiring perkembangan zaman, lalu lintas menjadi semakin kompleks dan menantang. Pertumbuhan populasi, urbanisasi, dan peningkatan mobilitas individu telah berkontribusi pada peningkatan volume lalu lintas, terutama di kota-kota besar. Dengan peningkatan volume lalu lintas ini, dan polusi udara. tetapi demikian juga peluang untuk inovasi dan perbaikan. Dengan pendekatan yang tepat, kita bisa menciptakan sistem lalu lintas yang lebih aman, efisien, dan berkelanjutan.
Dampak dari kemacetan lalu lintas
Pertama, waktu yang terbuang: Kemacetan lalu lintas menyebabkan waktu perjalanan yang lebih lama bagi para pengendara. Waktu yang terbuang ini dapat mengganggu produktivitas dan mengurangi kualitas hidup. Orang bisa menghabiskan berjam-jam di jalan setiap harinya, yang seharusnya bisa digunakan untuk kegiatan lain yang lebih bermanfaat.

Kedua, stres dan ketegangan: Terjebak dalam kemacetan lalu lintas dapat menyebabkan stres dan ketegangan pada pengendara. Ketika seseorang terjebak dalam situasi yang tidak bergerak, kelelahan, dan kebosanan dapat meningkat. Hal ini bisa berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik.

Ketiga, serta dampak buruk bagi alam yang menyebabkan polusi udara. Dampak kemacetan juga mampu membuat perjalanan menjadi tidak nyaman.

Penegangan dan gangguan kesehatan mental 

Kesehatan mental atau biasa disebut kesehatan jiwa merupakan penunjang dalam kesehatan. Prioritas akan kesehatan mental penting untuk diwujudkan. Dengan kesehatan yang baik jaminan terhindar dari gangguan kesehatan mental. Gangguan kesehatan mental adalah gejala yang serius yang memberikan pengaruh pada perubahan kondisi tubuh dan prilaku.

Di lingkungan masyarakat rawan dari bahaya yang mengintai kesehatan.Kemacetan adalah virus di masyarakat. Masalah gangguan kesehatan mental masih menjadi penyakit, dan kemacetan menjadi salah satu penyebabnya. Kondisi kemajuan teknologi membawa pengaruh dalam kemajuan transportasi. Transportasi di masyarakat sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Dengan banyaknya penggunaan transportasi menjadi penyebab adanya kemacetan. Dengan pengelolaan yang kurang baik dalam menangani kemacetan penanganan gangguan kesehatan mental menjadi sulit.

Healing menjadi solusi gangguan kesehatan mental?

Healing dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi gangguan kesehatan mental, atau penyembuhan diri dengan berkunjung ke suatu tempat menjadi pilihan untuk melepas stres. Dengan padatnya kegiatan berlibur menjadi pilihan yang dilakukan beberapa masyarakat. Berkunjung ke suatu yang jauh membutuhkan kendaraan, namun kemacetan kerap mengintai di jalan, alih-alih ingin melepas stres malah menambah stres. Healing tidak selamanya menjadi pilihan terbaik ketika melepas stres, ketika kemacetan masih menghantui. 

Penanganan gangguan kesehatan mental merupakan tanggung jawab semua masyarakat. Pemerintah harus memberikan penanganan yang serius. Peran pemerintah harus memberikan kebijakan, khususnya dalam penanganan kemacetan. Kemacetan yang parah maka akan menghambat penanganan gangguan kesehatan mental, oleh karena itu kebijakan yang akan diambil harus memerhatikan aspek kesehatan masyarakat.

Pemanfaatan media sosial menjadi pilihan ketika akan berpergian. Penggunaan media seperti google maps dapat dipergunakan melihat rute yang aman ketika berkendaraan dari jalan yang rawan kemacetan.

Penggunaan sepeda menjadi pilihan yang efektif ketika ingin berpergian ke lokasi yang tidak terlalu jauh. Memiliki kesadaran akan bahaya dari kemacetan yang berakibat masalah gangguan kesehatan mental, sepatutnya masalah gangguan kesehatan mental harus diwaspadai. Kerja sama antar masyarakat dan pemerintah harus diprioritaskan, guna menanggulangi masalah gangguan kesehatan mental.

Ikuti tulisan menarik Siti ulan Dari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu