x

Iklan

Ridho Nastainullah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Juli 2020

Kamis, 22 April 2021 12:41 WIB

Ide Bisnis Saat Bulan Ramadhan

Bingung mau mulai bisnis apa di bulan ramadhan kali ini? Yuk cek artikel berikut ini yang bisa memberikan Anda ide bisnis saat bulan ramadhan. Cek sekarang.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bulan Ramadhan akan segera tiba dan para pengusaha mencari ide bisnis selama bulan suci ini.

Di sini kami telah membahas beberapa ide bisnis Ramadhan yang dapat Anda gunakan di bulan Ramadhan mendatang yaitu April 2021.

Biasanya, selama Ramadhan ada berbagai peluang bisnis musiman yang bisa mendatangkan keuntungan signifikan. Masalahnya, saat ini mungkin banyak orang yang terhambat untuk memulai usaha karena pertimbangan modal yang kecil.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nah, ternyata ada jenis usaha saat Ramadhan yang bisa kamu lakukan dengan modal kecil dan juga tinggal di rumah . Bisnis apa ini? Yuk kita bahas satu persatu.

 

9 Ide Bisnis Ramadhan

Berikut ide bisnis Ramadhan yang menguntungkan untuk kalian:

 

Katering Higienis & Buka Puasa

Meski PSBB sudah menerapkan himbauan untuk Bekerja Dari Rumah, tetap di rumah bukan berarti liburan.

Orang tetap harus bekerja, belajar dan melakukan aktivitas lain bahkan di rumah. Oleh karena itu, pasti ada orang yang tidak sempat memasak untuk sahur atau berbuka puasa.

Namun dilemanya, saat ini kita tidak bisa begitu saja membeli makanan di luar. Sehingga banyak orang memilih makanan yang higienis dan sehat untuk dipesan.

Nah ini bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda. Anda dapat memasarkan makanan yang higienis dan sehat melalui bahan, pengolahan, dan pengemasan.

Hanya saja salah satu tantangan berbisnis catering adalah harus pintar-pintar mengatur menu yang berbeda saat sahur dan buka puasa. Hal ini agar pelanggan tidak bosan dan terus membeli katering Anda.

Dengan modal awal yang kecil sekalipun, Anda tetap bisa berjualan katering sahur dan buka puasa dengan menawarkan melalui grup WhatsApp atau menjadi partner gofood dan grabfood.

Dengan cara ini Anda tidak perlu keluar rumah untuk menawarkan atau menyewa warung berupa ruko atau sejenisnya. Cukup dapur dan alamat rumah Anda untuk jemput katering dari Ojol ke pelanggan.

Menjual berbagai Takjil di Rumah atau Pengiriman

Seperti halnya bisnis katering untuk sahur dan buka puasa, berjualan berbagai takjil di bulan Ramadhan merupakan upaya yang kemungkinan akan tetap ramai di tengah pandemi. Karena takjil sangat menikmati melakukan dunia orang sebagai hidangan pembuka sebelum menyantap makanan berat saat buka puasa.

Selain itu, berjualan takjil tidak membutuhkan modal yang besar. Kolak pisang, es buah, es campur dan berbagai jenis takjil yang bisa dijual. Anda bisa mencocokkan jenis takjil yang ingin dijual dengan modal yang ada.

Dulu, pelanggan takjil biasanya antre dan keramaian untuk membelinya, tapi sekarang ini sangat tidak aman.

Dibandingkan mengundang banyak orang ke tempat Anda yang belum tentu saling menularkan virus corona, lebih baik gunakan teknologi digital seperti gofood atau grab food partner.

Jika Anda tidak ingin menjadi mitra gofood atau grabfood, Anda dapat menyediakan tempat duduk terpisah untuk pelanggan.

Kemudian tulislah selembar karton besar berisi aturan berbaris dengan jarak fisik untuk mengantisipasi keramaian.

Anda juga menawarkan takjil di grup whatsapp tetangga atau teman di daerah tersebut dengan syarat minimal pembelian dan menggunakan barang ojol untuk mengantarkan takjil.

Menjual minuman rempah-rempah kekinian

Selain makanan yang higienis dan sehat, minuman rempah-rempah juga banyak diminati selama pandemi. Hampir semua orang kini ingin kekebalannya tetap terjaga dan terhindar dari korona.

Salah satunya dengan meminum minuman herbal tradisional yang kaya manfaat bagi tubuh dan menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat. Ada banyak jenis minuman bumbu seperti wedang jahe, bajigur, wedang uwuh, bir pletok, bandrek dll.

Apalagi saat puasa Ramadhan, minuman herbal bisa menjadi alternatif minuman takjil saat berbuka puasa atau diminum setelah makan sahur.

Kini, Anda bisa mengemas minuman bumbu / jamu dengan gaya kekinian. 

Misalnya mulai dari kemasan yang menggunakan botol atau gelas plastik kekinian dengan logo dan nama unik untuk minuman bumbu tradisional yang Anda jual.

Dengan begitu, orang akan lebih tertarik dan membantu pemasaran yang lebih cepat. Karena selain manfaat pada minumannya, kemasan dan nama merek saat ini membuat orang lebih cepat mengingatnya.

Misalnya minuman jeruk nipis yang menjadi ciri khas UKM di Kuningan, Jawa Barat dikenal dengan nama Jeniper (Jeruk Nipis). Anda juga bisa memberi nama yang unik pada minuman rempah-rempah Anda.

Jual Kurma

Kurma merupakan buah yang sangat identik saat Ramadhan di dunia. Karena itu sunnah Nabi yang dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan terutama saat berpuasa. Anda bisa menjual kilo kurma dengan membelinya dari pedagang kurma besar. Biasanya harganya akan lebih murah.

Tidak perlu terlalu banyak, sesuaikan saja dengan modal yang Anda miliki. Anda dapat menambah stok kurma karena kurma Anda laris manis. Mengenai cara menjualnya, Anda bisa menjualnya secara offline maupun online.

Anda bisa menjual kurma secara offline di rumah karena menjual kurma secara offline kemungkinan besar tidak akan seramai jualan takjil karena kurma bisa dibeli langsung untuk stok.

Namun di sisi lain, karena pelanggan tidak terlalu sibuk secara offline, menawarkan kencan melalui media sosial bisa menjadi alternatif.

Sedangkan untuk pengirimannya bisa menggunakan jasa pengiriman barang ojol atau paket logistik.

Bisnis Pastry Online Sesuai Permintaan

Lebaran tahun ini mungkin tidak bisa berkumpul dengan keluarga besar karena wabah Covid-19. Namun suasana lebaran tetap bisa dirayakan bersama keluarga kecil dan saling kirim cookies melalui jasa pengiriman. Oleh karena itu, permintaan kue kering kemungkinan besar akan tetap tinggi.

Bagi Anda yang memiliki kemampuan membuat kue kering khas lebaran, maka inilah kesempatan Anda untuk memulai bisnis. Anda bisa menerima pesanan kue-kue sesuai permintaan dan mengirimkannya sesuai permintaan pelanggan sejak awal Ramadhan.

Pembayaran juga dilakukan dengan minimal DP 50% dan dilunasi sebelum pesanan selesai.

Anda dapat menawarkan pesanan kue melalui media sosial kepada kerabat dan teman dekat terlebih dahulu dengan mengirimkan sampel dan gambar kue.

Tentunya untuk ini anda perlu mengeluarkan modal. Tapi masih bisa di sesuaikan dengan budget. Jadikan foto terlihat menarik karena ini akan menjadi katalog kue yang akan Anda jual.

Jika orderan masih memungkinkan untuk ditambah sesuai dengan kapasitas anda maka anda bisa meminta bantuan untuk membagikan foto kue dan testimoni dari kerabat dan teman yang sudah mengirimkan sample ke rekan-rekannya. Jangan lupa buat jadwal pembuatan kue jika pesanan sudah tiba untuk mengantisipasi pesanan yang overload.

Pakaian Dropship Idul Fitri & Perlengkapan Ibadah

Selain makanan atau minuman, usaha modal kecil lainnya yang biasanya diminati di bulan Ramadhan antara lain dropshipping baju lebaran dan perlengkapan ibadah.

Biasanya orang ingin membeli perlengkapan ibadah baru agar lebih mengabdi pada ibadah. Selain itu, baju lebaran kerap menjadi incaran masyarakat.

Selain modal yang harus di keluarkan untuk berjualan secara offline pun akan lumayan besar, di tengah pandemi seperti sekarang ini mungkin kamu belum bisa jualan baju lebaran atau perlengkapan ibadah di luar rumah dengan maksimal.

Tetapi dengan sistem dropshipping Anda, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Yang penting adalah smartphone dengan kualitas dan aplikasi marketplace atau dropship yang terpasang di smartphone kamu.

Karena sistem dropshipping tidak perlu menyimpan barang sendiri, Anda hanya perlu memasarkannya. Sekarang Anda dapat bergabung dengan salah satu platform dropshipping atau melakukannya di sistem Anda sendiri.

Barang yang biasanya banyak diminati saat bulan Ramadhan adalah baju lebaran dan perlengkapan ibadah. Jadi carilah barang-barang ini, simpan gambarnya dan pasarkan di berbagai media sosial Anda.

Jual masker kain

Masker adalah kebutuhan prioritas pada saat terjadi pandemi. Setelah disosialisasikan oleh pemerintah mengenai rekomendasi penggunaan masker kain bagi masyarakat luas, kini masker kain banyak diminati.

Ramadhan tahun 2021 terbilang berbeda karena adanya corona, sehingga bisnis jual masker juga akan tetap ramai selama bulan Ramadhan.

Ini bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda karena membuat masker kain bisa dilakukan di rumah dan bahannya mudah ditemukan. Tutorial pembuatan masker kain yang direkomendasikan oleh dinas kesehatan bisa dilihat di YouTube.

Namun disarankan untuk menjual masker dengan harga yang wajar, agar semua orang dapat mengakses masker dan menjaga stabilitas ekonomi.

Menjual Sabun Cair / Pembersih Han

Selain masker, barang yang masih akan ramai dicari di bulan Ramadhan tahun ini adalah sabun cair dan hand sanitizer. Sebenarnya kita bisa membuat sabun cair dan hand sanitizer sesuai standar kesehatan kita sendiri di rumah. Karenanya ini juga bisa menjadi peluang bisnis bagi kita.

Bahan-bahannya juga dapat ditemukan di toko bahan kimia. Sedangkan komposisi, ukuran dan cara pembuatannya bisa dilihat di YouTube. Anda bisa membeli beberapa botol semprot kecil untuk dikemas dengan label dan komposisi agar produk lebih meyakinkan.

Sebaiknya tawarkan produk sabun atau hand sanitizer kepada orang terdekat Anda terlebih dahulu. Setelah itu Anda meminta testimonial mereka dan mulai memasarkannya ke audiens yang lebih cerdas.

Untuk menarik banyak pelanggan, biasanya orang suka kalau sabun atau hand sanitizer wangi. Anda juga bisa menambahkan wewangian yang menenangkan dan aman ke sabun cair / pembersih Anda.

Menjual Paket Unik

Bahkan dalam situasi pandemi, kita tetap bisa mengirimkan parsel ke rekan bisnis, teman dekat atau keluarga tercinta. Jika Anda memiliki toko grosir, Anda bisa membuat produk khas Ramadhan, yaitu bingkisan. Isi parsel dengan berbagai barang yang dijual di toko bahan makanan Anda.

Karena masih masa pandemi, kamu bisa membuat branding parcel higienis dengan menambahkan beberapa produk hand sanitizer ke dalam parcel tersebut. Selain itu, berikan layanan kartu ucapan yang lucu dan unik.

Anda juga dapat mengganti parsel, yang biasanya berupa makanan, minuman, atau kue Idul Fitri dengan satu set barang dan peralatan yang dibutuhkan selama pandemi. Misalnya bingkisan berisi hand sanitizer, sabun cair, sabun cuci tangan, masker polos dan motif, tissue basah dan tentunya kartu ucapan lebaran. Unik bukan?

 

Kesimpulan

Dengan modal minim dan usaha yang bisa dijalankan dari rumah, semoga ide bisnis ini bisa menginspirasi para wirausahawan untuk menjaga perekonomian tetap berjalan.

Nah agar bisnis yang Anda jalankan lebih profesional dan juga membantu pemasaran lebih mudah, Kami sarankan untuk membuat website bisnis Anda.

Untuk penyedia hosting yang bisa diandalkan, Anda bisa pakai Hosting SSD Exabytes.

 

Ikuti tulisan menarik Ridho Nastainullah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB