Aktualisasi Warga Negara - Analisis - www.indonesiana.id
x

Indonesia

Shasha Rossa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Juni 2021

Kamis, 10 Juni 2021 08:00 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Aktualisasi Warga Negara

    Peran Warga negara yang baik

    Dibaca : 398 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Aktualisasi diri adalah suatu keinginan menggunakan seluruh kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mencapai segala sesuatu yang mereka mau dan bisa dilakukan. Menurut Abraham Maslow dalam bukunya  Hierarchy of Needs menggunakan istilah bahwa aktualisasi diri adalah sebagai kebutuhan dan pencapaian tertinggi seorang manusia.

     

               Aktualisasi diri yang akan dibahas kali ini adalah mengenai Aktualisasi diri sebagai warga negara. Sejak lahir, kita telah menjadi warga negara Indonesia. Namun, apakah kita sudah menjadi warga negara yang baik ? Sudahkah kita mengaktualisasikan diri kita sebagai peran kita menjadi warga negara? atau sudahkah kita menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sebagai warga negara yang telah patuh pada setiap peraturan-peraturan yang ada? Dan apakah kita sudah mengilhami seluruh nilai yang terkandung dalam butir-butir pancasila dan menerapkannya dalam kehidupan berwarga negara ?

                Perlu diketahui bahwa hidup menjadi seorang warga negara khususnya warga negara Indonesia bukan serta-merta hanya sekedar hidup bebas, mengikuti kegiatan, dan berbuat baik. Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita dapat mematuhi segala peraturan yang diatur dalam negara ini. Sebagai contoh, dalam suatu daerah tentunya memiliki aturannya masing-masing. Dimana kita berada dalam suatu daerah baik daerah sendiri maupun daerah orang lain, kita harus dapat menempatkan diri ke dalam aturan tersebut. dengan kata lain, kita harus bersikap secara fleksibel. Selain itu, kita juga bisa menjalankan kewajiban-kewajiban kita sebagai warga negara. Sebagai contoh, mahasiswa mengikuti pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila sebagai wujud bela negara yang tertuang dalam UUD '45. 

            Kita juga dapat mengamalkan 45 butir pengamalan sila-sila Pancasila. Sebagai contoh, membntu sesama ketika sedang terjadi bencana. Hal-hal yang telah disebutkan adalah suatu bentuk pengaktualisasian diri warga negara dalam kehidupan. Selain memberikan dampak yang baik yaitu dikenal sebagai warga negara yang baik, nantinya kita juga akan mendapatkan pahala dari Tuhan Yang Maha Esa.

           Namun, di era digitalisasi ini pengaktualisasian sebagai warga negara telah mengalami penurunan. Bagaimana tidak? situasi negara yangs emakin tidak kondusif akibat adanya Pandemi semakin memperkeruh hal tersebut. Para pelajar cenderung lebih malas menjalankan kewajibannya untuk mempelajari materi-materi kebangsaan dan cenderung lebih memilih bermain game. Selain itu, orang tua telah disibukkan dengan aktivitas ekonomi dan terkadang melalaikan tugasnya sebagai warga negara Indonesia yang baik. meski demikian, banyak juga dari mereka yang tetap memperhatikan negara meskipun hanya sekedar mengingat bukan melakukan. Akan jauh lebih baik, jika sebagai warga negara yang baik kita dapat melakukan progress dan effort bagi negara agar terciptanya kehidupan yang nyaman dan tentram.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.