Kelebihan Furniture Kayu Pinus - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Salah satu jenis kayu yang cukup banyak digunakan

raihan sholih

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Juli 2021

Jumat, 9 Juli 2021 06:28 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Kelebihan Furniture Kayu Pinus

    Salah satu jenis kayu yang cukup banyak digunakan untuk membuat furniture

    Dibaca : 451 kali

    Kelebihan Furniture Kayu Pinus

     

    Banyak jenis kayu yang dipakai untuk furnitur. Salah satu jenis kayu yang cukup banyak digunakan adalah kayu pinus, salah satu jenis kayu  yang sering digunakan sebagai material furniture. Dibandingkan dengan kayu jati, furniture kayu pinus memiliki warna yang lebih terang dengan kepadatan kayu yang lebih lunak serta harganya yang lebih murah.

    Furniture kayu pinur telah ada selama beberapa waktu. Secara tradisional, pinus digunakan untuk furniture gaya Kolonial, kasar dan pengrajin. Lama kelaman berubah, dengan pinus yang bekerja untuk berbagai gaya furnitur, termasuk potongan kontemporer. Kayu ini sering dijadikan bahan dasar membuat perabotan bergaya minimalis. Konon katanya juga, kayu pinus menjadi bahan daur ulang yang sangat difavoritkan banyak orang.

    Warna terang membuat pinus mudah dicat untuk mencapai hampir semua warna yang Anda inginkan, atau Anda cukup menggunakan lapisan transparan untuk melindungi kayu sambil membiarkan warna cahaya alami menjadi pusat perhatian. Pinus juga memiliki pori yang menonjol dengan mata kayu yang lebih gelap dari kayu itu sendiri, yang memberikan tampilan yang berbeda.

    Kayu pinus memiliki beragam kelebihan yang tidak kalah bagusnya dengan kayu jenis lain. Di samping itu, kayu ini juga dibanderol mulai dari juta per diameter tertentu. Nah, sebelum memutuskan untuk membeli dan menggunakannya, ada baiknya bila mengenalnya lebih dalam. Berikut beberapa kelebihan kayu pinus untuk furniture ?

    1. Memiliki bobot yang ringan

    Lemari, meja dan kursi yang terbuat dari kayu pinus memiliki bobot yang ringan. Walaupun masih tergolong cukup berat dan juga kokoh, berat kayu pinus masih lebih ringan jika dibandingkan dengan kayu Jati. Hal ini membuat furniture kayu pinus jadi lebih mudah untuk memindahkannya. Bahkan anak-anak juga mampu memindahkan kursi yang terbuat dari kayu pinus. anda bisa berkreasi dengan mudah dan mengubah tampilan ruangan sesuai dengan selera.

    1. Warna yang mendukung suasana

    Ciri khas warna kayu pinus adalah krem terang dan tampilannya cocok untuk berbagai dekorasi yang Anda inginkan. Serat kayu pinus juga tidak kalah dengan jati karena memiliki alur yang khas. Anda bisa dengan mudah mewarnai kayu pinus dengan warna yang diinginkan. Walaupun hadirnya mata kayu bisa membuat Anda kesulitan untuk memberikan pilihan warna yang tepat. Namun bagi sebagian orang, justru hadirnya mata kayu bisa menambah tampilannya lebih artistic.

    1. Harga yang terjangkau

    Harga perabotan yang terbuat dari kayu pinus lebih murah jika dibandingkan dengan kayu jenis lain seperti mahoni atau jati. Pohon pinus yang bisa cepat tumbuh membuat pohon ini bisa mudah dipanen dan diolah dalam waktu singkat. Sehingga memungkinkan petani untuk menjual kayu pinus dengan harga lebih rendah. Anda bisa dengan mudah mendapatkan material kayu pinus jika ingin membuat furniture

    1. Ramah Lingkungan

    Karena pohon pinus tumbuh sangat cepat, pohon-pohon yang ditebang segera diganti dengan pertumbuhan baru. Pohon pinus dapat tumbuh dengan baik di perkebunan atau pertanian dengan sedikit dampak pada habitat alami.

    1. Tahan guncangan

    Pinus tahan terhadap guncangan, yang membantu meminimalkan dampak kerusakan. Jika Anda akan menggunakan kayu pinus sebagai kursi anak yang sering digunakan, ini pilihan yang tepat.

    1. Memiliki tingkat kaku yang baik

    Kayu pinus sangat kaku. Ini membuatnya tahan lama dan kuat saat digunakan dalam furniture. Meski tidak sekuat kayu oak, tetapi anda masih bisa menggunakan kayu pinus sebagai furniture meja tamu, kursi tamu atau yang membutuhkan daya tahan tinggi.

    1. Ciri khas

    Pinus memiliki tampilan yang sangat berbeda dengan mata kayu gelap dan warna kayu terang. Jika gaya ini sesuai dengan preferensi Anda, tampilan yang berbeda ini merupakan hal yang layak dipertimbangkan.

     

     

     

     

     

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.