x

Iklan

ariescondet

Pria dengan hobi menulis dan berpetualang.
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 3 September 2021 11:32 WIB

Kapabilitas Bisnis, Menjembatani antara Strategi dan Eksekusi

Kemampuan Bisnis adalah ekspresi atau artikulasi dari kapasitas, bahan, dan keahlian yang dibutuhkan organisasi untuk menjalankan fungsi inti. Arsitek Perusahaan menggunakan Kemampuan Bisnis untuk menggambarkan kebutuhan bisnis yang menyeluruh untuk menyusun strategi solusi TI yang lebih baik yang memenuhi kebutuhan bisnis tersebut.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di era digital, peran teknologi bergeser dari proses pendukung strategi bisnis menjadi pabrik utama eksekusi strategi itu sendiri. Teknologi Informasi membantu pelanggan menerima baju yang dipesan secara online pada hari berikutnya, membantu mereka membaca koran selama perjalanan menggunakan iPad, dan faktur untuk layanan ini diproses tanpa gesekan. Akibatnya, tantangan bagaimana menjembatani kesenjangan antara strategi dan eksekusi di TI menjadi jauh lebih mendesak.

Kesenjangan ini sering disebabkan oleh organisasi yang berbicara banyak bahasa. Mereka berbicara tentang misi, strategi, tujuan, proses, dan proyek. CEO berbicara tentang "menjadikan ponsel sebagai prioritas utama", Pemasaran "meningkatkan pangsa dompet dengan milenium" dan TI "menyeimbangkan beban cluster server Linux". Manakah bahasa yang tepat? Kapabilitas Bisnis memiliki potensi untuk berfungsi sebagai bahasa umum ini.

Pengertian Kapabilitas Bisnis

Kapabilitas Bisnis adalah ekspresi atau artikulasi dari kapasitas, bahan, dan keahlian yang dibutuhkan organisasi untuk menjalankan fungsi inti. Arsitek Perusahaan menggunakan Kemampuan Bisnis untuk menggambarkan kebutuhan bisnis yang menyeluruh untuk menyusun strategi solusi TI yang lebih baik yang memenuhi kebutuhan bisnis tersebut.

Apa yang perlu Anda ketahui

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pemodelan Kapabilitas Bisnis adalah teknik untuk representasi model jangkar bisnis organisasi yang independen dari struktur, proses, orang, atau domain organisasi.

Sebagai alat untuk Arsitek Perusahaan, model Kapabilitas Bisnis memungkinkan diskusi tentang investasi atau divestasi strategis. Kapabilitas Bisnis dapat berfungsi sebagai elemen penataan untuk mengungkap redundansi di TI.

Pemetaan Kapabilitas Bisnis memungkinkan perusahaan untuk melihat dengan jelas apa yang dilakukan bisnis untuk mencapai tujuannya. Pemodelan Kapabilitas Bisnis adalah pandangan penting bagi para pemimpin TI. Kebutuhan bisnis harus membentuk arsitektur TI Anda . Saat perusahaan berubah, berinovasi, dan bersiap untuk transformasi digital , proses, kebutuhan, dan tujuan berubah. Setelah perubahan yang kompleks dan banyak, teknologi pendukung juga harus ditinjau kembali.

Apa yang dapat Anda capai dengan Pemetaan Kapabilitas Bisnis?

  • Merangkum apa yang sedang dilakukan bisnis saat ini dan apa yang perlu dilakukan untuk memenuhi tantangan saat ini dan masa depan.
  • Tentukan "apa" yang dilakukan bisnis, daripada "bagaimana" melakukannya
  • Memberikan dasar yang sama untuk diskusi dan perencanaan
  • Tautan yang jelas dari strategi ke eksekusi
  • Libatkan pemangku kepentingan yang tepat yang menentukan strategi
  • Lakukan merger & akuisisi yang sangat terorganisir
  • Secara akurat menentukan peran dalam bisnis
  • Mengelola merger, menilai risiko, dan mempersiapkan upaya inovatif.

Manajemen Penggabungan

Karena Kapabilitas Bisnis menyusun perusahaan sesuai dengan aktivitasnya, peta Kapabilitas adalah alat penting dalam menyiapkan M&A yang sangat strategis. Peta Kapabilitas memberikan dasar bagi kedua kelompok untuk menyusun merger dengan cara yang menguntungkan, bahkan jika struktur organisasi dan proses kedua perusahaan sangat berbeda satu sama lain. Peta Kapabilitas menetapkan aplikasi ke grup pengguna dan Kapabilitas Bisnis. Pandangan menyeluruh dari aplikasi dan nilai bisnisnya memungkinkan untuk menilai redundansi dan kesenjangan dalam dukungan TI di kedua dimensi - fungsional dan dapat digunakan.

Mewujudkan Sinergi Pasca-Merger dalam Lanskap Aplikasi TI Anda [White Paper]: Cari tahu metode apa untuk mengkonsolidasikan Lanskap Aplikasi TI yang ada dan langkah apa yang harus diambil untuk mengkonsolidasikan lanskap TI dari merger.

Bayangkan sebuah perusahaan asuransi multinasional baru saja mengakuisisi pemain asuransi lokal. Selama proses M&A , kedua tim duduk dan menilai aplikasi pendukung mereka. Tim harus memutuskan aplikasi mana yang dapat digunakan di masa depan, dan mana yang harus dihapus. Menjadi akrab dengan aplikasi prospektif mereka, dan dipengaruhi oleh struktur organisasi mereka sebelumnya, bagaimana tim dapat secara objektif memilih aplikasi yang paling sesuai untuk perusahaan baru ke depan? Alih-alih tersesat dalam ketidakpastian, "aplikasi ini bekerja untuk kami sebelumnya, jadi itu harus bekerja ke depan," tim dapat duduk dengan peta Kapabilitas Bisnis untuk menyusun keseluruhan merger.

Model Kapabilitas Bisnis membantu mendiskusikan bidang investasi atau divestasi strategis. Kapabilitas Bisnis dapat berfungsi sebagai elemen penataan untuk mengungkap redundansi di TI. McKinsey memperkirakan potensi penghematan dari mengungkap redundansi TI menjadi 15 - 20%.

Pelanggan LeanIX Helvetia mampu mengurangi redudansi dan mewujudkan penghematan substansial dalam merger dengan Swiss Re. Dalam laporan setengah tahun mereka, Helvetia melaporkan TI sebagai kontributor signifikan untuk penghematan ini. Pembentukan transparansi adalah langkah pertama yang penting untuk mewujudkannya. Saat ini, inventaris LeanIX yang sudah mapan berfungsi sebagai satu-satunya sumber kebenaran yang menjadi dasar keputusan manajemen TI strategis.

Manajemen Risiko TI

Dengan menautkan Kapabilitas Bisnis ke aplikasi, dan menautkan aplikasi tersebut ke komponen teknologi, CIO dapat melihat sekilas peta Kapabilitas Bisnis dan melakukan penilaian risiko strategis cepat . Dengan informasi yang tepat, CIO dapat menyampaikan pernyataan seperti:

“Kami tidak dapat menerima risiko klaster server yang masa pakainya habis karena menyediakan infrastruktur untuk sistem pemesanan online kami yang sangat penting bagi Kapabilitas kami untuk menjual langsung ke pelanggan. Menjual langsung ke pelanggan memiliki prioritas strategis tertinggi karena dampak finansialnya.” Memiliki pandangan yang jelas tentang komponen teknologi mana yang bergantung pada komponen teknologi lainnya adalah pandangan yang kuat, terutama selama masa kerentanan keamanan tinggi.

Manajemen Inovasi

Kapabilitas Bisnis juga sangat membantu dalam menyusun pemikiran tentang cara mengubah bisnis dan TI. Di era digital ini, perusahaan perlu menyelidiki dan merenungkan cara-cara baru untuk berinovasi, Capability by Capability.

Penyedia SaaS bisa masuk daftar, memikirkan cara untuk mengubah dan memperbarui Kapabilitas mereka. Melihat sekilas Kapabilitas "Kelola Harga", dan memastikan cara untuk memperbaruinya. Di masa lalu, perusahaan mungkin mengikuti lembar model penetapan harga standar sederhana. Sekarang, perusahaan SaaS dapat mengaktifkan penetapan harga berdasarkan data yang diperbarui.

Manfaat Kapabilitas Bisnis

Tampilan Kapabilitas Bisnis membawa banyak manfaat.

Dengan Kapabilitas Bisnis, Anda dapat menghubungkan eksekusi dengan strategi, dengan mengaitkan Kapabilitas mana yang mendukung pilar strategi, menyelaraskan pendanaan dengan Kapabilitas inti, dan menetapkan, mengukur, dan memantau indikator kinerja utama.

Berfokus pada Kapabilitas inti memberi perusahaan Anda keunggulan kompetitif, memungkinkan Anda untuk menstandarisasi Kapabilitas konteks dan mengalihdayakan Kapabilitas komoditas.

Memiliki pandangan 360 derajat dari perusahaan memberi Anda pandangan yang koheren dan komprehensif tentang motivasi bisnis, Kapabilitas, proses, data , dan sumber daya, dan memberi Anda Kapabilitas untuk memahami keterkaitan, tumpang tindih, dan sinergi.

Kapabilitas Bisnis membangun bahasa yang sama, menyediakan kerangka kerja yang dapat ditindaklanjuti untuk bisnis dan TI.

Dari ikhtisar Kapabilitas Bisnis, para pemimpin TI dan bisnis dapat berkomunikasi di seluruh tugas organisasi yang harus dipenuhi, tanpa istilah bisnis dan teknis.

Kapabilitas Bisnis memungkinkan definisi arsitektur yang lebih runcing, karena Kapabilitas membantu memberikan definisi bisnis yang lebih baik yang mengarah pada solusi teknologi yang efektif dan efisien.

Setelah diatur, aset TI dapat dimanfaatkan dan digunakan kembali berkali-kali, yang menghemat biaya, dan mengurangi pembelian perangkat lunak dan perangkat keras yang tidak perlu.

Kapabilitas Bisnis membantu memecah silo, baik di bidang TI maupun bisnis. Beroperasi dari desain organisasi yang berpusat pada Kapabilitas mempercepat waktu ke pasar.

McKinsey melaporkan bahwa Kapabilitas Bisnis dapat membantu mengungkap redundansi - potensi penghematan seringkali berkisar antara 15 hingga 20%. Pemikiran berbasis Kapabilitas membantu organisasi untuk memahami dan mengurangi risiko teknologi dengan lebih baik, menghemat hingga $590K – yang merupakan biaya untuk satu insiden TI .

Pada intinya, Kapabilitas Bisnis harus berada di lapisan atas arsitektur bisnis. Kapabilitas Bisnis membawa tiga karakteristik utama.

Mereka adalah referensi paling stabil untuk organisasi perencanaan,
mereka membuat strategi jauh lebih nyata,
dan jika didefinisikan dengan benar, mereka dapat membantu mengatasi silo organisasi

Kapabilitas bisnis

Kapabilitas bisnis menggambarkan apa yang bisnis lakukan dan perlu dilakukan dalam menanggapi strategi yang ditentukan. Mereka membantu untuk menutup kesenjangan antara strategi dan eksekusi.

Jika satu Kapabilitas Bisnis mengatakan "rekrut karyawan hebat", itu melibatkan berbagai orang – tim SDM, proses – menarik, menyaring, wawancara, mempekerjakan, dan teknologi yang dibutuhkan – pusat penilaian online, file personalia digital, dll., menjadi satu Kapabilitas organisasi.

Kapabilitas Bisnis membentuk bagian penting dari strategi TI yang hebat, karena mereka menentukan jalan menuju kemenangan, dan menunjukkan langkah-langkah yang diperlukan baik TI dan bisnis di sepanjang jalan.

Ikuti tulisan menarik ariescondet lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB