Mengenal Petroleum Jelly dan Manfaatnya dalam Keseharian Kita - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

ariescondet

Pria dengan hobi menulis dan berpetualang.
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 1 Juni 2021 06:49 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Mengenal Petroleum Jelly dan Manfaatnya dalam Keseharian Kita

    Berikut adalah 9 manfaat Petroleum Jelly yang mungkin belum Anda ketahui dan Anda harus membaca 9 manfaat Petroleum Jelly ini guna mengetahui lebih lengkap manfaatnya.

    Dibaca : 353 kali

    Sebotol Vaseline Petroleum Jelly telah menjadi salep pokok di setiap rumah selama bertahun-tahun sekarang. Petroleum Jelly adalah solusi cepat untuk bibir pecah-pecah dan kekeringan musim dingin dan digunakan untuk berbagai aplikasi kecantikan dan masalah rambut.

    Petroleum Jelly secara bergantian disebut sebagai petroleum jelly dan dapat digunakan dengan berbagai cara untuk meningkatkan kesehatan kulit. Di sini, kami membahas Petroleum Jelly dan penggunaannya. Kami juga akan melihat potensi risiko yang mungkin ditimbulkannya. Teruskan membaca.

    Apa Itu Petroleum Jelly?

    Petroleum jelly adalah zat tidak berbau seperti agar-agar yang ditemukan dalam proses penyulingan minyak bumi. Petroleum Jelly paling umum dikenal sebagai Vaseline di masa sekarang, tetapi pertama kali ditemukan pada tahun 1859 oleh Robert Augustus Chesebrough di Pennsylvania.

    Petroleum Jelly adalah semipadat merupakan campuran hidrokarbon dan merupakan komponen di sebagian besar produk kosmetik. Petroleum Jelly mengandung minyak mineral dan lilin dan telah menjadi salah satu solusi paling populer untuk kulit kering dan bibir pecah-pecah dari waktu ke waktu.

    Salah satu kegunaan paling umum dari Petroleum Jelly adalah sebagai pelembab untuk kulit kering dan dehidrasi. Produk pelembab serbaguna ini dapat digunakan pada wajah dan tubuh Anda. Petroleum Jelly tidak membuat kulit Anda berminyak.

    Keuntungan terbesar petroleum jelly adalah kemampuannya untuk mengunci kelembapan dan melawan kekeringan. Petroleum Jelly bisa menjaga kulit Anda lembut dan kenyal, terlebih lagi selama musim dingin. Mengoleskan krim ini dalam jumlah banyak juga dapat memperbaiki retakan dan kekeringan pada pergelangan kaki dan siku Anda.

    9 Manfaat Petroleum Jelly Adalah Ini?

    Silahkan baca penjelasan dari seluruh manfaat Petroleum Jelly untuk Anda, keluarga, teman, saudara berikut ini langsung.

    1. Menghapus Riasan Anda

    Petroleum Jelly dapat berfungsi sebagai penghapus riasan yang bagus untuk wanita dari semua jenis kulit. Teksturnya yang berminyak mampu memecah riasan, dan Anda dapat menghapusnya dengan mudah dalam beberapa sapuan.

    Petroleum jelly biasanya tidak mengiritasi wajah. Jadi, orang dengan kulit sensitif dan kering dapat menggunakannya sebagai pengganti penghapus riasan yang keras. Petroleum Jelly juga lembut di kulit Anda. Saat diaplikasikan dalam jumlah yang tepat, tidak terasa berat atau berminyak.

    2. Untuk Menonjolkan Pipimu

    Mengapa menghabiskan uang untuk membeli highlighter yang bagus jika Anda bisa menggunakan sedikit Petroleum Jelly untuk menonjolkan tulang pipi Anda? Sedikit petroleum jelly di pipi akan memberikan tampilan yang mudah berembun. Tapi jangan terlalu banyak mengaplikasikannya, apalagi jika Anda memiliki kulit yang rentan berjerawat. Petroleum Jelly terkenal karena menyumbat pori-pori Anda dan dapat membuat wajah Anda terlihat berkeringat.

    3. Untuk Mengurangi Berakhirnya Split Rambut (Rambut Bercabang)

    Penggunaan Petroleum Jelly yang kurang dikenal adalah menghilangkan rambut bercabang. Rambut kering lebih mudah pecah di ujungnya dan menjadi kusut serta sulit diatur. Tekstur lilin petroleum jelly dapat memberikan kilau dan hidrasi instan pada rambut kering Anda.

    Menerapkan sedikit Petroleum Jelly ke ujung rambut bercabang Anda juga akan mengurangi visibilitasnya dan membuat surai Anda jauh lebih ramping. Namun, hindari mengaplikasikannya terlalu banyak pada rambut Anda atau menggunakannya pada kulit kepala Anda.

    4. Untuk Membuat Parfum Anda Lebih Tahan Lama

    Petroleum Jelly dapat meningkatkan umur panjang parfum dan membuat Anda tetap segar lebih lama. Emolien ini adalah zat kental dan berminyak yang menghentikan aroma terlalu cepat terserap ke dalam kulit Anda. Oleskan seukuran kacang polong ke pergelangan tangan Anda sebelum Anda menyemprotkan aromanya.

    5. Untuk Menyembuhkan Luka Bakar Kecil Dan Memar Pada Kulit

    Menerapkan Petroleum Jelly pada luka bakar ringan atau memar pada kulit Anda dapat membantu mempertahankan kelembapan dan menghilangkan kekeringan. Petroleum Jelly juga aman untuk diterapkan pada luka pasca operasi untuk mempercepat proses penyembuhan. Namun, perlu diingat bahwa Petroleum Jelly dapat menyebabkan kemerahan pada kulit dalam beberapa kasus yang jarang terjadi. Konsultasikan dengan dokter Anda dalam hal ini.

    Sebelum mengoleskan Petroleum Jelly pada luka, disarankan untuk membersihkan area tersebut dengan benar. Menggunakannya pada luka yang tidak bersih dapat menjebak bakteri dan menurunkan kualitas luka, yang selanjutnya memperlambat proses penyembuhan.

    6. Menyembuhkan Ruam Popok

    Anda juga dapat menggunakan Petroleum Jelly untuk mengobati dan mencegah ruam popok pada anak-anak. Menerapkan salep menunjukkan kejadian ruam popok yang lebih rendah pada bayi. Petroleum Jelly bertindak sebagai penghalang antara kelembapan kulit dan epidermis. Petroleum Jelly melindungi kulit dari mengembangkan reaksi atau ruam yang tidak diinginkan.

    7. Mencegah Dermatitis Atopik Pada Bayi

    Beberapa bayi memiliki risiko lebih tinggi tertular dermatitis atopik atau eksim. Penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan Petroleum Jelly dapat mencegah kerusakan pada bayi. Produk tersebut dapat menyegel kelembapan dan minyak di kulit bayi dan menjaganya agar tidak mengering. Petroleum Jelly aman untuk aplikasi topikal pada bayi baru lahir dari 3 minggu setelah lahir.

    8. Untuk Meredakan Gatal, Psoriasis, Dan Eksim

    Orang dengan eksim atau psoriasis secara teratur menghadapi kulit gatal, iritasi, dan bercak. Orang-orang seperti itu juga memiliki kulit yang kering dan bersisik. Menggunakan petroleum jelly dapat mengurangi peradangan dan mengurangi rasa gatal. Petroleum Jelly juga bertindak sebagai pelembab yang bagus dan mencegah gatal dan flare-up. Untuk meningkatkan khasiatnya, gunakan Petroleum Jelly pada kulit lembab (sebaiknya setelah mandi).

    9. Sebagai Solusi Riasan Sempurna

    Tidak mengherankan jika Petroleum Jelly bisa digunakan dalam tata rias dan perawatan kulit. Substansi semipadat tidak hanya membantu melembabkan dan menonjolkan kulit Anda, tetapi juga mengubah tekstur produk riasan Anda dari keras menjadi lembut atau berkilau. Campurkan Petroleum Jelly seukuran kacang polong dengan bayangan bubuk Anda untuk menciptakan tampilan yang lebih lembut dan berpigmen.

    Meskipun Petroleum Jelly memiliki banyak manfaat, Anda harus ingat untuk tidak menggunakannya secara berlebihan. Pada bagian berikut, kita akan melihat risiko dan pertimbangan tertentu yang terkait dengan Petroleum Jelly.

    Risiko Dan Pertimbangan Menggunakan Petroleum Jelly

    • Petroleum Jelly dapat menjebak bakteri di dalam dan di sekitar luka terbuka jika tidak dibersihkan dengan benar. Petroleum Jelly juga dapat menyebabkan infeksi jika toples tidak bersih. Cuci tangan Anda sebelum menggunakan Petroleum Jelly dari toples.
    • Orang dengan kulit berminyak mungkin memiliki risiko lebih tinggi untuk pori-pori tersumbat atau berjerawat dengan penggunaan Petroleum Jelly berlebih (karena merupakan pelembab yang kental). Gunakan hanya sedikit krim jika Anda rentan berjerawat. Gunakan selalu untuk kulit yang baru dicuci.
    • Selalu beli Petroleum Jelly murni yang sesuai dan disetujui untuk aplikasi topikal. Petroleum Jelly yang tidak dimurnikan sering kali mengandung kotoran berbahaya.
    • Petroleum Jelly dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang yang memiliki kulit sensitif. Lakukan uji tempel kecil sebelum menerapkannya ke wajah atau tubuh Anda, atau konsultasikan dengan dokter kulit Anda sebelum digunakan.
    • Petroleum Jelly hanya untuk penggunaan luar. Jangan mengkonsumsinya atau menerapkannya secara internal.

    Orang-orang tertentu percaya bahwa Petroleum Jelly olahan mengandung zat karsinogenik dan dapat meningkatkan risiko kanker. Tapi seberapa jauh kebenaran ini?

    Apakah Petroleum Jelly Menyebabkan Kanker?

    Tidak, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa petroleum jelly dapat menyebabkan kanker.

    Zat petrolatum memiliki namanya dalam daftar CMR (yaitu, karsinogen, mutagen, atau racun bagi reproduksi), yang mengarah pada kesalahan informasi yang tersebar luas ini.

    Petroleum Jelly yang tidak dimurnikan mungkin mengandung zat tertentu (hidrokarbon aromatik polisiklik) yang terkait dengan risiko kanker. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan dalam hal ini. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk lebih jelasnya.

    Kesimpulan

    Petroleum Jelly adalah cara termudah untuk mengatasi kulit kering. Produk murah ini menciptakan lapisan di atas epidermis yang mencegah hilangnya kelembapan dan menjaga kulit tetap montok dan terhidrasi.

    Berbagai kegunaan Petroleum Jelly alias Vaseline menjadikannya produk yang wajib dimiliki di setiap rumah tangga. Namun, Petroleum Jelly dapat menyebabkan reaksi kulit tertentu dan memerlukan uji tempel sebelum digunakan. Hubungannya dengan kanker tidak jelas. Pastikan Anda mendiskusikan hal yang sama dengan dokter Anda sebelum menggunakannya dalam rutinitas perawatan kulit reguler Anda.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.