x

sosialisasi produk

Iklan

Meiunike Indah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Agustus 2021

Kamis, 2 September 2021 15:54 WIB

Penguatan Literasi Digital Ibu-ibu Pengajian ala Mahasiswi KKN Unej

Mahasiswa KKN BTV 3 UNEJ mendampingi ibu-ibu pengajian untuk menguatkan literasi digitalnya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kegiatan KKN Back to Village (BTV) III Universitas Jember dilaksanakan di kampung halaman masing-masing mahasiswa karena adanya Pandemi Covid-19. Pelaksanaan kegiatan KKN BTV 3 secara mandiri menuntut mahasiswa untuk mengobservasi masalah yang terjadi di lingkungannya untuk membuat program pengabdian yang dapat mengatasi masalah tersebut.

Saya, Meiunike Indah Mustafa, selaku penulis yang merupakan salah satu mahasiswa peserta KKN BTV 3 Unej melaksanakan kegiatan KKN di Desa Prajekan Kidul, Bondowoso. Saya tergabung dalam kelompok 14 dengan dosen pembimbing lapangan (DPL) yaitu dr. Yudha Nurdian, M.Kes.

Pandemi Covid-19 mengakibatkan sekolah ditutup dan pembelajaran dilaksanakan dari rumah (daring). Namun masih banyak siswa yang kesulitan dalam melaksanakan proses pembelajaran daring. Orang tua siswa pun kebingungan untuk membantu proses pembelajaran anaknya. Berdasarkan masalah tersebut, saya membuat program kerja untuk membantu orang tua dan siswa dalam pembelajaran daring serta meningkatkan minat membaca, menulis, menghitung, dan menyampaikan informasi yang disebut dengan literasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saya membuat program kerja dengan topik program literasi desa pada masa pandemi covid19. Program kerja tersebut saya tujukan kepada ibu-ibu pengajian di Desa Prajekan Kidul, Bondowoso dengan cara memberikan penguatan literasi digital.

Tahap awal untuk menjalankan program ini yaitu komunikasi dengan ib-ibu pengajian terkait pemahaman literasinya sehingga saya dapat menyusun program kerja yang tepat guna meningkatkan kemampuan literasi masyarakat. Setelah komunikasi, saya memberikan sosialisasi yang menjelaskan mengenai dasar literasi hingga merujuk ke literasi digital. Sosialisasi ini diharapkan dapat menambah wawasan ibu-ibu terkait literasi dan literasi digital.

Selain sosialisasi, saya juga melakukan penguatan literasi dengan mengadakan pelatihan dan pendampingan. Pelatihan ini diantaranya pelatihan operasi dasar komputer yang meliputi cara menghidupkan dan mematikan komputer/laptop, software dan hardware, hingga cara mencari aplikasi yang akan digunakan serta cara mengelola file.

Pada pelatihan tersebut juga dilakukan pelatihan tentang cara mengoperasikan microsoft word. Tidak hanya itu, software yang digunakan dalam pelatihan yaitu microsoft power point dan microsoft excel. Saya memilih software-software tersebut karena sering digunakan dalam proses pembelajaran siswa terutama dalam pengumpulan tugas. Tugas yang diberikan guru kepada siswa tidak terlepas dari googleform dan untuk membuat google formulir, dibutuhkan google drive untuk penyimpanannya. Menanggapi hal tersebut saya tertarik untuk mengadakan pelatihan akan google drive dan google formulir.

Kegiatan daring menuntut pembelajaran secara virtual melalui video conference diantaranya zoom dan google meet. Sehingga saya juga mengadakan pelatihan tentang zoom dan google meet. Selain video conference, yang dibutuhkan siswa dalam pembelajaran daring yaitu google classroom. Hal ini membuat saya mengadakan pelatihan tentang google classroom.

Program ini mengusung konsep emerging, apllying, infusing, and transforming. Emerging berarti mengenalkan literasi, applying menerapkan literasi, infusing menanamkan budaya literasi, dan transforming menyebarkan (transfer) kemampuan literasinya kepada orang sekitar terutama anak-anak. Berdasarkan konsep tersebut, diharapkan ibu-ibu dapat mengenal, menerapkan, dan menanamkan literasi serta menyebarkan kemampuan literasi terutama literasi digitalnya kepada anak-anak sehingga terbantu dalam proses pembelajaran daring. Selain untuk membantu masyarakat, saya berharap program yang telah dirancangnya dapat membantu pemerintah yang saat ini gencar untuk melaksanakan program GELIDA (Gerakan Literasi Daerah).

Ikuti tulisan menarik Meiunike Indah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler